Beranda Tiket Wisata

BATU BOLONG TN Komodo Ragam Keindahan Bawah Laut - Juli 2020

Batu Bolong Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Komodo,Komodo,Manggarai Barat,Nusa Tenggara Timur,Indonesia,-.

Nusa Tenggara Timur masih menjadi primadona wisata alam. Tak mengherankan, karena banyaknya alam yang masih terlindungi dan sangat asri. Sebut saja Batu Bolong yang ada di Manggarai Barat. Pesonanya tidak hanya di daratan, tapi juga di alam bawah lautnya.

Sayangnya, wisata di Nusa Tenggara Timur masih belum ramai seperti di Nusa Tenggara Barat. Padahal, banyak objek wisata di sini yang begitu mempesona. Hanya petualang-petualang sejati yang menjelajah ke provinsi ini. Bahkan, petualang dari mancanegara pun memilih tempat ini sebagai tujuan liburan.

Harga Tiket Masuk Batu Bolong

Objek wisata ini tidak menetapkan biaya khusus bagi pengunjung. Namun, umumnya pengunjung datang bersama dengan pemandu. Yang mana, biaya sudah menjadi satu dengan jasa wisata.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: Pilihan Destinasi Menarik Wisata Pulau Komodo

Jam Operasional

Objek wisata ini tidak menerapkan jam operasional khusus. Wisatawan umumnya datang saat hari terang. Sehingga dapat menikmati alam bawah lautnya dengan nyaman.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keindahan Alam Wisata Batu Bolong

Ikan Hiu Diantara Ikan dan Terumbu Karang
Ikan Hiu Diantara Ikan dan Terumbu Karang. Foto: Gmap/Caroline Boysen

Batu Bolong merupakan sebuah kawasan pantai dengan banyaknya batuan di pesisirnya. Bukan pantai berpasir putih atau hitam yang menghiasi, melainkan batuan dengan ukuran kecil hingga sedang. Di sela-sela batuan ini, terdapat rerumputan dan lumut yang tampak hijau segar. Turut memberi warna di sela-sela hitamnya batu-batu ini.

Dinamakan Batu Bolong karena bentuk batu ini memiliki lubang di bagian tengahnya. Di sini, terdapat dua batu yang sebenarnya menjadi penanda dan begitu ikonik. Satu batu membentuk bukit besar, yang permukaannya sebagian besar tertutup oleh lumut. Karena sering dihantam ombak lautan, yang di atasnya terdapat sedikit semak-semak.

Batu yang satunya inilah yang menjadi ikon lainnya, yaitu memiliki lubang di tengahnya. Ukurannya lebih kecil dari batu besar di sebelahnya, yang sebagian besar terdiri dari batu. Uniknya, lubang di batu ini terbentuk secara alami, namun memiliki bentuk yang sempurna. Dimana keseluruhan batuannya seperti batu-batu kecil yang ditumpuk rapi.

Baca: TAMAN NASIONAL KOMODO Tiket & Daya Tarik

Air Laut yang Biru Indah

Batu Bolong
Batu Bolong. Foto: Gmap/Shoraya Muis

Mengagumi Batu Bolong seolah tak ada habisnya. Laut di sekitarnya begitu menawan. Tampak dari kejauhan, warnanya begitu biru jernih. Bahkan, pengunjung dapat menyaksikan indahnya alam bawah laut permukaannya.

Ombaknya pun cenderung tenang, tidak terlalu besar. Pengunjung bisa berenang seru di area ini tanpa khawatir hempasan ombak. Di sekitar Batu Bolong dan tepi pantai, tidak terlalu dalam. Sehingga cukup aman untuk berenang di kawasan tersebut.

Jika membawa sampan atau kano, bisa dimanfaatkan untuk menyusuri permukaan airnya. Mengitari kawasan Batu Bolong sambil menikmati hempasan angin sepoi. Karena angin di sini cenderung tenang. Sambil sesekali menghirup aroma air laut yang menenangkan.

Baca: 9 Aktivitas Wisata Pilihan Di Pulau Komodo

Menyelami Keindahan Alam Bawah Laut

Ikan dan Terumbu Karang di Batu Bolong
Ikan dan Terumbu Karang alam bawah laut Batu Bolong. Foto: Gmap/Shoraya Muis

Kawasan wisata ini disebut sebagai tempat yang tepat untuk melakukan diving ataupun snorkeling. Kedalamannya yang tepat dan visibilitas yang jelas membuat siapapun betah berlama-lama menyelam. Pengunjung akan dimanjakan dengan ratusan ikan berwarna-warni, berenang kesana-kemari. Dengan lincahnya, seolah tidak takut akan datangnya para penyelam ini.

Tempat ini menjadi habitat dari berbagai jenis ikan. Diantaranya anthias yang berwarna-warni, reef fish, ikan pelangi, serta napoleon wrasses. Bahkan di bagian laut yang lebih dalam, pengunjung dapat bertemu dengan ikan hiu. Namun tenang, hiu di sini tidak memangsa di perairan yang dangkal.

Tidak hanya ikan-ikan yang lucu, pengunjung juga dapat menyaksikan indahnya terumbu karang. Terumbu karang di sini masih sangat sehat. Dengan bentuknya yang beragam dan berwarna-warni. Menjadi habitat yang indah bagi ikan-ikan ini.

Menyelam Bersama Ikan Pari

Wisatawan tengah Menikmati Indahnya Alam Bawah Laut Batu Bolong
Wisatawan tengah Menikmati Indahnya Alam Bawah Laut Batu Bolong. Foto: Gmap/辣椒

Bagi pengunjung yang ingin menyelam bersama ikan pari, di sini adalah spot yang tepat. Di sini, pengunjung dapat bertemu dengan banyak ikan pari manta. Ukurannya pun bermacam-macam, dari kecil hingga besar. Bahkan, pengunjung dapat berenang mendekati ikan pari ini.

Dari kejauhan, warna ikan pari ini tampak hitam legam. Cukup menyeramkan bagi yang takut untuk menyelam. Namun, bagi para penyelam, justru inilah yang dicari.

Arus air di perairan ini relatif tenang. Namun, sewaktu-waktu dapat berubah menjadi kuat. Pengunjung harus tetap memperhatikan arahan instruktur saat menyelam.

Waktu yang Tepat Berkunjung ke Batu Bolong

Jika berencana untuk menyelam, datanglah sejak pagi hari. Karena, ombak di pagi hari cenderung tenang dan bersahabat. Sehingga, aktivitas di air akan lebih nyaman. Baik untuk berenang ataupun untuk menyelam.

Beranjak ke siang hari, terkadang arus menjadi lebih kuat. Gelombang-gelombang ombak pun lebih besar dari sebelumnya. Untuk perenang atau penyelam yang belum ahli, sangat tidak disarankan. Karena diperlukan keahlian khusus untuk berenang diantara gelombang-gelombang ini.

Di sore hari, pemandangan kawasan Batu Bolong sangatlah indah. Pemandangan lembah dan perbukitan batu karang menghiasi sejauh mata memandang. Matahari sore pun tampak jelas dari sini. Membawa suasana tenang dan damai dalam hati.

Lokasi Objek Wisata Batu Bolong

Objek wisata ini berlokasi di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Tidak jauh lokasinya dari gugusan kepulauan komodo.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini