Beranda Tiket Wisata

LORONG WATU Tiket Murah Pesona Jaman Purba – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Lorong Watu : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Desa Kemumu, Arga Makmur, Bengkulu Utara, Bengkulu, Indonesia, 38611

Provinsi Bengkulu sudah sejak dahulu terkenal dengan bentang alamnya yang sangat luar biasa. Alam yang asri dan belum banyak terekspos merupakan salah satu daya tarik. Banyak sekali wisata alam yang tersembunyi dan belum banyak orang tahu, salah satunya adalah Lorong Watu. Sebuah aliran sungai yang berada di tengah hutan. Tak hanya itu, terdapat juga air terjun dengan tinggi kurang lebih 5 meter.

Tebing-tebing tinggi di kanan kiri sungai memunculkan kesan layaknya lokasi film-film petualangan seperti Jurassic Park ataupun Anaconda. Daya tarik utamanya yaitu airnya yang sangat bersih dan segar. Berada di tengah hutan rimba dan jauh dari pemukiman, wisata ini sangat cocok bagi penggemar petualangan. Suasana yang sepi dan sunyi sangat pas bagi yang mencari tempat untuk menyegarkan pikiran.

Harga Tiket Masuk Lorong Watu

Untuk berwisata ke sini perlu membayar tiket masuk terlebih dulu. Gerbang masuk dan pos retribusi berada di kampung terakhir sebelum memasuki kawasan hutan. Wisatawan tidak perlu khawatir karena harga tiketnya sangat murah meriah. Selain itu ada biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Lorong Watu
Tiket masuk Rp5.000
Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

Baca: 4 Daya Tarik PANTAI PASIR PUTIH Bengkulu

Jam Buka Lorong Watu

Belum ada jam operasional resmi dari tempat wisata ini. Tapi umumnya wisatawan biasa berkunjung dari mulai pagi hingga sore hari. Karena kawasannya berada di tengah hutan dan cukup jauh dari pemukiman.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Surga Tersembunyi di Bengkulu Utara

Sungai berpagar tebing batu di Lorong Watu
Ciri khas dari tempat ini adalah pesona sungainya yang berpagar tebing batu di kanan kirinya. Foto: Gmaps/Abu Azka

Destinasi wisata Lorong Watu terbilang surga tersembunyi yang ada di Bengkulu Utara. Tempatnya belum banyak yang tau merupakan daya tarik tersendiri. Bernama Lorong Watu karena aliran sungainya berpagar tebing batu tinggi di kanan kirinya. Sehingga seolah seperti lorong panjang dengan pagar batu. Pesona inilah yang membuat kawasannya unik dan berbeda dengan yang lain.

Air sungainya sangat jernih dan menyegarkan karena berasal langsung dari pegunungan. Suhu Airnya cukup dingin dengan rata-rata sekitar 20 derajat Celsius. Pada bagian hulu sungai terdapat sebuah air terjun cantik setinggi kurang lebih 5 meter. Lokasi wisata ini sangat mungil, namun justru itulah yang menjadikannya menarik. Tempatnya yang tidak luas dan berada di tengah hutan seolah seperti pemandian pribadi.

Perjalanan Panjang Menuju Lokasi

Hutan yang jadi akses menuju lokasi wisata Lorong Watu
Untuk mencapai lokasi wisata, wisatawan harus melewati hutan dengan pemandangan yang cantik. Foto: Gmaps/Nirkuning

Sebelum bisa menikmati keindahan Lorong Watu, wisatawan terlebih dahulu harus trekking menyusuri hutan. Di gerbang masuk bisa menitipkan kendaraan di pemukiman warga setempat. Karena memang belum ada area parkir yang tersedia. Setelah menitipkan kendaraan bisa langsung melanjutkan perjalanan memasuki hutan. Pertama kali memasuki hutan akan melewati hamparan perkebunan karet dan sawit.

Selama perjalanan pemandangan sekitar begitu asri dan memanjakan mata. Suara kicau burung yang bersahutan akan menjadi teman sepanjang perjalanan. Membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dengan medan yang cukup menantang untuk sampai ke lokasi.

Kemudian akan sampailah ke sebuah jembatan gantung yang membelah sungai. Jembatan tersebut menjadi tanda  bahwa lokasi sudah dekat. Suara deburan air terjun pun sudah terdengar. Jembatan gantung tersebut memang dibangun untuk kebutuhan wisata. Ketika awal dibuka jembatan belum ada sehingga wisatawan harus menyeberang sungai.

Keindahan Sungai Dengan Air Sebening Kaca

Keindahan sungai dengan airnya yang jernih
Air yang sangat jernih seakan menggoda wisatawan untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Foto: Gmaps/Febry Yanto

Rasa lelah setelah perjalanan panjang seolah sirna ketika berada di lokasi. Pemandangan sungai berpagar tebing dengan suara gemercik air begitu menentramkan jiwa. Airnya begitu jernih seakan menggoda untuk segera menceburkan diri ke dalamnya.

Sungai di Lorong Watu ini sangat aman karena arusnya yang tidak terlalu deras. Kedalaman airnya bervariasi antara 50cm hingga 2 meter. Sehingga cocok juga untuk wisatawan yang mengajak anak-anak.

Untuk ke Lorong Watu ini tidak dianjurkan datang ketika hujan. Karena jika sedang hujan air sungai bisa meluap hingga 3-4 meter dan arusnya menjadi deras.

Air Terjun yang Eksotis

pesona air terjun yang ada di Lorong Watu
Pada bagian hulu sungai ada sebuah air terjun cantik yang menambah keindahan dari tempat ini. Foto: Gmaps/Amin Erlan

Pada bagian hulu sungai terdapat sebuah air terjun yang sangat cantik. Ketinggiannya hanya sekitar 5 meter saja namun tampilannya begitu indah. Rimbun pepohonan di atas air terjun menambah keindahan dari tempat ini. Wisatawan dapat bermain air di bawah air terjunnya. Namun harus hati-hati karena area tersebut cukup dalam.

Bersantai Menikmati Pemandangan

Setelah puas bermain air, wisatawan bisa duduk di tepi sungai dan menikmati pemandangan sekitar. Tebing batu di sisi sungai dengan lekukan-lekukan yang terbentuk alami menjadi pemandangan yang menawan.

Pepohonan tinggi yang mengelilingi tempat wisata ini menjadikannya terasa sejuk dan teduh. Di sekitar area wisata belum ada pedagang makanan dan minuman. Sehingga penting untuk membawa perbekalan sendiri sebagai teman bersantai atau pelepas lapar dan dahaga.

Fasilitas Lorong Watu

Fasilitas yang ada di Lorong Watu ini masih sangat minim. Belum ada tempat parkir khusus sehingga wisatawan bisa menitipkan kendaraan di rumah-rumah warga. Namun sudah ada kamar mandi dan akses jembatan gantung untuk memudahkan wisatawan.

Lokasi Lorong Watu

Destinasi wisata alam ini beralamat di Kemumu, Kecamatan Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Letaknya sangat jauh dari pusat kota Bengkulu Utara yaitu sekitar 60km. Dibutuhkan perjalanan selama kurang lebih satu setengah jam dari pusat kota.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 24

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini