Beranda Tiket Wisata

TAMAN HEWAN Pematang Siantar Tiket & Koleksi Satwa - November 2020

Taman Hewan Pematang Siantar -THPS
Harga Tiket: Rp25.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Gunung Simanuk Manuk No.2, Teladan,Siantar Baru,Pematang Siantar,Sumatra Utara,Indonesia,21144.

Jika tinggal di kota, hiburan paling praktis memang pusat perbelanjaan atau mall. Namun, sebenarnya ada banyak alternatif destinasi wisata alam dan edukasi yang bisa dijajal bersama keluarga tanpa harus keluar dari suasana kota. Taman Hewan Pematang Siantar yang berada di Pematangsiantar, Sumatera Utara adalah salah satunya.

Taman Hewan Pematang Siantar atau THPS adalah tempat di mana wisatawan bisa melihat dari dekat serta berinteraksi dengan ratusan jenis hewan. Sebagai taman margasatwa terlengkap dan salah satu yang terbaik di Indonesia, THPS adalah destinasi wisata yang menarik, terutama bagi keluarga dan anak-anak.

Tiket Masuk

Untuk mengunjungi THPS, wisatawan dikenakan tarif tiket masuk yang bisa dikatakan tidak murah. Namun, tiket ini hanya berlaku bagi pengunjung di atas usia 2 tahun. Selain itu harganya sebanding dengan fasilitas yang tersedia di dalam kawasan wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp25.000

Baca: FUNLAND MIKIE HOLIDAY Tiket & Wahana Spektakuler

Jam Buka

Kebun binatang ini terbuka untuk umum setiap harinya. Hampir setiap hari tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan dan musim liburan.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Taman Hewan Pematang Siantar

THPS
Taman Hewan Pematangsiantar adalah salah satu taman margasatwa tertua di Indonesia – Foto: Google Maps/1ndragouw

Keberadaan THPS sekarang ini merupakan perkembangan dan perbaikan dari Kebun Binatang Pematangsiantar yang sudah ada sejak tahun 1936. Didirikan oleh seorang ahli zoologi asal Belanda, THPS jadi salah satu taman margasatwa tertua di Indonesia. Setelah masa kemerdekaan, taman ini kemudian dikelola oleh pemerintah daerah setempat.

Baca: Wonders Water World Medan Tiket & Wahana

Seiring berjalannya waktu, pengelolaan menjadi terseok-seok. THPS sempat tidak terurus, begitu juga hewan-hewan di dalamnya. Tahun 1996, Kebun Binatang Pematangsiantar diambil alih pengelolaannya oleh pengusaha swasta. Namanya pun diubah menjadi seperti sekarang ini.

Ratusan Koleksi Satwa

Orangutan sedang bermain di Taman Hewan Pematang Siantar
Kandang orangutan yang luas – Foto: Google Maps/1ndragouw

THPS menjadi rumah bagi ratusan hewan dari berbagai spesies. Ada lebih dari 150 jenis hewan yang tinggal dan dikonservasi di sini. Hewan-hewannya terdiri dari mamalia, aves, dan reptilia. Semua hewan ini tinggal di lahan THPS yang luasnya mencapai 4,4 hektare.

Baca: Siantar Waterpark Tiket & Wahana

Hewan seperti harimau, tapir, gajah, berbagai jenis ular, beruang, dan merak bisa dijumpai di sini. Selain itu, hewan langka seperti harimau Sumatera dan siamang juga ada di sini. Yang lebih menarik, ada buaya tertua yang konon sudah hidup di taman ini sejak pembukaannya pada tahun 1936. Ada juga Liger, hasil persilangan antara singa dengan harimau.

Deskripsi dan informasi tentang hewan-hewan di Taman Hewan Pematang Siantar
Papan edukasi berisi informasi terkait hewan – Foto: Google Maps/1ndragouw

Dengan jumlah hewannya yang sangat banyak, wisatawan bisa menjadikan THPS sebagai sarana wisata hiburan sekaligus edukasi. Anak-anak bisa belajar tentang dunia satwa dengan melihatnya dan bahkan berinteraksi secara langsung. Pengunjung diperbolehkan memberi makan satwa, namun hanya dengan pakan yang sudah disediakan oleh pengelola.

Konservasi Hewan

Sepasang singa di Taman Hewan Pematang Siantar
THPS memiliki konservasi untuk melindungi hewan-hewan langka – Foto: Google Maps/ramlan syarif

Selain menjadi taman hiburan dengan konsep alam, THPS juga merupakan lokasi konservasi hewan. Taman ini jadi salah satu rujukan terbaik dalam pemeliharaan dan perlindungan hewan, baik hewan jinak maupun hewan liar. Tidak hanya kandang-kandang hewan, di sini wisatawan akan menemukan beberapa bangunan sebagai tempat konservasi.

Baca: Wisata Sipinsur Tiket & Pesona Alam

Di sini, hewan-hewan yang membutuhkan perhatian khusus ditempatkan di rumah karantina. Dengan begitu, mereka akan tetap bisa diawasi dan terlindungi. Jika sudah cukup usia dan masa pelatihan, hewan-hewan ini akan dilepas ke alam liar dan dibiarkan berkembang biak untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Rumah Sakit Hewan

Klinik hewan
Klinik hewan yang tersedia dalam kawasan THPS – Foto: Google Maps/Win Gemasih

Tidak hanya jadi rumah bagi hewan-hewan, THPS juga dilengkapi dengan rumah sakit hewan. Rumah sakit ini juga bagian dari sarana pendukung THPS dalam merawat hewan-hewan. Jika membutuhkan perawatan medis, masyarakat umum juga bisa membawa hewan peliharaannya kemari.

Museum Zoologi di Taman Hewan Pematang Siantar -THPS

Museum Zoologi
Beberapa koleksi fosil di museum zoologi – Foto: Google Maps/Joko Yuwono

Ingn melihat hewan buas dari dekat, tapi belum punya nyali? Tenang, THPS juga menyediakan museum yang memajang ratusan hewan-hewan mati yang sudah diawetkan.

Fosil mamalia hingga serangga bisa ditemukan dan diobservasi dari dekat di sini. Tenang saja, semua hewan yang diawetkan di sini legal karena berasal dari hewan yang sudah mati, hasil perburuan resmi, dan sumbangan pribadi.

Piknik

Suasana dalam taman
Suasana asri dan nyaman dengan bangku-bangku dan pepohonan – Foto: GOogle Maps/1ndragouw

Berlibur bersama keluarga ke THPS, jangan sampai keasyikan melihat hewan-hewan hingga lupa waktu. Suasana asri dan teduh memang menghiasi setiap sudut THPS. Aneka tanaman dan pepohonan menciptakan hawa sejuk dan membuat betah pengunjungnya.

Baca: BIMA UTOMO Waterpark Tiket & Wahana

Saat perut mulai keroncongan, silakan menepi ke restoran yang ada di dalam kawasan THPS. Alternatif lain, jadikan kunjungan ke taman ini sebagai waktu berpiknik. Ada banyak area terbuka yang cocok dijadikan tempat piknik dalam kawasan taman satwa terluas di Indonesia ini. Jika lupa bawa tikar, tidak perlu cemas karena banyak yang menyediakan jasa sewa tikar.

Fasilitas

THPS di bawah pengelolaan swasta memiliki fasilitas yang lebih prima. Lahan parkir, toilet, restoran, dan rumah ibadah sudah tersedia di sini. Kios dan penyewaan tikar pun bisa ditemukan dengan mudah.

Lokasi Taman Hewan Pematang Siantar -THPS

Kebun binatang ini terletak di Jalan Gunung Simanuk Manuk nomor 2, Teladan, Kecamatan Siantar Bar, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Meski lokasinya tidak dilewati angkutan umum seperti bis atau elf, namun wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau ojek.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini