Beranda Tiket Wisata

Pantai Kura-kura Bengkayang Tiket & Ragam Pesona - Mei 2022

0
Pantai Kura-kuraHarga Tiket Masuk: Rp10.000 - Rp15.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Sungai Raya Kepulauan, Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia, -

Pantai sering kali menjadi destinasi wisata pilihan ketika ingin berlibur sambil mencari ketenangan. Di Kalimantan Barat, terdapat sebuah pantai yang indah bernama Pantai Kura-kura  Bengkayang. Suasana yang tenang dan asri mendominasi pantai ini. Daya tarik utamanya yaitu kura-kura yang datang untuk bertelur di sini.

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna kuning keemasan. Ombak yang ada di pantai ini juga tergolong tenang. Selain bisa bermain air dan pasir, pengunjung juga bisa menginap di sekitar kawasan pantai. Bagi yang ingin menginap di sini, silakan membangun tenda yang sudah dibawa dari rumah atau menyewa penginapan tersedia..

Harga Tiket Masuk Pantai Kura-kura Bengkayang

Untuk menikmati nuansa pantai yang indah, pengunjung harus membayar biaya untuk tiket masuk. Harga tiket tersebut belum termasuk fasilitas di dalam area pantai. Biaya lain yang harus disiapkan yaitu untuk parkir dan membeli makanan di sini.

Harga Tiket Masuk
Tiket Hari Biasa Rp10.000
Tiket Hari Libur Rp15.000

Baca: PANTAI SAMUDRA Bengkayang Tiket & Aktivitas

Jam Buka Pantai Kura-kura Bengkayang

Pantai Kura-kura Bengkayang memiliki jam operasional setiap hari selama 24 jam. Selanjutnya jika tidak ingin berebut lokasi parkir atau gazebo sebaiknya datang saat hari biasa. Pada waktu tersebut juga suasana pantai akan terasa lebih tenang dan sepi.

Jam Operasional
Setiap hari  24 jam

Panti Tempat Bertelurnya Kura-kura

Suasana Pantai Kura-kura yang asri
Pantai Kura-kura memiliki suasana yang tenang dan asri, serta ombak yang tenang, sehingga tak jarang membuat kura-kura singgah dan bertelur di sini. Foto: Google Map/Taufik Adi Nugroho

Jika sedang mencari tempat liburan untuk menenangkan pikiran dengan nuansa alam, pantai kura-kurang bengkayang cocok sebagai pilihan. Lingkungan pantai ini masih tergolong sepi karena letaknya berada di balik bukit. Hal itu membuat kawasannya masih jarang pengunjung. Pantai ini memiliki ombak yang tenang. Dari kedua faktor lingkungan tersebut tak jarang kura-kura singgah dan bertelur di pantai ini.

Kura-kura akan datang dan bertelur pada malam hari. Jika ingin melihatnya, jangan lupa siapkan senter karena tidak ada lampu di pantai ini. Kenakan pakaian yang tebal untuk menghalau angin langsung mengenai tubuh.

Di sekitar area pantai belum ada penangkaran kura-kura. Meski begitu, penduduk sekitar tetap berupaya untuk menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan pantai. Melalui fenomena tersebut, maka pantai ini dinamakan Pantai Kura-kura. Selain kura-kura, di sini pengunjung juga bisa melihat monyet dan memberinya makan.

Baca: PULAU LEMUKUTAN: 14 Aktivitas Wisata Menarik

Menyepi dan Menikmati Pemandangan Pantai

Pemandangan laut di Pantai Kura-kura Bengkayang
Sambil menyepi di Pantai Kura-kura Bengkayang, pengunjung bisa melihat pemandangan laut dan Pulau Kabung serta Pulau Penata saat masa pasang. Foto: Google Map/Husna Kurnianta

Saat sedang menyepi di sini, pemandangan laut dan pantai yang indah bisa menjadi hiburan tersendiri. Pemandangan hamparan pasir yang berwarna kuning keemasan terlihat eksotis. Terlebih saat terkena pantulan cahaya matahari sore.

Untuk menikmati suasana pantai, pengunjung bisa duduk di tepi pantai. Bawa alas untuk duduk dan beberapa camilan dari rumah. Pilih waktu pagi atau sore agar cahaya matahari tidak terlalu terik. Jangan lupa juga untuk memakai kacamata hitam, krim tabir surya, serta topi jika berada di area pantai. Jika air sedang pasang, Pulau Kabung dan Pulau Penata bisa terlihat dari kejauhan.

Tempat lain yang cocok untuk menikmati pemandangan yaitu di gazebo yang berdiri di sepanjang tepi pantai. Memandangi panorama laut sambil duduk-duduk bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Nikmati panorama tersebut sambil meminum segelas es kelapa yang menyegarkan. Tak lupa untuk menyetel alunan musik yang tenang agar suasana menjadi semakin menyenangkan.

Bermain Air dan Pasir di Pantai Kura-kura Bengkayang

Pengunjung yang sedang bermain air di Pantai Kura-kura Bengkayang
Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kura-kura Bengkayang yaitu bermain air dan pasir bersama keluarga. Foto: Google Map/Arie Hasmunandar

Bermain air merupakan kegiatan yang tidak boleh terlewatkan jika berkunjung ke sini. Karena air lautnya bersih dan jernih. Pengunjung juga bisa bermain lempar bola ketika berenang. Ombak di laut ini cenderung tenang, sehingga aman bagi anak-anak untuk berenang di pantai ini. Meski begitu, tetap harus berhati-hati saat bermain air karena belum adanya penjaga pantai di sini.

Selain bermain air, kegiatan lain yang bisa dilakukan ketika berekreasi ke pantai ini yaitu bermain pasir. Tekstur pasir di sini tergolong halus. Sehingga sangat cocok ketika bermain membangun istana pasir. Tak hanya itu, di sini pengunjung juga bisa bisa bermain voli pantai menggunakan bola voli pantai.

Berkemah Pantai Kura-kura Bengkayang

Mendirikan tenda di Pantai Kura-kura Bengkayang
Jika ingin bermalam di Pantai Kura-kura, pengunjung bisa membangun tenda yang dibawa dari rumah di tepi. Foto: Google Map/Amin Syarifuddin

Bagi yang tertarik bermalam di kawasan pantai, berkemah di tepi pantai bisa menjadi pilihan. Pengunjung bisa mendirikan tenda yang sudah dibawa dari rumah di sini. Pada malam hari, hangatkan tubuh dengan membuat api unggun. Selain untuk menghangatkan tubuh, api unggun juga bisauntuk memasak makanan.

Setelah makan malam, pengunjung bisa bersantai di depan tenda sambil melihat pemandangan langit. Jika tidak berawan, pemandangan langit dengan cahaya bulan akan menghiasi malam. Tak hanya itu, pemandangan bintang yang bertaburan juga ikut menyempurnakan langit malam di pantai ini.

Pilihan lain untuk bermalam selain berkemah yaitu dengan menyewa cottage atau dangau. Di sini tersedia 2 cottage dan 1 dangau dengan konsep bangunan yang masih tradisional. Cottage dan dangau di sini dindingnya terbuat dari kayu dan atapnya dari daun rumbai. Dengan lantai bangunan yang juga terbuat dari batu bata.

Untuk cottage, tersedia 2 kamar yang memiliki kasur, bantal, dan guling. Hal itu berbeda dengan dangau yang tidak dilengkapi dengan kamar. Apabila menginap di sini, baik berkemah maupun menginap di cottage, pengunjung bisa melihat pemandangan matahari terbenam dan terbit dari tepi pantai.

Fasilitas di Pantai Kura-kura Bengkayang

Pantai ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Beberapa fasilitas tersebut salah satunya yaitu gazebo dengan atap daun di atas batu pada bibir pantai untuk bersantai. Selanjutnya, di sini juga tersedia tempat mandi air tawar. Fasilitas lain yang ada di sini yaitu toilet, warung makan, dan lahan untuk parkir.

Lokasi Pantai Kura-kura Bengkayang

Pantai Kura-kura Bengkayang terletak di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Apabila berangkat dari Pontianak, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam untuk sampai ke sini. Namun, berbeda jika berangkat dari Singkawang yang hanya memerlukan waktu 30 menit untuk sampai ke pantai ini.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 23

Berikan Rating