Beranda Tiket Wisata

4 Daya Tarik PANTAI LOVINA Selain Lumba-lumba - November 2020

Pantai Lovina
Harga Tiket: Gratis - Rp100.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Raya Singaraja, Temukus,Banjar,Buleleng,Bali,Indonesia,80117.

Ketika berniat untuk berlibur di Bali, mungkin Buleleng bukan kota utama yang dituju. Apalagi membicarakan pantai, tentu kebanyakan daerah di Bali Selatan yang dituju. Karena pantai di Bali Utara masih banyak yang belum terekspos. Padahal, pantai di Bali Utara juga menyajikan keindahan alam yang memukau, seperti Pantai Lovina.

Pantai Lovina bukanlah pantai yang dituju untuk bermain olahraga air. Bahkan, di sini tidak menawarkan olahraga air seperti banana boat, flying fish, atau lainnya. Namun, atraksi memukau yang paling dicari di sini adalah adanya lumba – lumba di lautan. Dimana pengunjung dapat berlayar dengan kapal untuk lebih dekat menyaksikan lumba – lumba liar ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Lovina Bali

Untuk masuk ke Pantai Lovina, tidak dikenakan biaya bagi pengunjung. Pengunjung hanya dikenakan biaya jika ingin menyewa perahu saja. Biasanya, perahu disewa bagi wisatawan yang ingin menyaksikan lumba – lumba, memancing, atau snorkeling.

Harga Sewa Perahu
Sewa perahuRp 60.000 – Rp 100.000 per orang

Baca: 28 Pantai Paling Menarik di Bali

Jam Buka Pantai

Pantai Lovina tidak memperlakukan jam operasional secara ketat. Pengunjung bisa datang kapan saja untuk menikmati keindahan pantai ini. Namun, jika ingin menyaksikan lumba – lumba atau matahari terbit, datanglah sekitar pukul 05.30 pagi.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keindahan Pantai Lovina Bali

Harmoni Keindahan Pantai Lovina
Harmoni Keindahan Pantai Lovina. Foto: Gmap/Letimkudahotim. ru

Tidak seperti pantai di Bali Selatan yang berpasir putih, Pantai Lovina memiliki pasir berwarna cokelat. Meski begitu, pasirnya begitu lembut dan nyaman dipijaki. Di tepi pantai juga terdapat perahu berjajar yang menghiasi pesisir. Pepohonan juga turut tumbuh dengan subur dan menjadi peneduh tepi pantai.

Air lautnya begitu jernih dan biru. Ombak pun cukup tenang, sehingga suasana di tepi pantai begitu syahdu. Aktivitas para nelayan dan wisatawan di pantai cukup menghibur kala santai di tepi pantai. Apalagi sembari menikmati sajian laut dan air kelapa muda yang segar.

Baca: 7 Tempat Wisata Pilihan di Buleleng

Menyaksikan Atraksi Lumba – Lumba di Tengah Laut

Lumba - lumba Berenang Bebas di Pantai Lovina
Lumba – lumba Berenang Bebas di Pantai Lovina. Foto: Gmap/C K Leung

Daya tarik utama di Pantai Lovina adalah habitat asli lumba – lumba di sini. Pengunjung dapat menyaksikan lumba – lumba di alam liar secara langsung dari jarak dekat. Lumba – lumba ini berenang bebas tanpa takut untuk diburu atau ditangkap. Karena mamalia ini dilindungi oleh pemerintah setempat, sehingga tidak ada yang boleh menangkap atau menjualnya.

Aktivitas lumba – lumba di permukaan air biasanya diantara pukul 06.00 – 09.00 pagi. Sehingga, jika ingin menyaksikan mamalia ini berenang di permukaan, harus datang sebelum waktu tersebut. Pengunjung dapat menaiki perahu tradisional ke tengah laut dimana lumba – lumba ini berada. Seolah sudah akrab dengan manusia, mamalia laut ini berenang tanpa takut sambil bersuara riang.

Momen yang tepat untuk menyaksikan lumba – lumba adalah saat musim kemarau, antara bulan April – Oktober. Di waktu inilah aktivitas lumba – lumba begitu tinggi sehingga mudah untuk menjumpai. Pengunjung bebas mengambil foto lumba – lumba ini ketika sedang berenang ke permukaan. Namun ingat, mamalia ini tetaplah hewan liar, pengunjung tidak dapat berinteraksi atau menyentuhnya secara langsung.

Baca: Krisna Funtastic Land Singaraja Tiket & Wahana

Menyaksikan Matahari Terbit

Indahnya Matahari Terbit di Pantai Lovina
Indahnya Matahari Terbit di Pantai Lovina. Foto: Gmap/Hans van der Heijden

Datang pagi – pagi ke Pantai Lovina adalah suatu keharusan. Selain menyaksikan lumba – lumba, pengunjung juga dapat menanti indahnya matahari terbit. Waktu menyaksikan matahari terbit pun tidak jauh berbeda dengan menyaksikan lumba – lumba. Yaitu pada pukul 05.30 – 06.00 WITA.

Sembari menunggu perahu untuk menyaksikan lumba – lumba, pengunjung dapat duduk di tepi pantai. Tujuannya tak lain adalah menyaksikan indahnya matahari terbit di ufuk timur. Atau jika sudah mulai berlayar di laut, bukan tidak mungkin untuk dapat menyaksikan matahari terbit. Bahkan, jika beruntung juga dapat menyaksikan lumba – lumba menyembul di permukaan dengan latar matahari terbit.

Warna langit yang mulai keemasan menandakan sang surya mulai naik. Siapkan kamera untuk menangkap setiap momen indahnya.

Baca: Brahma Vihara Arama Buleleng Keindahan Stupa Borobudur Buleleng

Snorkeling Menikmati Keindahan Alam Bawah Laut Pantai Lovina

Perahu yang Siap Berlayar ke Tengah Laut
Perahu yang Siap Berlayar ke Tengah Laut. Foto: Gmap/Adi Arifin

Pantai Lovina juga menyimpan keindahan alam bawah laut. Setelah menyaksikan lumba – lumba dan matahari terbit, dapat dilanjutkan dengan snorkeling. Ketika matahari mulai meninggi, sinarnya dapat menembus permukaan laut. Sehingga cukup terang berada di bawahnya untuk menyaksikan keindahan bawah laut.

Terumbu karang di sini masih sangat sehat. Anemon laut pun tampak berwarna – warni, bergoyang mengikuti arus air. Tampak ikan berenang kesana – kemari diantara terumbu karang dan anemon laut. Membuat pemandangan bawah laut semakin indah.

Untuk mencapai ke titik snorkeling, pengunjung dapat menyewa perahu. Peralatan snorkeling biasanya juga telah disediakan, sehingga tinggal menyewa saja. Tidak perlu membawa peralatan snorkeling sendiri.

Baca: AIR TERJUN SEKUMPUL Buleleng Tiket & Aktivitas

Memancing di Tengah Laut

Jika tidak dapat berenang dan takut untuk snorkeling, pengunjung dapat memancing. Ikan – ikan cukup banyak dan mudah untuk dipancing. Pengunjung dapat menyewa perahu tradisional untuk menuju ke spot pancing. Pemilik perahu akan dengan sabar menunggu pengunjung hingga selesai memancing.

Bahkan tak jarang, pengunjung akan ditunjukkan spot memancing dengan ikan melimpah. Karena tak sedikit dari pemilik perahu ini adalah para nelayan.

Fasilitas di Pantai Lovina

Objek wisata ini dilengkapi fasilitas umum yang lengkap, seperti toilet, ruang bilas, serta lahan parkir. Warung – warung juga banyak berdiri di tepi pantai. Selain itu, banyak juga kafe yang buka di malam hari, lokasinya pun dekat tepi pantai. Yang mana seringkali menampilkan pertunjukan musik yang asyik.

Lokasi Pantai Lovina

Pantai Lovina terletak 10 kilometer ke arah barat dari Kota Singaraja. Tepatnya di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini