Beranda Tiket Wisata

PULAU BINTAN: 7 Destinasi Wisata Terbaik - April 2021

Pulau Bintan Harga Tiket: Rp57.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: -, -, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Indonesia, -.

Pulau Bintan adalah salah satu destinasi wisata populer di perbatasan Indonesia – Singapura. Pulau ini adalah rumah bagi Tanjung Pinang, ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Sejak dulu, pulau ini merupakan pintu gerbang bagi pedagang mancanegara menuju Indonesia.

Saat inipun, Pulau Bintan masih jadi salah satu destinasi wisata favorit turis asing. Popularitasnya memang kalah dari Pulau Bali, tapi pesonanya bisa diadu. Bintan menyajikan wisata alam hingga budaya yang tersebar di seluruh penjuru pulau.

Estimasi Biaya Wisata Pulau Bintan

Sebagai wisatawan domestik, memasuki Pulau Bintan tidak dikenakan biaya apapun atau gratis. Namun, lokasi pulau hanya bisa dicapai dengan kendaraan berupa kapal ferry dan pesawat. Oleh karena itu, perlu untuk menyiapkan biaya akomodasi transportasi.

Harga Tiket
Kapal Ferrymulai dari Rp57.500 (dari Batam)
Pesawatmulai dari Rp963.000 (dari Jakarta)

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Pulau Bintan

Jam Operasional

Pulau Bintan terbuka untuk umum setiap hari. Pulau wisata ini bisa dikunjungi hari libur maupun hari biasa selama 24 jam.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Kecantikan Pulau Bintan

suasana tenang salah satu pantai di Pulau Bintan
Pulau Bintan menawarkan pilihan destinasi wisata, mulai dari wisata alam hingga budaya – Foto: Google Maps/hana christina

Pulau Bintan merupakan salah satu pulau wisata di Indonesia. Seperti Bali, keindahan alam di pulau ini sudah termasyhur ke telinga wisatawan mancanegara. Pulau Bali diburu karena ombaknya, sementara pulau ini karena ketenangan lautnya. Bintang memiliki pantai-pantai cantik yang tersebar di sekeliling pulaunya.

Selain pesona pantai, destinasi wisata ini juga memiliki beragam atraksi wisata menarik lainnya. Pulau ini menyajikan aneka opsi liburan, mulai dari yang murah hingga eksklusif. Berikut adalah beberapa destinasi wisata populer yang ada di Pulau Bintan.

Pulau Beralas Pasir

dekorasi untuk foto di Pantai Beralas Pasir
Pantai Beralas Pasir atau White Sands Island selalu populer sebagai destinasi bulan madu karena menawarkan suasana privasi – Foto: Google Maps/May Lum

Salah satu pantai cantik di Bintan ada di Pulau Beralas Pasir atau White Sands Island. Pulau kecil ini bisa dicapai dari Desa Teluk Bakau. Wisatawan cukup menyewa speedboat dan akan tiba dalam waktu 15 – 20 menit.

Baca: BINTAN LAGOON RESORT: Tiket & Ragam Aktivitas

Seperti namanya, pulau kecil ini tampak memesona karena hamparan pasir putih bersihnya. Pulau tak berpenghuni ini dikelola sebagai tempat wisata eksklusif. Pengunjung bisa menikmati aktivitas di pantai seperti snorkeling atau mendayung. Selain itu, suasananya yang tenang membuatnya difavoritkan sebagai tujuan berbulan madu.

Pantai Trikora

wisatawan bersantai di kawasan Pantai Trikora
Pantai Trikora menyajikan hamparan formasi batu granit di pasir putih serta laut yang biru – Foto: Google Maps/Zain Zairo

Pantai Trikora mungkin akan sedikit mengingatkan pada suasana pantai di Pulau Belitung. Pantai terpanjang di Bintan ini dihiasi oleh sebaran batu granit putih besar. Dekorasi alam ini menjadikan Pantai Trikora salah satu pantai primadona di Bintan.

Hamparan batu granit ini berpadu dengan birunya laut yang jernih. Wisatawan bisa menikmati keindahan ini dengan berbagai aktivitas. Habiskan waktu dengan berenang, snorkeling, atau sekadar berjemur sambil berfoto di sini.

Crystal Lagoon

Laguna yang jernih dengan panorama langit
Crystal Lagoon merupakan laguna buatan seluas 6.3 hektar pertama di Asia Tenggara – Foto: Google Maps/bram astana

Crystal Lagoon adalah laguna buatan pertama di Asia Tenggara. Laguna seluas 6.3 hektar ini menampung air laut yang sudah disuling. Tampilannya mirip seperti kolam raksasa dengan pinggiran berpasir menyerupai pantai. Di sekitar laguna berwarna biru cantik ini terdapat beragam akomodasi penginapan.

Crystal Lagoon adalah destinasi yang tepat bagi pecinta olahraga air. Selain berenang, wisatawan juga bisa mencoba aneka wahana air di sini. Dari yang menenangkan seperti kayak hingga yang menguji adrenalin ada di sini. Rasakan sensasi ‘bermain di pantai’ yang berbeda saat mengunjungi Crystal Lagoon!

Wisata Mangrove

menaiki perahu menyusuri hutan mangrove Pulau Bintan
Wisata mangrove mengajak turis menyusuri kawasan pantai dan sungai yang dihiasi hutan mangrove – Foto: Google Maps/Giri K

Ingin menikmati Bintan dari sisi lain? Cobalah untuk menikmati wisata hutan mangrove. Wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Sebung yang diapit oleh rimbunnya pohon mangrove. Di tengah cuaca panas, pemandangan hijau ini akan jadi penyejuk mata.

Pemandu akan mengajak wisatawan untuk mengenal lebih dekat keindahan alam Bintan lainnya. Jangan sampai lengah, karena beragam flora dan fauna siap meyambut di tempat tak terduga. Siapa tahu, ada ular atau kera yang terlihat berkeliaran di sana.

Golf Club & Resort

salah satu golf course di Ria Bintan Golf Club
Pulau Bintan memiliki sejumlah lapangan golf berstandar internasional, salah satunya yang ada di Ria Bintan Golf Course – Foto: Google Maps/Steve Hedlund

Keistimewaan Pulau Bintan dibandingkan Bali adalah banyaknya penawaran wisata premium. Pulau Bintan adalah salah satu pulau yang memiliki resor terpadu mewah pertama di Indonesia. Aneka jenis penginapan pun tersedia di sini. Wisatawan tinggal memilih sesuai selera, hotel mewah atau villa dengan sentuhan privasi.

Pulau Bintan juga menjadi rumah bagi beberapa kawasan golf. Terdapat sejumlah klub golf eksklusif di sini. Area golf yang disediakan pun semuanya bertaraf internasional. Sering diadakan acara pariwisata-olahraga bagi para penggemar golf dari mancanegara di sini.

Danau Biru Kijang

panorama Danau Biru Kijang dari langit
Cantiknya Danau Biru Kijang, danau bekas galian tambang di Bintan – Foto: Google Maps/pedisss drone

Butuh ide wisata murah-meriah? Coba kunjungi Danau Biru Kijang yang ada di daerah Kijang. Siapa sangka, danau ini sebenarnya merupakan lubang bekas galian tambang pasir. Lubang-lubang ini terisi air berwarna biru yang cantik.

Sekarang, Danau Biru Kijang jadi destinasi wisata murah populer di Bintan. Keindahannya kerap dijadikan lokasi untuk berburu foto. Meski belum sepenuhnya dikembangkan sebagai tempat wisata, tak ada salahnya berkunjung kemari.

Kuil 500 Lohan

barisan patung lohan di Kuil 500 Lohan Pulau Bintan
Kuil 500 Lohan adalah salah satu kuil Buddha yang bisa dikunjungi di Bintan – Foto: Google Maps/Walter Ritter

Tidak hanya wisata alam, Bintan juga menawarkan keunikan lainnya. Pulau ini menjadi pertemuan bagi berbagai kultur dan agama. Sehingga, tidak sedikit bangunan bersejarah atau tempat ibadah yang didirikan di sini. Salah satunya adalah Kuil 500 Lohan atau Kuil 1000 wajah.

Di kuil ini, pengunjung akan menemukan patung-patung yang berjejer rapi. Patung-patung ini memiliki ekspresi wajah yang berbeda-beda. Percaya atau tidak, tidak ada satupun ekspresi yang sama di antara patung-patung tersebut. Berminat untuk mengeceknya sendiri?

Fasilitas Pulau Bintan

Pulau pariwisata ini menyediakan fasilitas liburan yang komplet. Untuk akomodasi transportasi, disediakan pelabuhan ferry dengan sistem imigrasi di tempat. Sedangkan melalui jalur udara, terdapat Bandara Haji Fisabilillah di Tanjungpinang.

Itinerari untuk bermalam tersedia lengkap mulai dari hotel, resor, villa, hingga home stay. Fasilitas hiburan di antaranya arena olahraga indoor dan outdoor. Tempat hiburan seperti klub, bar, karaoke, dan pusat perbelanjaan juga ada di sini.

Akses Pulau Bintan

Pulau Bintan bisa dicapai dengan dua pilihan transportasi, yaitu jalur laut dan udara. Melalui jalur laut, terdapat kapal ferry dari beberapa pelabuhan. Pelabuhan tersebut di antaranya Singapura, Malaysia, dan Batam.

Di jalur udara, terdapat pesawat yang langsung terbang dari beberapa daerah. Wisatawan bisa bernagkat dari Palembang, Jakarta, Bali, dan berbagai daerah lainnya. Penerbangan ini langsung mendarat di Bandara Haji Fisabilillah di Tanjungpinang, Bintan.

Lokasi Pulau Bintan

Secara administratif, Pulau Bintan terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Letaknya berdekatan dengan Pulau Batam dan negara Singapura.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini