Beranda Tiket Wisata

PANTAI PAGATAN: 6 Aktivitas Menarik - Desember 2020

Pantai Pagatan
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Sei Lembu,Kusan Hilir,Tanah Bumbu,Kalimantan Selatan,Indonesia,72273.

Pantai Pagatan menjadi satu dari sekian obyek wisata alam memukau di Tanah Bumbu. Pantai yang satu ini menawarkan pemandangan eksotis. Sehingga pengunjung akan terpukau dengan setiap sudut pantai ini. Keunikan pantai ini yaitu letaknya yang berada di tengah-tengah pemukiman nelayan.

Pantai ini salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Pengunjung bisa melepas penat sejenak di obyek wisata alam ini. Sehingga, tubuh dan pikiran bisa kembali fresh setelah berwisata ke pantai indah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pagatan

Untuk masuk ke Pantai Pagatan, pengunjung tak perlu cemas dengan harga tiketnya. Pengunjung tidak dibebankan biaya tiket masuk. Sehingga, pengunjung tidak perlu mengeluarkan kocek untuk menikmati keindahan pantai ini.

Harga Tiket Masuk
AnakGratis
DewasaGratis

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Tanah Bumbu

Jam Buka

Area pantai tidak memiliki jadwal buka dan tutup tertentu. Pengunjung pun bebas bertandang ke obyek wisata ini kapan saja. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung tentu saja saat matahari tidak terik.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Ragam Aktivitas Seru di Pantai Pagatan

Tulisan penyambut para pengunjung di pantai pagatan
Pengunjung akan disambut tulisan Selamat Datang di Pantai Pagatan.
Foto: Google Maps/Regi Hermawan

Di kawasan pantai banyak hal menarik yang bisa disaksikan. Pengunjung bisa melakukan sejumlah aktivitas seru di pantai ini. Ada banyak spot menarik yang tentu saja sayang untuk dilewatkan.

Berenang di Ketenangan Ombak

Pantai Pagatan memiliki laut yang ombaknya tidak besar. Sehingga lautnya aman untuk bermain air atau berenang. Pengunjung bisa berenang di laut yang airnya segar ini. Namun pengunjung dianjurkan tidak terlalu ke tengah lautan. Anjuran tersebut untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Menikmati Eloknya Sunset

Indahnya sunset dari tepi pantai
Pengunjung bisa menyaksikan keindahan sunset di Pantai Pagatan.
Foto: Google Maps/roy saputra

Salah satu daya tarik yang menghipnotis pengunjung di pantai ini yaitu sunsetnya. Pemandangan matahari terbenam begitu mempesona. Pengunjung akan dibuat takjub terhadap panorama laut berpadu dengan langit di senja hari. Semburat merah pada matahari yang mulai tenggelam menambah kesyahduan suasana.

Baca: Pantai Angsana Tanah Bumbu: Tiket & Aktivitas Menarik

Menyaksikan Aktivitas Nelayan

Selanjutnya daya tarik yang sayang untuk dilewatkan adalah kegiatan nelayan di sekitar pantai. Hal ini dilatarbelakangi oleh lokasinya yang berada di tengah pemukiman nelayan. Tak heran jika pengunjung akan disajikan pemandangan para nelayan beraktivitas.

Sejumlah aktivitas nelayan mulai dari berangkat hingga menurunkan hasil tangkapan patut untuk diamati. Bahkan pekerjaan sehari-hari para nelayan ini menjadi objek menarik bagi para fotografer.

Menyaksikan Pesta Adat

Kemeriahan pesta adat di Pantai Pagatan
Pengunjung bisa ikut serta dalam kemeriahan pesta adat Mappanretasi.
Foto: Instagram/pestapantai_pagatan

Daya tarik lainnya yang membuat pantai ini dibanjiri pengunjung adalah pesta adat Mappanretasi. Acara adat ini biasanya digelar pada bulan April setiap tahunnya. Tak heran jika di bulan tersebut pantai ini didatangi lebih banyak pengunjung.

Pesta adat ini merupakan ungkapan rasa syukur nelayan setempat atas hasil tangkapan. Para nelayan bersyukur atas berkah lautan yang melimpah. Mappanretasi juga dilakukan agar nelayan selalu dilindungi selama melaut.

Mencicipi Jajanan Khas Pantai Pagatan

Sejumlah penjaja makanan di sekitar pantai
Pengunjung bisa menikmati hidangan khas di penjaja makanan sekitar.
Foto: Google Maps/Sartika tika

Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Pagatan adalah wisata kuliner. Di kawasan pantai ini terdapat deretan penjaja makanan khas daerah setempat. Pengunjung bisa mencicipi lezatnya sajian khas Tanah Bumbu.

Sejumlah hidangan yang menggugah selera yakni pentol ikan, jagung bakar, hingga pisang gapit. Makanan lezat tersebut dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Sehingga, pengunjung tak perlu mengeluarkan kocek besar untuk mengisi perut.

Selain makanan, minuman ala pantai yang wajib dicoba adalah es kelapa muda. Pengunjung bisa mendapatkan satu porsi es kelapa muda yang segar di warung sekitar. Menikmati suasana pantai sambil menikmati segarnya es kelapa muda tentu saja sangat menyenangkan.

Bersantai di Tepi Pantai

Untuk pengunjung yang tak ingin beraktivitas, tak perlu khawatir. Pengunjung bisa duduk-duduk santai menikmati pemandangan sekitar pantai yang menawan. Ada sejumlah gazebo yang bisa dijadikan tempat bersantai sambil rebahan.

Pantai Pagatan dikelilingi pohon-pohon pinus yang rimbun. Sehingga pemandangan ini pas untuk pengunjung yang ingin bersantai melepas penat. Hamparan lautnya yang biru memiliki ombak yang tidak begitu besar. Sehingga suara deburannya begitu menenangkan. Pengunjung bisa melepas beban pikiran sejenak dengan menikmati suasana pantai yang menenangkan ini.

Fasilitas

Pengunjung bisa memanfaatkan sejumlah fasilitas yang ada di Pantai Pagatan. Fasilitas yang disediakan pihak pengelola mulai dari tempat parkir, gazebo, hingga warung. Sehingga pengunjung bisa lebih puas beraktivitas di pantai ini dengan fasilitas yang ada.

Rute & Lokasi Pantai Pagatan

Objek wisata pantai ini berlokasi di Sei Lumbu, Kecamatan Kusan Hilir. Lokasinya masih termasuk ke dalam Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Pantai ini relatif strategis dari kota di sekitarnya.

Obyek wisata yang satu ini terbilang paling dekat dengan Batulicin. Sehingga, pengunjung bisa menuju pantai dari Batulicin. Pantai Pagatan hanya berjarak sekitar 23 kilometer dari Batulicin. Perjalanan dari Batulicin ke pantai ini hanya sekitar 30 menit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini