Beranda Tiket Wisata

Gurun Pasir Bintan Tiket & Eksotisme - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Gurun Pasir Bintan : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia, 29152

Gurun Pasir Bintan adalah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Kawasan wisata ini menawarkan pesona layaknya daerah di timur tengah. Sejauh mata memandang, wisatawan akan disuguhkan hamparan pasir putih. Gundukan-gundukan pasir yang tercipta secara alami semakin memberikan kesan seperti benar-benar berada di tengah gurun.

Selain itu terdapat juga telaga dengan air berwarna biru yang mirip dengan oase di tengah gurun pasir. Kecantikannya membuat tempat ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan dari  dalam hingga luar negeri.

Berbagai pesona menarik bisa ditemukan wisatawan di tempat wisata ini. Sejauh mata memandang, keindahan dari setiap sudut area ini sangatlah memanjakan mata. Berbagai spot foto instagramable pun tersedia di lokasi wisata ini. Ketika senja tiba, keindahan yang tempat ini pun semakin cantik dan mempesona. Jika berada di Kabupaten Bintan, sayang rasanya jika tidak mampir ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk Gurun Pasir Bintan

Gurun Pasir ini adalah salah satu wisata murah yang ada di Bintan. Hal ini karena untuk masuk ke kawasan ini wisatawan tidak perlu membayar tiket alias gratis. Wisatawan hanya perlu membayar tarif parkir kendaraan dengan harga yang sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk Gurun Pasir Bintan
Harga tiketGratis
Biaya Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Treasure Bay Bintan Tiket & Ragam Wahana

Jam Buka Gurun Pasir Bintan

Tidak ada jam operasional resmi di obyek wisata ini. Sehingga wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke tempat ini. Namun waktu terbaik untuk berkunjung ke sini ketika pagi atau sore hari. Ketika siang suasana sangat terik sehingga kurang nyaman untuk berkeliling. Pastikan juga datang saat cuaca sedang cerah.

Jam Buka
Setiap hari24 Jam

Tempat Wisata yang Berawal dari Kawasan Tambang

Sebelum menjadi tempat wisata yang indah seperti sekarang, ternyata Gurun Pasir ini dulunya adalah lokasi tambang. Tempat ini adalah kawasan untuk menambang pasir bauksit dan beroperasi sekitar tahun 1980-an. Lalu penambangan ini berhenti pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dan terbengkalai hingga puluhan tahun.

Karena memiliki keindahan yang luar biasa, akhirnya tempat ini dikelola oleh warga sekitar untuk menjadi tempat wisata. Berbagai pengembangan terus dilakukan hingga saat ini. Karena pesonanya yang luar biasa akhirnya tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan baru yang ada di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Baca: PULAU BINTAN: 7 Destinasi Wisata Terbaik

Menjelajahi Keindahan Gurun Pasir Bintan

Gundukan pasir di Gurun Pasir Bintan
Keunikan di Gurun Pasir Bintan yang sangat mirip dengan daerah di Timur Tengah. Foto: Gmaps/Dimas Albar Kurniawan

Hamparan pasir putih sejauh mata memandang membuat tempat ini membuat penasaran untuk menjelejahi setiap sisinya. Gundukan-gundukan pasir yang tercipta secara alami memberikan kesan seperti benar-benar berjalan di tengah-tengah gurun pasir. Ketika berkeliling pada siang hari disarankan untuk menggunakan kacamata, topi atau pelindung kepala lainnya karena cuaca di tempat ini sangatlah terik.

Wisatawan juga bisa mencoba naik ke gundukan pasir paling tinggi untuk menikmati pesona area tempat ini secara lebih luas lagi. Meski cuaca sangat terik namun angin yang berembus di atas lebih kencang dan bisa memberikan kesejukan.

Baca: BINTAN LAGOON RESORT: Tiket & Ragam Aktivitas

Area Telaga Biru yang Mempesona

Area gurun pasir bintan dengan telaga yang cantik
Kawasan telaga biru dengan pesonanya yang luar biasa. Foto: Gmaps/Astrada Channel

Kawasan yang menjadi favorit wisatawan di tempat ini adalah area telaga birunya. Hamparan telaga dengan air yang berwarna biru memberikan keindahan yang unik dan sulit ditemukan di tempat lain. Air dari telaga ini pun juga cukup jernih sehingga semakin menyejukkan mata. tersedia jembatan kayu bagi wisatawan untuk bisa melihat lebih dekat area perairan di telaga ini.

Naik Bebek Air

Wisatawan juga bisa menyusuri area perairan telaga biru dengan menggunakan bebek air. Berkeliling naik bebek air di telaga ini tentu memberikan pengalaman yang berbeda. Bagi yang mengajak si kecil, tentu saja akan sangat senang diajak menaiki wahana ini.

Spot Foto Instagramable

Tempat wisata dengan beragam spot foto menarik
Tempat ini sangat memanjakan pecinta foto karena memiliki beragam spot yang menarik. Foto: Gmaps/Deski Rizaldi

Gurun Pasir Bintan memiliki banyak sekali spot foto instagramable yang memanjakan bagi para pecinta kegiatan fotografi. Di area gurun pasir wisatawan bisa berfoto dengan patung Unta yang semakin memberikan suasana seperti berada di timur tengah. Gundukan pasir tinggi yang berbentuk segitiga juga menjadi spot foto favorit karena seolah mirip dengan piramid yang ada di mesir.

Sementara untuk di area telaga biru, juga banyak spot foto yang sangat instagramable. Wisatawan bisa berfoto di jembatan kayu yang menyerupai dermaga. Atau juga bisa di ayunan dengan latar belakang telaga biru. 

Olahraga Memanah di Gurun Pasir Bintan

Hal unik dari tempat ini adalah adanya wahana olahraga memanah. Foto: Gmaps/Batam Komunika Konsultan

Aktivitas unik yang ada di tempat wisata ini adalah adanya wahana olahraga memanah. Disini wisatawan bisa belajar memanah dan sudah disediakan lengkap panah maupun papan sasarannya. Kehadiran dari wahana memanah tentu saja menambah daya tarik dari tempat wisata ini.

Wisata Kuliner

Setelah lelah berkeliling, wisatawan bisa beristirahat di warung-warung yang ada di sekitar tempat wisata. Di warung ini menyediakan berbagai minuman yang bisa menyegarkan. Kelapa muda, es buah dan berbagai minuman lain bisa ditemukan. Pastinya sangat segar menyeruput minuman dingin di kondisi cuaca yang terik di tempat wisata ini.

Selain menjual aneka kuliner, ada pula yang menjajakan beraneka ragam pernak-pernik sebagai oleh-oleh. Aneka gantungan kunci, gelang hingga kaos bisa menjadi kenang-kenangan dan buah tangan keluarga di rumah.

Fasilitas di Gurun Pasir Bintan

Meski harga tiketnya gratis namun tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Di sini tersedia area parkir, toilet, mushola, spot foto dan deretan warung makan yang bisa memenuhi kebutuhan wisatawan.

Lokasi Gurun Pasir Bintan

Objek wisata ini beralamat di Jl. Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Letaknya sekitar 45 menit perjalanan darat dari bandara RHF Tanjung Pinang dan dari pelabuhan Tanjung Pinang. Sementara  jika dari pelabuhan Tanjung Uban bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar 15 menit saja.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 15

Berikan Rating