Beranda Tiket Wisata

PANTAI SAMUDRA Bengkayang Tiket & Aktivitas - Oktober 2020

Pantai Samudra
Harga Tiket: Rp15.000 Jam Buka: 06.00 - 24.00 No. Telepon: - Alamat: Karimunting,Sungai Raya Kepulauan,Bengkayang,Kalimantan Barat,Indonesia,79271.

Pantai Samudra merupakan salah satu destinasi wisata alam tepi laut di kabupaten Bengkayang. Tempat ini menyajikan keindahan panorama laut Kalimantan Barat dan kawasan pesisirnya yang mempesona.

Harga Tiket Masuk

Memasuki area pantai pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Harganya memang relatif mahal dibanding pantai pada umumnya. Namun pantai ini tetap layak untuk dikunjungi.

Harga tiket Masuk Pantai Samudra
Harga tiket masukRp15.000

Baca: Tempat-tempat wisata menarik di Singkawang

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Setiap Hari24 Jam

Aktivitas Seru di Pantai Samudra

Pantai Samudra atau sering disebut Pantai Samudra Indah Singkawang menyajikan berbagai daya tarik. Dengan hamparan pepasir dan perairan yang indah, banyak aktivitas wisata menarik dapat dilakukan.

Tepi Pantai Berpasir Putih

area tepi pantai samudra berpasir putih
Panorama area tepi pantai berpasir putih – Foto : Instagram/netiwdynngshh_

Pantai Samudra memiliki garis pantai yang landai dengan pasir putih berwarna cerah. Warnanya berpadu indah dengan jernihnya air laut dan langit yang biru bersih. Area pantai masih terhubung dengan posisi laut Cina Selatan. Hamparan pasir putihnya memanjang dari arah selatan ke timur sekitar lima kilometer.

Baca: MIMI LAND Bengkayang Tiket & Ragam Aktivitas

Wisatawan dapat berjalan menyusuri pantai dan merasakan hangatnya pasir putih disertai deburan ombak. Matahari senantiasa bersinar saat cuaca cerah dengan angin laut yang sejuk berhembus semilir. Wisatawan disarankan memakai krim anti mahatari untuk melindungi kulit dari teriknya sinar mentari.

Bersantai Menikmati Bentang Pasir Putih

Pantai Samudera Bengkayang Kalimantan Barat - ennyfitriati
Pemandangan pantai  dengan bentangan pasir landai di sepanjang garis pantainya – Foto : Instagram/ennyfitriati

Pantai Samudra memiliki bentang pasir putih dengan kontur yang landai dan cukup luas. Langit pun terlihat bersih serasi dengan hamparan air yang laut jernih. Salah satau alasan wisatawan menyukai pantai ini karena area dataran berpasir terjaga kebersihannya. Terdapat bebatuan besar yang berada di sekeliling pantai, tempat wisatawan dapat duduk di atasnya. Wisatawan dapat bermain air dari percikan gelombang kecil ombak yang menghampiri.

Untuk memanjakan wisatawan, pengelola menyediakan gazebo-gazebo dari kayu dengan atap daun di bibir pantai. Bersantai bersama rekan dan keluarga di gazebo menjadi pilihan untuk menikmati waktu liburan. Wisatawan dapat duduk dan beristirahat sambil melihat panorama pantai yang indah.

Panorama Menakjubkan dari Atas Bukit

Pada salah satu sisi dataran tepi pantai terdapat sebuah bukit yang menghijau. Bukit ini diberi nama Bukit Sejuk karena di tempat ini suasananya terasa begitu sejuk. Wisatawan dapat merasakan hembusan angin laut lebih semilir dari atas bukit ini.

Wisatawan dapat mendaki ke atas bukit tersebut untuk melihat keindahan pantai dari ketinggian. Wisatawan akan mendapat sajian pemandangan yang memukau dari bukit di tepi pantai ini. Panorama laut yang biru, langit yang indah serta bentang pasir putih terlihat begitu mempesona.

Berenang

Wilayah perairan pantai memiliki air laut berombak dengan gelombang yang bersahabat. Wisatawan dapat bermain air dan berenang dengan aman di area tepian yang dangkal. Wisatawan dapat menyewa ban maupun pelampung demi keamanan saat berenang terutama untuk anak-anak.

Disarankan untuk berhati-hati karena wilayah perairan laut sekitar pantai terdapat banyak ubur-ubur. Namun tak perlu khawatir karena pantai ini telah dilengkapi fasilitas medis yang siap membantu.

Tempat untuk mandi dan membilas dengan air tawar pun telah tersedia di area pantai. Pantai Samudra memiliki lokasi pemandian air payau yang juga sekaligus menjadi area bilas wisatawan.

Area Bermain & Bersantai Di Tepi Pantai Samudra

wahana ayunan di tepi pantai
Bermain ayunan di tepi pantai – Foto : Instagram/auliyanenk

Pantai Samudra bisa menjadi destinasi pilihan bagi wisata keluarga bersama anak-anak. Karena lokasinya telah dilengkapi dengan fasilitas tempat bermain yang ramah anak.

Area bermain tersebut menjadi spot favorit wisatawan yang datang bersama anak-anak. Tak hanya anak-anak, wisatawan dewasa pun menyukai bermain ayunan di tepi pantainya. Wisatawan pun dapat bersantai dan bermain ayunan sambil menikmati suguhan keindahan panorama pantai.

Bermain Sampan

Di sekitar kawasan pantai terdapat danau buatan yang biasa digunakan untuk bersantai sambil bermain sampan. Areanya telah dilengkapi dengan taman yang ditata rapi dan terlihat indah. Pada malam hari, taman ini diterangi lampu-lampu tumbler yang ikut menambah keindahan.

Berburu Spot Foto

wisatawan menikmati keindahan panorama pantai samudra bengkayang
Duduk santai di atas bebatuan besar di ujung Pantai Samudra – Foto : Instagram/fujigibran

Kecantikan Pantai Samudra dengan banyak spot foto instagrammable mengundang wisatawan yang suka berswafoto. Wisatawan dapat berfose dengan latar bebatuan besar yang berada di sekitar area ujung pantai. Batu-batu tersebut seolah membawa nuansa pantai di Belitung, lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Laut biru dengan pasir putih bersihnya menjadi latar favorit wisatawan untuk mengabadikan momen liburan. Sudut-sudut lainnya juga memiliki spot menarik seperti berfose saat bermain ayunan di tepi laut.

Baca: PULAU LEMUKUTAN: 14 Aktivitas Wisata Menarik

Sebuah jembatan di ujung pantai terlihat layaknya ciri khas dari Pantai Samudra. Jembatan yang disebut dengan Jembatan Cinta ini menjadi latar favorit wisatawan untuk berswafoto.

Memancing

Wisatawan yang hobi memancing dapat menyalurkannya kegemarannya di area pemancingan yang juga ada di sekitar pantai. Atau bisa juga memilih area memancing di lokasi dengan bebatuan-batuan pada sisi kanan pantai. Aktivitas ini juga menjadi momen untuk mendapatkan ketenangan menikmati waktu berlibur.

Santap Kuliner

Menikmati keindahan lanskap Pantai Samudra lebih lengkap ditemani aneka sajian kuliner. Wisatawan dapat menemukan tempat-tempat yang menjajakan aneka hidangan di sekitar pantai.

Beragam menu utama maupun kudapan pilihan ditawarkan, tak ketinggalan es kelapa yang segar.

Menikmati Romantisme Sunset

Suasana senja Pantai Samudera Bengkayang Kalimantan Barat - riekechikawang
Menikmati suasana senja yang eksotis di Pantai Samudra – Foto : Instagram/riekechikawang

Duduk bersantai menyaksikan matahari perlahan mulai terbenam menjadi momen yang ditunggu wisatawan yang datang ke sini. Pemandangan yang memanjakan mata ideal bagi wisatawan untuk menenangkan diri dan melepas penat. Suasana sore terlihat eksotis dengan semburat warna jingga yang cantik.

Menginap di Sekitar Pantai Samudra

Di area sekitar pantai terdapat berbagai penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam dekat pantai. Tersedia resort dan hotel yang dapat menjadi pilihan tempat menginap dengan suasana pantai. Wisatawan juga dapat mendirikan tenda di atas hamparan pasir pantainya.

Bermalam di kawasan Pantai Samudra, wisatawan dapat menikmati momen- momen istimewa pada tiap waktunya. Bersantai dan beristirahat memberikan efek relaksasi dengan keleluasan mengeksplorasi wilayah pantai. Wisatawan juga dapat berjalan-jalan menyusuri lingkungan pantai di malam hari dengan udara lebih sejuk.

Di kawasan pantai  juga terdapat dua cottage berukuran 7×10 meter dengan satu dangau. Satu cottage untuk pengelola pantai sedangkan cottage yang berisi dua kamar untuk wisatawan. Dindingnya dari kayu dan atapnya dari rumbia dengan arsitektur menyerupai rumah-rumah warga setempat.

Fasilitas Pantai Samudra

Pantai Samudra tidak hanya memanjakan dengan panorama pantainya namun juga fasilitasnya yang cukup lengkap. Telah tersedia pendopo, area bilas, serta fasilitas kesehatan yang mendukung kenyamanan para wisatawan.

Lokasi dan Akses Wisata Pantai Samudra

Wisata Pantai Samudra berlokasi di Jl. Pantai Samudra Indah, Karimunting, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat 79271. Jarak tempuh menuju pantai pasir putih ini sekitar 30 menit perjalanan dari kota Singkawang. Sedangkan dari kota Pontianak, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini