Beranda Tiket Wisata

PANTAI PULAU DATOK Tiket & Ragam Aktivitas Menarik - Oktober 2020

Pantai Pulau Datok
Harga Tiket: Gratis - Rp150.000 Jam Buka: 06.00 - 23.00 No. Telepon: - Alamat: Jl Pantai Pulau Datok,Sukadana,Kayong Utara,Kalimantan Barat,Indonesia,-.

Pantai Pulau Datok berada di daerah Kayong Utara, pesisir Kalimantan Barat. Destinasi wisata ini menawarkan  potensi wisata pantai yang cantik. Pesona panorama tepi laut dengan suasana yang tenang telah menjadi kebanggaan warga Sukadana. Mulai dari pemandangan laut hingga hutan mangrove yang rimbun menjadi daya tariknya.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Datok

Harga tiket
Harga tiket masukGratis
Speed boat dari Pelabuhan Seng HiRp. 200.000
Penginapan per malamRp. 80.000 – Rp 150.000
Sewa kanoRp. 20.000

Baca: Objek Wisata Pantai Terbaik di Kalimantan Barat

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Senin – MingguPk. 06.00 – 23.00

Aktivitas dan Atraksi Wisata

Pantai Pulau Datok Kayong Utara Kalimantan Barat
Tugu kapal dengan tulisan Pantai Pulau Datok – Foto : Instagram/omsu_4

Pantai Pulau Datok dikunjungi ribuan wisatawan setiap tahunnya. Wisata bahari dan pemandangan alam sekitar pantai dengan pasir putihnya begitu indah. Debur ombak dan gelombang lautnya relatif tenang.

Berada tidak jauh dari ibu kota Kabupaten Kayong Utara membuat objek wisata digemari wisatawan. Terlebih lagi pada akhir pekan dan masa liburan jumlah wisatawan akan meningkat.

Baca: PANTAI SAMUDRA Bengkayang Tiket & Aktivitas

Menyusuri Garis Pantai Pasir Putih

Menyusuri keindahan garis pantai Pantai Pulau Datok
Menyusuri keindahan garis pantai  – Foto : Instagram/elly_dayanti

Pantai Pulau Datok memiliki pemandangan yang indah, dengan garis pantai sepanjang sekitar satu kilometer. Area bibir pantainya tak berlumpur namun berupa hamparan pasir putih yang halus. Di hadapan dapat terlihat keindahan Taman Nasional Gunung Palung yang sari menghijau.

Di ujung sisi kiri, wisatawan dapat duduk di atas batu laut besar yang indah. Wisatawan juga dapat menemukan aliran sungai air tawar yang mengalir tenang menuju permukaan laut.

Bersantai di atas Hammock

Bersantai di atas hammock di tepi Pantai
Bersantai di atas hammock di tepi pantai – Foto : Instagram/palexxio

Di sekitar pantai terdapat banyak pepohonan di area pesisirnya. Wisatawan dapat mengaitkan hammock pada dua batang pohon di bibir pantai. Selanjutnya, wisatawan hanya perlu bersantai menikmati suasana pantai di atas hammock.

Baca: MIMI LAND Bengkayang Tiket & Ragam Aktivitas

Menikmati Ketenangan Pantai

Pepohonan raksasa sekitar Pantai
Pepohonan sekitar  pantai membuat suasana menjadi teduh – Foto : Instagram/agustinuserfan94

Suasana kawasan sekitar pantai terasa begitu tenang, jauh dari hiruk-pikuk. Wisatawan dapat menikmati nuansa berlibur yang memberi efek relaksasi untuk melepas kepenatan dari rutinitas.

Suara debur lembut ombak yang berkejaran disambut angin laut yang terasa semilir berhembus. Jajaran pepohonan kelapa, akasia, manggis hutan, dan pepohonan lain memberikan keteduhan dari terik matahari. Wisatawan dapat duduk santai, bernaung di bawah pepohonan rindang yang menambah kesejukan.

Beberapa jenis burung Raja Udang pemakan ikan maupun elang yang sesekali terbang rendah. Terkadang, wisatawan dapat mendengar suara-suara serangga yang menenangkan hingga suara Owa-owa dan Rangkong. Hal tersebut karena lokasi pantai berdekatan dengan area Gunung Peramas.

Bermain Air dan Pasir

anak-anak sedang bermain air di tepi pantai
Bermain air menjadi pilihan aktivitas wisata di sekitar pantai dengan ombak yang tenang – Foto : Instagram/qiran_real

Pantai Pulau Datok memiliki gelombang laut yang relatif tenang. Debur ombaknya bergulung kecil di atas pepasir dan cukup aman bagi wisatawan.

Kondisi ini cukup ideal bagi wisatawan untuk bermain air maupun bermain istana pasir. Banyak di antara wisatawan terutama anak-anak mencari kerang yang banyak terlihat di area pepasir.

Berenang

Gelombang air laut yang relatif tenang sangat cocok untuk aktivitas berenang. Air lautnya jernih dan bersih, sehingga wisatawan nyaman untuk berenang di wilayah perairan dangkal. Wisatawan juga dapat menyewa pelampung demi keamanan dan kenyamanan bermain di tepi lautnya.

Naik Kano

Bermain kano di Pantai Pulau Datok
Bermain kano salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini  – Foto : Instagram/gevrinaldo_virman

Ombak di pantai ini memiliki gelombang air laut yang cenderung tenang. Di sini, wisatawan dapat menyewa kano untuk digunakan sepuasnya.

Dengan kano, wisatawan dapat mengitari tenangnya perairan tepi pantai. Penyewaan kano juga telah dilengkapi dengan life jacket demi keamanan dan keselamatan wisatawan.

Menjelajah Hutan Mangrove

Kawasan mangrove dengan jalan jembatan kayu
Menjelajah kawasan mangrove  – halimwahyudi7

Di bagian barat pantai, wisatawan dapat menjumpai beberapa jenis tanaman mangrove yang tumbuh. Juntaian akar tumbuhan khas tepi laut ini menjadikan kawasan wisata pantain ini kian eksotis.

Pantai Pulau Datok juga diapit oleh dua bukit yang ditumbuhi lebatnya berbagai jenis pohon. Begitu pula dengan bibir pantai yang ditumbuhi pepohonan besar yang membuat suasana menjadi teduh. Wilayah rimbun tersebut menjaga area pantai dari sedimentasi lumpur, sehingga pasirnya lebih bersih.

Gugusan mangrove tersebut telah dapat mulai dinikmati wisatawan saat menyusuri sungai Kapuas. Jalur ini terdapat sebelum masuk ke jalur laut dari Teluk Batang, Kayong Utara. Selama perjalanan, wisatawan dapat melihat luasnya kawasan mangrove di sisi kiri dan kanan.

Menapaki Jejak Sejarah

Sukadana merupakan salah satu kota tua dalam sejarah nusantara sejak abad ke-15. Wilayah tersebut telah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Tanjungpura berpindah ke Matan pada 1876.

Kawasan pantai di Sukadana juga sejak lama menjadi tempat untuk tetirah. Hal ini karena pantainya menghadap ke barat, arah tenggelamnya matahari.

Santap Kuliner

Pemerintah daerah Kayong Utara membuat aturan yang jelas tentang keberadaan penjaja dagangan. Hal ini bertujuan untuk memberi rasa nyaman bagi wisatawan.

Telah tersedia area khusus bagi wisatawan yang ingin menikmati makanan dan minuman di sini. Wisatawan dapat menikmati aneka menu khas pantai pilihan di restoran pada area ini. Segarnya kelapa muda pun tak ketinggalan untuk menemani wisatawan menikmati ketenangan suasana pantai.

Memeriahkan Acara Tahunan

Sail Selat Karimata merupakan even internasional untuk mempromosikan sektor pariwisata bahari. Acara ini dapat menggali semua potensi terpendam di wilayah Kayong Utara. Hampir seratus kapal dari seluruh dunia datang, kapal pesiar, maupun para nelayan.

Wisatawan dapat menyaksikan keseruan demo Air Medevac (Evakuasi Medis Udara) oleh TNI AL. Ada juga sailing pass kapal layar ringan (yacht) dari 9 negara serta demo terjun bebas (free fall). Tak ketinggalan tari kolosal yang dibawakan oleh 1000 pelajar dari Kabupaten Kayong Utara.

Selain itu, digelar juga pameran produk unggulan daerah pesisir, pelayaran nusantara, dan seminar kemaritiman. Penanaman pohon, festival kuliner, kompetisi perahu naga, lomba desain tenun khas Kalimantan juga digelar.

Area Bermain Anak-anak di Pantai Pulau Datok

Bermain mobil-mobilan di Pantai Pulau Datok Kayong Utara Kalimantan Barat - riza.umami_
Mengajak anak-anak bermain mobil-mobilan di Pantai Pulau Datok – Foto : Instagram/riza.umami_

Pantai Pulau Datok merupakan destinasi yang cocok untuk wisata bersama keluarga. Objek wisata ini memiliki wilayah yang ditata rapi dengan paving block sebagai area bermain. Di spot ini, wisatawan dapat mengajak anak-anak bermain mobil-mobilan mengitari area.

Sunset Di Pantai Pulau Datok

Senja di Pantai Pulau Datok Kayong Utara Kalimantan Barat - jedyalfanzo
Menikmati senja dari kawasan sekitar pantai – Foto : Instagram/jedyalfanzo

Lokasinya yang persis menghadap ke Teluk Sukadana di arah barat. Destinasi ini cocok untuk menikmati keindahan panorama matahari terbenam. Saat senja, jumlah wisatawan yang datang biasanya meningkat untuk menunggu momen sunset.

Menginap di Kawasan Pantai Pulau Datok

Untuk menginap di kawasan wisata sekitar pantai, wisatawan dapat bermalam di beberapa penginapan. Terdapat hotel maupun homestay yang tersedia di sekitar area wisata tepi laut ini. Waktu berlibur akan terasa lebih leluasa untuk dinikmati tanpa melewatkan setiap momennya.

Fasilitas Di Pantai Pulau Datok

Kawasan Pantai Pulau Datok telah dilengkapi fasilitas umum yang cukup lengkap. Di kawasan pantai sudah tersedia area parkir yang luas, musala, dan toilet umum.

Rute & Lokasi Pantai Pulau Datok

Wisata tepi laut ini berada di Jl. Pantai Pulau Datok, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat 78852. Lokasi pantai ini hanya berjarak 10 menit dari pusat kota Sukadana. Akses menuju lokasi dari Kota Pontianak dapat melalui udara, laut, dan darat.

Jalur udara memerlukan waktu 45 menit dari bandara Supadio menuju bandara Rahadi Oesman Ketapang. Perjalanan dilanjutkan melalui darat sekitar dua jam dengan jarak tempuh 78 kilometer. Sementara dari pelabuhan Seng Hie Pontianak sekitar lima jam menggunakan kapal cepat.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini