Beranda Tiket Wisata

PULAU KAPUK Tiket Murah Wisata Lengkap Desember 2021

Pulau KapukHarga Tiket: Rp5.000 - Rp35.000Jam Buka: 10.00 - 18.00No Telp: -Alamat: Mon Ikeun, Lhoknga, Aceh Besar, Aceh, Indonesia, 23353

Pulau Kapuk bukanlah nama dari sebuah pulau, melainkan kawasan wisata di Aceh. Kawasan ini bisa berada di antara Pantai Lampuuk dan Pantai Lhoknga yang sudah populer. Tepatnya di Desa Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Di sini wisatawan akan menemukan perpaduan tempat rekreasi yang menarik. Kawasan ini menyajikan wisata pantai, sungai, sekaligus hutan pinus. Jika mencari destinasi wisata di Aceh yang berbeda dari biasanya, cobalah kunjungi objek wisata ini.

Tiket Masuk Pulau Kapuk

Pengunjung kawasan Pulau Kapuk perlu membayar tiket dengan harga yang terjangkau. Selain itu ada tiket tambahan yang harus dibayar jika ingin memasuki area pantai. Meskipun agak mahal, harga tiket tersebut sudah termasuk makanan dan minuman ringan gratis.

Tiket Masuk
Tiket MasukRp5.000
Tiket Pantai Pulau KapukRp35.000
Sewa GazeboRp10.000 – Rp30.000

Jam Buka

Area wisata pantai di Aceh biasanya menerapkan jam operasional khusus. Begitu juga dengan kawasan wisata ini. Pantai Pulau Kapuk hanya dibuka sejak pagi hingga maghrib saja. Jadi, jangan harap bisa berlama-lama di sini kecuali memang berniat menginap.

Jam Operasional
Senin- Kamis & Sabtu-Minggu10.00 – 18.00 WIB
JumatTutup

Pulau Kapuk

Sore di Maha Corner
Pemandangan matahari terbenam yang bisa disaksikan dari salah satu kafe di Pulau Kapuk yaitu Maha Corner – Foto: Google Maps/Ratnacintya Dewi

Akhir pekan memang paling pas untuk menghabiskan waktu dengan rekreasi ke kawasan wisata alam. Bagi masyarakat Banda Aceh, pantai adalah pilihan yang paling populer. Kota ini memang memiliki berbagai pantai dengan pemandangan nan cantik.

Salah satunya ada di Lhoknga, wilayah dekat Banda Aceh yang tersohor karena koleksi pantai-pantai indahnya. Beberapa di antaranya adalah Pantai Lhoknga dan Pantai Lampuuk. Di antara kedua pantai tersebut, ada destinasi wisata alam yang seringkali terlupakan. Warga sekitarnya menyebut kawasan ini sebagai Pulau Kapuk.

Namun belakangan pamornya semakin meningkat. Hal ini karena areanya memiliki pantai cantik yang lengkap spot-spot instagramable. Tidak hanya pantai, kawasan ini juga menghadirkan hutan dan sungai. Dengan berkunjung ke satu destinasi saja, wisatawan bisa bertamasya dengan suasana yang berbeda-beda.

Baca Juga: PANTAI LAMPUUK: Tiket & Wahana Pantai Seru

Wisata Tepi Sungai

Pengunjung mencoba wahana perahu
Wahana perahu yang bisa dinikmati bersama keluarga di area Muara Sungai Krueng Raba – Foto: Google Maps/M Surairi

Pulau Kapuk memiliki wilayah dengan bentang alam yang unik. Kawasan ini terdiri dari muara sungai, pantai, dan hutan pinus. Wilayahnya begitu kaya dengan keindahan alam dengan pesonanya masing-masing. Tak heran jika Pulau Kapuk berkembang jadi destinasi wisata yang menarik.

Wisatawan yang datang kemari biasanya untuk mengadakan piknik. Baik itu piknik keluarga, bersama kawan, atau acara kelompok tertentu. Area yang sering menjadi lokasi piknik yaitu sekitar sungai dan hutannya.

Sungai Krueng Raba yang mengalir di sini memiliki air yang jernih dan bersih. Wisatawan bisa mandi atau berenang di sungai dengan leluasa. Area sungainya cukup dangkal dan aman bagi anak-anak.

Selain berenang, wisatawan juga bisa menyusuri sungai dengan wahana perahu. Selain perahu, ada juga sepeda air dan kano. Pengunjung akan mendapat pelampung dan bisa menyusuri area muara. Kegiatan rekreasi yang pas untuk melengkapi acara piknik keluarga.

Hutan Pinus

Pemandangan laut dari area hutan pinus Pulau Kapuk
Suasana hutan yang teduh dan sejuk untuk jadi tempat beristirahat hingga berkemah – Foto: Google Maps/CSDS SI

Hutan pinus di sini menghadirkan suasana sejuk di area pesisir. Hutan ini dipenuhi pepohonan yang tinggi dan rindang. Sangat cocok menjadi tempat berteduh atau beristirahat.

Untuk itu, tersedia banyak gazebo di sini. Gazebo ini terbuat dari kayu dan beratap pelepah pohon. Dari sini, wisatawan bisa bersantai memandangi laut sambil menikmati angin pantai. Jangan lupa juga untuk berfoto di antara pepohonannya yang teduh.

Area hutan pinus juga sering digunakan sebagai lokasi berkemah. Pengunjung cukup membawa perlengkapan campingnya dan memilih tempat yang disukai. Jika mencari lokasi camping pinggir pantai yang nyaman, Pulau Kapuk adalah tempatnya. Selain teduh, fasilitas pendukung seperti toilet dan warung juga tersedia.

Pantai Instagrammable

Pantai Pulau Kapuk
Pantai Pulau Kapuk yang diburu karena kecantikan alam dan suasana instagrammable-nya – Foto: Google Maps/Rahmatan Fajri

Bergeser dari hutan, ada area pantai yang memikat. Pantai Pulau Kapuk juga disebut sebagai Queen Bay. Seperti Lampuuk dan Lhoknga, pantai ini menyajikan hamparan pasir putih nan lembut. Bibir pantainya panjang dan sangat datar, cocok jadi arena bermain pasir anak-anak.

Berada di teluk membuat Pantai Pulau Kapuk memiliki ombak yang cukup tenang. Lautnya bersih dan menampilkan gradasi warna biru-kehijauan yang menghipnotis. Tidak banyak batu karang di sini. Pengunjung bisa berenang dan menikmati aneka wahana watersport yang tersedia.

Di sepanjang bibir pantai terdapat gazebo dengan desain yang mencolok. Alih-alih bernuansa alam, gazebo di sini berdesain kekinian. Dekorasi bangunannya terpasang kain berwarna lembut yang tampak cantik ketika tertiup angin. Selain itu, beberapa kursi yang tersedia merupakan beanbag yang empuk dan nyaman.

Senada dengan gazebonya, terdapat berbagai dekorasi menarik di sana-sini. Dekorasi ini memiliki maksud tersendiri sebagai spot foto bergaya kekinian. Dengan mengusung tema romantis, tidak heran jika pantai ini menarik minat para pasangan. Banyak ornamen berbentuk hati yang menghiasi area pesisir ini.

Kuliner Pinggir Pantai

Teras Dreamlife Cafe & Resto wisata tepi pantai pulau kapuk
Menikmati sajian kuliner dari kafe dan restoran dengan desain modern dan nyaman – Foto: Google Maps/mamiGigih AR

Tidak sulit mencari tempat makan di sekitar Pulau Kapuk. Kawasan ini punya sejumlah tempat makan dengan nuansa yang berbeda. Mulai dari kios dan warung sederhana hingga kafe dengan menu barat.

Warung adalah pilihan untuk kuliner dengan harga terjangkau dan suasana alam yang kental. Warung-warung di sekitar pantai menyediakan menu olahan hasil laut yang sederhana nan menggugah. Ikan bakar adalah salah satu menu andalannya.

Pantai Pulau Kapuk juga memiliki jajaran kafe dan restoran yang nyaman. Maha Corner, Soul Beach Cafe, dan Dreamlife Cafe & Resto misalnya. Wisatawan dapat menikmati kuliner seperti nasi goreng hingga pizza di sini. Lokasinya tepat menghadap ke laut, menghadirkan suasana makan di pinggir pantai yang menenangkan.

Fasilitas Pulau Kapuk

Fasilitas di kawasan Pulau Kapuk sudah sangat memadai. Area parkirnya luas, banyak tempat makan, begitu juga gazebo dan musala. Toilet dan kamar mandi pun tersedia meski jumlahnya tidak banyak. Tersedia pula beberapa penginapan, wahana rekreasi air, dan penyewaan pelampung.

Lokasi Pulau Kapuk

Kawasan wisata ini terletak di Jalan Pulau Kapuk, Muara Sungai Krueng Raba, Desa Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Jaraknya sekitar 15 kilometer di sebelah barat daya pusat Kota Banda Aceh. Bisa ditempuh dengan mobil, motor, atau angkutan umum selama kurang-lebih 30 – 40 menit.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang