Beranda Tiket Wisata

PULAU PADAR Harga Tiket, Aktivitas & Keindahan – Januari 2023

0
Pulau Padar Harga Tiket Masuk : Rp 5.000. Jam Buka : 24 jam. Nomor Telepon : -. Alamat : Komodo, Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 86763.

Pulau Padar menjadi salah satu tujuan wisata utama setelah Pulau Komodo di NTT. Pesonanya mampu menarik wisatawan untuk datang dan menghabiskan waktu di sini. Lautan yang terpecah membentuk teluk, seolah terlihat seperti danau yang indah. Berbenteng tebing-tebing batu gersang yang menawan.

Di pulau ini, wisatawan dapat berfoto-foto sekaligus olahraga. Betapa tidak, untuk mencapai puncaknya wisatawan harus mendaki beberapa anak tangga. Jarak tempuh dari bawah hingga puncak kurang lebih satu jam. Selain puncaknya, wisatawan juga dapat bermain di pantai yang ada di bawah bukit.

Harga Tiket Masuk Pulau Padar, Manggarai Barat

Untuk menikmati perbukitan dan segala pemandangannya tiket masuknya tergolong murah. Namun, tiket ini tidak termasuk dengan wahana diving, snorkeling, atau perahu. Biasanya, wisatawan mengikuti paket wisata untuk mempermudah perjalanan dan lebih murah. Karena untuk kapal menuju pulau ini cukup mahal jika menyewa sendiri.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp 5.000

Baca: TAMAN NASIONAL KOMODO Tiket & Daya Tarik

Jam Buka

Objek wisata ini buka sepanjang hari, wisatawan dapat berkunjung kapan saja. Pulau ini juga dinilai aman karena bukan menjadi habitat komodo. Jika ingin trekking, waktu yang tepat berkunjung di pagi hari. Sebelum pukul 9 pagi, supaya tidak terlalu terik ketika di puncak.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Berwisata Seru di Pulau Padar

Pemandangan Indah dari Puncak Pulau Padar
Pemandangan Indah dari Puncak Pulau Padar. Foto: Gmap/Alex Bondar

Pulau Padar merupakan salah satu dari kawasan Taman Nasional Komodo. Namun, di pulau ini wisatawan tidak akan menjumpai komodo, karena bukan habitatnya. Hal inilah yang membuat pulau ini semakin banyak menarik minat selain karena keindahannya. Apalagi, tiket masuk pulau ini sangat terjangkau.

Daya tarik utama pulau ini ada di puncak bukitnya yang memesona. Perbukitan sabana gersang yang justru membuatnya tampak indah. Di musim hujan, sesekali rerumputan yang tumbuh akan tampak menghijau dengan warna hijau terang. Diselingi dengan semak dan pohon yang tumbuh di antara hamparan sabana ini.

Tak hanya perbukitannya, wisatawan juga bisa menghabiskan waktu di kawasan pantainya. Empat teluk yang terbentuk karena pecahan tebing membuat wisatawan lebih leluasa memilih. Wisatawan bisa bermain-main di tepian air dengan ombak atau pasir. Bahkan bisa juga berenang, snorkeling, atau diving di pantai ini.

Baca: WAE REBO Info Wisata Lengkap

Mendaki Ratusan Anak Tangga Menuju Puncak Pulau Padar

Tangga Akses ke Puncak Pulau Padar
Tangga Akses ke Puncak Pulau Padar. Foto: Gmap/Bryson Rider

Bukan hal yang mudah mendaki puncak Pulau Padar, meskipun hanya setinggi 400 mdpl. Pasalnya, wisatawan harus menapaki anak tangga sebanyak kurang lebih 817 untuk mencapai puncak. Anak tangga ini sengaja disiapkan untuk mempermudah wisatawan naik maupun turun. Ditambah dengan, sudah ada pembatas di samping tangga sebagai pegangan.

Waktu yang tepat untuk mendaki sekitar pukul 07:00 – 09:00 pagi, karena masih belum terlalu terik. Dibutuhkan stamina dan fisik yang baik untuk bisa menuju puncak pulau ini. Apalagi, cuaca yang panas membuat wisatawan harus menggunakan perlindungan tubuh supaya kulit tidak terbakar. Dan selama kurang lebih 60 menit, wisatawan akan sampai di puncak.

Pemandangan dari atas sangat menawan, teluk-teluk di bawahnya membuat cerukan yang indah. Warnanya tampak biru, dan bergaris putih karena berbatasan dengan pasir pantai. Spot di puncak inilah yang menjadi favorit wisatawan untuk berfoto. Karena dari atas, wisatawan juga akan mendapatkan latar belakang foto berupa teluk yang indah.

Menikmati Pesona Sore di Puncak Pulau Padar

Senja Indah di Pulau Padar
Senja Indah di Pulau Padar. Foto: Gmap/Valeria Maleva

Selain pagi hari, wisatawan juga dapat menaiki puncak ini di sore hari. Tujuannya supaya mendapatkan pemandangan senja yang indah. Karena puncaknya tidak terhalang oleh puncak lainnya, wisatawan dapat melihat pemandangan 360 derajat.

Saat senja tiba, wisatawan bisa menghadap ke arah terbenamnya matahari. Mengikuti sang surya yang perlahan turun ke peraduannya. Meninggalnya warna jingga, biru, dan merah muda di langit sana.

Jika masih terik saat tiba di puncak, wisatawan dapat mencari pohon untuk berteduh. Meskipun tidak rimbun, namun pohon ini dapat menjadi peneduh sementara dari teriknya matahari. Biasanya, yang tumbuh di sini adalah pohon bidara, yang berumpun satu atau dua pohon. Dan tak perlu khawatir tersesat, jika turun di malam hari, karena tinggal mengikuti tangga.

Baca: Pesona Wisata DANAU KELIMUTU Ende

Bermain di Pesisir Pantai

Bermain Pantai di Pantai Padar
Bermain Pantai di Pantai Padar. Foto: Gmap/apa aja (apa aja masuk)

Layaknya pantai pada umumnya, wisatawan juga dapat bermain di salah satu dari empat teluk Pulau Padar. Teluk ini memiliki garis pantai yang cukup luas untuk sekedar bermain-main. Tidak ada penjual atau warung di tepian pantai yang membuatnya tampak seperti pantai pribadi.

Pasir pantainya memiliki tekstur yang halus dan nyaman di kaki. Uniknya lagi, tak hanya ada satu warna pasir. Melainkan ada tiga warna pasir, yaitu putih, abu-abu, dan merah muda.

Wisatawan dapat berlarian di sekitar pantai karena tidak adanya batu karang yang menghalangi. Atau bermain air di tepiannya, dan tentunya bisa juga berfoto-foto. Jika beruntung, wisatawan dapat bertemu sekelompok rusa yang sedang berjalan di pantai.

Baca: PANTAI PASIR PANJANG Tiket & Aktivitas Seru

Keindahan Bawah Laut di Pulau Padar Terbaik di Dunia

Pulau Padar memiliki air laut yang begitu jernih, dengan ombak yang tenang. Bahkan dari atas puncak, air lautnya tampak begitu biru dan indah. Sekilas tampak dalam, namun jika didekati, tetap ada bagian yang dangkal dengan air bergradasi.

Wisatawan dapat melakukan snorkeling atau diving di perairan pulau ini. Kurang lebih terdapat 42 spot diving yang bisa dicoba. Salah satu spot yang menjadi favorit wisatawan adalah spot Batu Samsia. Kabarnya, spot ini juga menjadi spot menyelam terbaik kedua di dunia.

Jika tidak ingin menyelam, wisatawan juga dapat berenang. Namun, untuk perlengkapan snorkeling ataupun diving, sebaiknya dipersiapkan sendiri. Atau jika menggunakan jasa wisata, biasanya akan termasuk dalam satu paket wisata.

Lokasi Pulau Padar Manggarai Barat

Pulau cantik ini berlokasi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 43

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini