Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN SEKUMPUL Tiket & Aktivitas - Desember 2020

Air Terjun Sekumpul
Harga Tiket: Rp15.0000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Sekumpul,Sawan,Buleleng,Bali,Indonesia,81171.

Air Terjun Sekumpul adalah salah satu air terjun yang berada di Desa Sekumpul. Desa tersebut berada di dalam wilayah Buleleng, Bali.

Terletak di dataran tinggi, Air Terjun ini berasal dari dua sumber yang berbeda. Terutama pada musim penghujan, air terjun ini menunjukkan sebuah keunikan. Air terjun kiri dan kanan akan memiliki warna yang berwarna berbeda karena perbedaan asal air.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sekumpul

Harga Tiket Masuk
TiketRp 15.000

Baca: 6 Tempat Wisata Pilihan di Buleleng

Jam Buka

Wisatawan bisa berkunjung ke kawasan wisata air terjun ini setiap hari. Buka mulai pagi hingga sore hari.

Waktu operasional
Senin – Minggupukul 08.00–17.00 WITA

Berbagai Aktivitas Di Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul memiliki dua buah aliran air terjun dengan sumber air yang berbeda - waterfall_sekumpul
Air Terjun Sekumpul Buleleng Bali memiliki dua buah aliran air terjun dengan sumber air yang berbeda – Foto : Instagram/waterfall_sekumpul

Melakukan perjalanan menuju air terjun, wisatawan disarankan mempersiapkan kondisi kendaraan yang digunakan. Medan akses jalan yang dilalui memiliki kontur tidak rata dan berkelok-kelok, serta naik turun.

Baca: Air Terjun Gitgit Buleleng Tiket & Daya Tarik

Kondisi lingkungan sekitar air terjun yg  alami memberi keleluasaan wisatawan melakukan aktivitas wisata. Dimulai dengan treking menuju lokasi pusat air terjun hingga menikmati pesona alaminya.

Treking Menuju Pusat Air Terjun

ratusan anak tangga menuju air terjun
Treking melewati anak tangga menuju lokasi Air Terjun – Foto : Instagram/kolonkriders_kutabali

Air Terjun ini bisa dikatakan sangat istimewa karena lokasinya tersembunyi di antara lebatnya hutan belantara. Untuk mencapai pusat air terjun ini, diperlukan stamina ekstra dan kehati-hatian. Bagi wisatawan yang hobi treking, perjalanan ini akan menjadi tantangan yang menarik.

Baca: AIR TERJUN BANYUMALA Buleleng Tiket & Ragam Aktivitas

Dari pintu masuk, wisatawan harus menuruni anak tangga sejauh sekitar 300 meter. Sekitar 365 anak tangga yang terbuat dari beton akan dilewati untuk menuruni perbukitan. Tak perlu khawatir karena pegangan tangga terbuat dari besi untuk membuat wisatawan merasa aman.

Saat menuruni anak tangga, suara gemuruh air terjun sudah mulai bisa terdengar. Setelah menuruni anak tangga ada sebuah jembatan dengan air sungai yang jernih dibawahnya. Setelah melewati jembatan, wisatawan akan menjumpai hutan kecil, barulah sampai ke air terjun.

Menikmati Pesona Air Terjun

Pemandangan hijau perbukitan dari kejauhan
Pesona Air Terjun Sekumpul tersembunyi di antara lebatnya hutan belantara – Foto : GoogleMaps/Robby Pradana

Air Terjun Sekumpul tersembunyi di antara lebatnya hutan belantara. Begitu sampai di lokasi pusat air terjun, wisatawan akan dibuat terpesona dengan pemandangannya. Dengan ketinggian sekitar 150 meter, butiran-butiran air berterbangan ke segala arah seperti turunnya hujan.

Baca: Krisna Funtastic Buleleng Land Tiket & Wahana

Keunikan dair air terjun ini adalah memiliki dua air terjun yang mengalir dengan deras. Dua buah air terjun tersebut berjuntai dari rimbunnya pepohonan hijau yang menutupi permukaan bukitnya. Pada siang hari, wisatawan dapat melihat arsiran pelangi yang menghiasi air terjun ini.

Pada saat musim hujan, kedua aliran air terjun ini akan memiliki warna yang berbeda. Air terjun kiri berwarna jernih karena berasal dari mata air perbukitan Desa Sekumpul. Sedangkan air terjun disebelahnya berwarna lebih kecokelatan, karena airnya berasal dari sungai Desa Sekumpul.

Swafoto Berlatar Gemuruh Air

berfoto dengan latar belakang air terjun
Berfoto berlatarkan keindahan Air Terjun – Foto : Instagram/zygislove

Debit aliran air cukup deras namun tidak terlalu ekstrem. Air yang mengalir jatuh dari ketinggian menciptakan efek yang indah.

Wisatawan yang datang hampir selalu mengabadikan momen liburan berlatarkan air terjun ini. Panorama menghijau di sekitar air terjun turut membingkai keindahan lingkungannya yang asri. Terlebih lagi, saat pelangi menghiasai air terjun.

Bermain di Kolam Air Terjun

wisatawan berenang di telaga
Berendam dan bermain di kolam bawah Air Terjun- Foto : GoogleMaps/Komang Ermawan

Debit Air yang tidak terlalu ekstrim membuat wisatawan dapat bermain di sekitar alirannya. Kolam di bawah aliran air terjunnya pun biasa digunakan untuk menyelam dan bermain air. Airnya yang jernih mengalir dan bahkan percikannya keluar dari setiap dinding tebing.

Baca: Air Panas Banjar Rendam Buleleng Nyaman Di Sela Taman Tropis

Wisatawan dapat memilih air terjun, baik itu dengan debit air yang kecil atau besar. Berendam di alirannya, wisatawan dapat menikmati suasana alam belantara yang masih asri dan alami.

Yoga

Suara gemuruh Air Terjun yang jatuh ke permukaan kolam memberikan efek ketenangan tersendiri. Suasana alami dikelilingi pepohonan dan tebing menciptakan atmosfer sunyi nan tenang. Udaranya sejuk memberikan kesegaran bagi tubuh dan pikiran setiap wisatawan yang datang.

Tak jarang wisatwan yang datang hanya untuk berolahraga atau melakukan yoga di sini. Hal ini berguna untuk melepas penat atau menyegarkan kembali pikiran yang jenuh.

Lokasi Air Terjun Sekumpul

Lokasi wisata Air terjun ini berjarak sekitar 74 km dari Denpasar. Jarak tempuh rata-rata berkisar dua jam perjalanan. Destinasi wisata ini terpatnya berada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini