Beranda Tiket Wisata

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan TNBBS Tiket & Aktivitas - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk TNBBS Taman Nasional Bukit Barisan Selatan : Rp15.000Jam Buka: 07.30 - 16.00No Telp: +6272221064Alamat: -, -, Tenggamus, Lampung, Indonesia, -

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) merupakan sebuah wilayah konservasi alam yang berlokasi di Lampung Barat. Di wilayah ini hidup beragam flora dan fauna endemik Sumatra, seperti harimau Sumatra dan bunga Raflesia Arnoldii. Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan sendiri terbentang di dunia provinsi, yaitu Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu.

Kawasan TNBBS merupakan salah satu dari Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra. Penetapan status itu dilakukan oleh UNESCO melalui siding World Heritage Committee ke-28 pada Juli 2004 di Suzhou, Cina. Selain memiliki ragam flora dan fauna, di sini juga terdapat danau vulkanik, tempat berkemah, dan desa tradisional.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Harga tiket masuk wisata hutan konservasi ini cukup terjangkau. Namun ada biaya tambahan untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada dalamnya. Selain itu, biaya parkir dan fasilitas lainnya juga berlaku secara terpisah dari tiket masuk.

Harga Tiket Masuk
Taman Nasional Bukit Barisan SelatanRp15.000
Danau SuohRp5.000
Kubu PerahuRp1.500

Baca: Lampung Walk Tiket & Wahana

Jam Buka Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan bisa beroperasi di hari Senin hingga Jumat. Jam buka kawasan wisata ini yaitu dari pukul 07.30 sampai 16.00. Area wisata ini tidak beroperasi hari Sabtu dan Minggu.

Jam Operasional
Senin-Jumat07.30-16.00
Sabtu-MingguTutup

Tempat Berlindung Ratusan Jenis Flora dan Fauna

Pemandangan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan
Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan habitat alami bagi ratusan jenis flora dan fauna endemik Sumatra. Foto: Google Map/Sitinurbayiti.id

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) merupakan salah satu taman nasional yang berstatus sebagai Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra. Status tersebut ditetapkan oleh UNESCO melalui siding World Heritage Committee ke-28 pada Juli 2004 di Suzhou, Cina.

Menempati wilayah seluas 374.080,75 hektare, Taman Nasional Bukit Barisan berada dalam dua provinsi, yakni Lampung dan Bengkulu. Namun, untuk TNBBS berada di kawasan Tanggamus, Lampung Barat.

Di sini merupakan rumah bagi 3 satwa langka yang dilindungi di Indonesia, yaitu Harimau Sumatra, Gajah Sumatra, dan Badak Sumatra. Selain ketiga satwa tersebut, di TNBBS juga hidup berbagai jenis flora dan fauna lainnya. Flora yang terkenal di sini yaitu bunga Rafflesia Arnoldii dan Amorphophallus.

Tidak hanya itu, di sini juga tumbuh 514 jenis pohon serta tumbuhan bawah, 126 jenis anggrek, 26 jenis rotan, dan 25 jenis bambu. Tidak hanya flora, TNBBS menjadi tempat tinggal bagi berbagai macam jenis fauna. Jenis fauna tersebut di antaranya yaitu 122 jenis mamalia serta 123 jenis reptil dan hewan amfibi. Selanjutnya, hidup juga 53 jenis ikan, 221 jenis serangga, dan 450 jenis burung.

Baca: LEMBAH HIJAU Lampung Tiket & Aktivitas

Menikmati Keindahan Kubu Perahu dan Danau Suoh

Seorang pengunjung di kawasan Danau Suoh
Kawasan Suoh yang berada di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan memiliki beberapa danau vulkanik, kawasan pletusan, dan keramikan dengan uap panas bumi yang mengepul menjadi gumpalan asap putih. Foto: Google Map/Rachmat 21

Danau Suoh menawarkan keindahan alam berupa danau vulkanik serta aktivitas panas bumi yang bisa terlihat dari kepulan asap putih yang panas. Danau ini dikelilingi perbukitan dengan pepohonan yang rimbun dan asri.

Pada tahun 1933, terjadi gempa bumi letusan Gunung Suoh. Kemudian, dari letusan gunung itu, terbentuklah 4 buah danau vulkanik. Keempat danau tersebut yaitu Danau Asam, Lebar, Minyak, dan Belibis.

Selain danau, aktivitas panas bumi di sini juga menjadi pemandangan yang menarik. Aktivitas itu terkenal dengan Pletusan (Letusan) dan Keramikan. Penamaan tersebut diberikan karena terdapat letupan-letupan lumpur panas yang berbau belerang.

Selanjutnya terdapat juga fenomena gumpalan asap putih panas yang keluar dari letupan tersebut. Tak jauh dari letupan itu, terdapat hamparan wilayah berwarna kuning keemasan, mengkilap, dan tampak berlapis-lapis. Wilayah lain yang juga bisa dikunjungi tak jauh dari pletusan dan keramikan yaitu Sungai Air Panas, Pasir Kuning, Letusan Besar.

Baca: PUNCAK MAS Lampung Tiket & Wahana

Berkemah di TNBBS

Berkemah di River Tubing Taman Nasional Bukit Barisan Selatan TNBBS
Bagi yang ingin bermalam di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, tersedia area perkemahan di River Tubing yang dekat dengan sungai Way Asah. Foto: Google Map/Siti Rachmawati

Kegiatan River Tubing berlokasi di seberang Kubu Perahu dan berada dekat dengan sungai Way Asah. Wilayah ini merupakan kawasan yang memang sengaja disediakan sebagai wilayah perkemahan. Tersedia beberapa fasilitas di sini seperti toilet, shelter sebagai tempat beristirahat, dan musala. Pengunjung bisa mendirikan tenda yang dibawa dari rumah.

Di sini, pengunjung bisa melakukan wisata tubing. Selain itu, wilayah ini menjadi titik awal jika ingin melakukan jungle tracking untuk mengunjungi beberapa area wisata lain. Area wisata tersebut yaitu air terjun Way Asah, Sepapa Kiri, dan Sepapa Kanan. Untuk mencapai area itu, pengunjung harus melewati sebuah jembatan gantung.

Baca: BUKIT SAKURA Lampung Tiket & Wahana

Menengok Gajah Sumatra dan Rafflesia Arnoldii

Polisi hutan yang sedang patroli Gajah Sumatra
Di daerah Pemerihan, pengunjung bisa melihat aktivitas dari polisi hutan yang sedang berpatroli mengecek keadaan Gajah Sumatra yang ada di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Foto: Google Map/Asri Joni

Selain pemandangan alam, pengunjung juga bisa melihat Gajah Sumatra dan bunga Raflesia Arnoldii di TNBBS. Di Desa Pemerihan, melihat kegiatan Gajah Sumatra bisa menjadi wisata yang menarik. Setelah melihat gajah, mahoot atau pengasuh gajah, akan mengajak melihat polisi hutan berpatroli mengecek gajah di hutan. Dari kegiatan tersebut, diharapkan dapat semakin menumbuhkan kecintaan terhadap Gajah Sumatra.

Beralih dari Gajah Sumatra, di kawasan Camp Rhino, terdapat sebuah tumbuhan endemik Sumatra, yaitu Rafflesia Arnoldii. Camp Rhino itu sendiri berada sekitar 30 menit dari Pemerihan. Tumbuhan ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berbunga, yaitu sekitar 8 sampai 9 bulan.

Namun, masa mekar bunga ini tidak sebanding dengan masa berbunganya, yaitu paling lama hanya satu minggu. Terdapat beberapa knop atau bakal bunga yang tumbuh di sini. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat bunga ini dalam keadaan mekar.

Tambling Wildlife Nature Conservation di Pesisir Barat

Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) merupakan sebuah kawasan wisata alam berbasis konservasi alam yang masih menjadi bagian dari TNBBS. Wilayah ini berada di ujung selatan Sumatra. Kawasan TWNC memiliki wilayah hutan yang masih alami seluas 45.000 hektare. Di sini banyak hidup berbagai jenis flora dan fauna, seperti aneka burung, rusa, dan kerbau liar.

Tujuan pembangunan TWNC selain sebagai wilayah konservasi, juga sebagai tempat pariwisata dan pemberdayaan masyarakat. Terdapat juga desa tradisional yang berada di sebelah timur kawasan TWNC. Pengunjung bisa melihat aktivitas sosial dan budaya tradisional yang dilakukan masyarakat desa.

Baca: LENGKUNG LANGIT Lampung Tiket & Ragam Wahana

Fasilitas

Di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap. Beberapa di antaranya yaitu toilet, warung makan, dan lokasi parkir. Jika ingin menunaikan ibadah salat, pengunjung bisa melakukannya di warung-warung makan ada. Selain itu, apabila ingin bermalam di sini, terdapat juga beberapa penginapan dan resort.

Lokasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan terbentang di beberapa wilayah administrasi dari Lampung sampai Bengkulu. Wilayah tersebut yaitu Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat, dan Saur di Bengkulu. Sementara Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sendiri terletak di Lampung Barat.

Apabila ingin berkunjung ke sini tersedia beberapa rute. Salah satu rutenya yaitu dari Teluk Betung-Tanjung Karang-Kota Agung bisa dilalui menggunakan mobil dan motor. Rute lain yang juga bisa dilalui oleh mobil dan motor yaitu Kota Agung-Banjarnegoro-Suwoh selama 4 jam dan Kota Agung-Kubu Perahu selama 7 jam. Jika berangkat dari Kota Agung menuju ke Tampang bisa menggunakan perahu motor selama 6 jam.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 17

Berikan Rating