PANTAI PANJANG BENGKULU Tiket, Keindahan & Lokasi Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Pantai Panjang Bengkulu: Tiket Masuk Gratis
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia, 38225

Pantai Panjang salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Bengkulu. Pemandangan alam pantainya begitu memukau berdampingan dengan pemandangan barisan pohon pinus serta cemara.

Destinasi yang mempunyai garis pantai terbilang sangat panjang mencapai sekitar 7 kilometer. Dengan begitu akan membuat area pantainya cukup luas untuk ditelusuri.

Pesona Pantai Panjang tersohor karena terlihat menarik dengan keindahan pasir putihnya. Suara debur ombaknya yang mengalun seolah menyapa kedatangan wisatawan.

Berbagai kegiatan seru bisa dilakukan di area Pantai Panjang. Misalnya olahraga, bermain selancar, melihat matahari terbenam, kuliner, hingga menaiki delman.

Harga Tiket Masuk Pantai Panjang Bengkulu

Berwisata ke panai ini tidak perlu menyediakan uang untuk tiket masuk. Untuk menikmati pantainya, pengunjung bisa masuk ke area pantai secara gratis.

Hal itu menjadikan Pantai Panjang semakin menarik untuk pengunjung khususnya pecinta pantai. Namun pengunjung tetap wajib membayar biaya parkir kendaraan.

Harga Tiket
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000

Baca: 4 Daya Tarik PANTAI PASIR PUTIH Bengkulu

Jam Buka Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang tak memberlakukan jam operasional bagi pengunjung. Dengan kata lain destinasi tersebut buka sepanjang waktu selama 24 jam. Wisatawan boleh datang kapan saja karena tidak ada batas waktu untuk mendatangi pantai.

Jam Buka
Setiap Hari24 jam

Keindahan Pantai Panjang Bengkulu

Pintu masuk Pantai Panjang
Pintu masuk Pantai Panjang. Foto: google maps/DECKY ANDREA

Pantai Panjang digandrungi oleh banyak wisatawan yang datang ke Bengkulu. Tidak hanya pengunjung domestik tetapi juga turis dari luar negeri. Keindahan dan keunikan pantainya seolah menjadi magnet tersendiri yang menarik banyak pengunjung.

Keindahan Pantai Berpasir Putih

Pemandangan area pantai dengan pasir putih
Pemandangan Pantai Panjang. Foto: google maps/muhammad firdaus

Pantai ini menawarkan keindahan garis pantai terpanjang se-Indonesia. Selain panjang, pantainya juga memiliki lebar hingga 500 meter. Sehingga areanya cukup luas untuk melakukan berbagai kegiatan rekreasi. Pantainya juga landai dengan kata lain memiliki topografi yang relatif datar.

Kecantikan Pantai Panjang didukung oleh pasir putihnya yang bersih dan menawan. Wisatawan bisa bermain dengan membuat berbagai bentuk menyerupai patung atau istana menggunakan pasirnya. Ditambah dengan panorama langit serta lautnya yang berwarna biru amat indah.

Baca: LORONG WATU Bengkulu Tiket Murah Pesona Jaman Purba

Teduhnya Vegetasi Pohon Cemara dan Pinus

Pantai Panjang terkenal sebab keunikannya yang agak berbeda dari pesisir lainnya. Vegetasi pantai yang lazim berupa pohon kelapa atau pandan berduri.

Namun di sekitar pantai justru rimbun pohon cemara dan pinus. Area pohon cemara dan pinus tersebut pun kerap menjadi lokasi berteduh.

Lintasan Joging

Terdapat lintasan joging sepanjang garis pantai. Biasanya lintasan joging akan semakin ramai di akhir pekan atau saat hari libur. Sensasi joging di pinggir pantai sangat nyaman.

Karena ditemani angin sepoi-sepoi dan keindahan pemandangan laut. Waktu terbaik joging adalah pagi atau sore, yakni saat matahari tidak terik.

Selancar di Pantai Panjang Bengkulu

Bermain selancar dengan ombak yang cukup besar di Bengkulu
Bermain selancar di Pantai Panjang. Foto: instagram/bengkulu.surf

Pantai Panjang mempunyai ombak besar dan arusnya kuat karena berhadapan dengan Samudra Hindia. Jarak tunggu atau jeda kedatangan ombak satu dengan ombak lain pun cukup singkat.

Sementara ketinggian ombak bisa mencapai 1 meter dan maksimal 4 meter. Sehingga pengunjung dihimbau agar tidak berenang di pantai tersebut karena sangat beresiko bagi keselamatan.

Meskipun tidak cocok untuk berenang, tetapi ombak Pantai Panjang sempurna bagi pemain selancar. Tempat tersebut sudah sering menjadi lokasi favorit untuk kompetisi selancar hingga taraf internasional. Ombak yang bagus untuk berselancar biasanya berlangsung pada bulan Juni.

Sunset Yang Indah

Sunset di Pantai Panjang
Sunset di Pantai Panjang. Foto: google maps/Ade Pebe

Sunset di Pantai ialah hal menarik yang seringkali ditunggu oleh mayoritas wisatawan pantai. Pantai Panjang menawarkan pemandangan cantik saat matahari terbenam. Banyak wisatawan yang mengabadikan momen sunset melalui jepretan kamera.

Di wilayah Pantai Panjang Bengkulu biasanya matahari akan terbenam pada pukul 18.00. Maka wisatawan yang ingin menyaksikan sunset bisa datang sebelum jam tersebut.

Pantai menghadap ke arah barat sehingga sunset akan terlihat dengan lebih sempurna. Apalagi saat cuaca sedang cerah, maka menunggu sunset akan menjadi kegiatan menyenangkan.

Naik Delman, Sewa Sepeda, dan ATV

Naik delman di Pantai Panjang
Naik delman di Pantai Panjang. Foto: google maps/Evan Mujtahid

Keberadaan delman di pantai kemungkinan jarang terdengar. Namun kendaraan kuda seperti itu dapat ditemui di Pantai Panjang dan memberi sensasi berbeda.

Wahana delman menjadikan pantai ini semakin menarik minat pengunjung. Ada juga penyewaan sepeda dan ATV bagi wisatawan yang malas berjalan kaki menyusuri pantai.

Kuliner dan Suvenir

Penjual makanan dan minuman berjejer di sepanjang pantai. Maka saat mengunjungi pantai ini wisatawan tak usah repot membawa bekal.

Ada banyak pilihan jajanan enak dan murah seperti udang goreng, kepiting, cumi, dan lainnya. Pengunjung dapat menikmati minum kelapa muda sambil duduk di tenda-tenda pantai yang tersedia.

Selain kuliner, bisa pula membeli oleh-oleh saat bertandang ke Pantai Panjang. Tersedia banyak pedagang suvenir di sekitar tepi pantai. Salah satunya ada penjual baju-baju bermotif pantai.

Hotel Dekat Pantai Panjang Bengkulu

Letak Pantai Panjang sangat strategis di pusat kota dan aksesnya di pinggir jalan raya. Strategis karena berdekatan dengan berbagai area publik seperti Bencoolen Mall dan Bengkulu Indah Mall. Selain itu, pantai juga dekat dengan bioskop, penginapan dan hotel berbintang.

Beberapa hotel berbintang di dekat Pantai Panjang bengkulu misalnya Hotel Gerage Bengkulu, Mecure Bengkulu, dan Amaris Hotel Bengkulu. Rata-rata lokasi hotel ini kurang lebih 500 – 900 meter dari tepi pantai. Jadi ke pantai bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Fasilitas

Ketersediaan fasilitas di sekitar pantai juga cukup lengkap. Misalnya parkiran, jogging track, penyewaan sepeda, ATV, delman, dan kios pedagang.

Ada pula beberapa pendopo dan spot foto. Kabar baiknya, keberadaan pantai di perkotaan sangat memudahkan dalam mencari fasilitas di luar pantai.

Lokasi Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang berlokasi di Jl. Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing. Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Jarak dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu ke Pantai Panjang cukup dekat yakni 10,2 km. Bila ditempuh mengendarai kendaraan akan memakan waktu sekitar 19 menit.

Ulasan Pembaca

4.6 - 22 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *