KEBUN BINATANG SIMALINGKAR: Tiket Masuk dan Wahana Februari 2024

KEBUN BINATANG SIMALINGKAR MEDAN

  • Harga Tiket Masuk: Rp15.000-Rp20.000
  • Jam Buka: 09.00-16.30
  • Nomor Telepon: +6281977595313
  • Alamat: Jalan Bunga Rampai IV, Kelurahan Simalingkar B, Ujung Labuhen, Medan/Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia, 20353

Kebun Binatang Simalingkar Medan salah satu destinasi wisata keluarga untuk mengenalkan aneka satwa. Kebun binatang ini juga terkenal dengan nama Medan Zoo. Berdiri di areal 30 hektar dengan nuansa alami karena lebatnya pepohonan di sekitar kawasan. Terdapat ratusan aneka satwa mulai dari mamalia, reptil hingga aves.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Simalingkar

Medan Zoo membanderol harga tiket masuk yang masih terjangkau mulai dari Rp15.000 – Rp20.000. Berikut list harga tiket masuk:

Jenis Tiket Harga Tiket
Tiket Masuk Senin – JumatRp15.000
Tiket Masuk Sabtu, Minggu & Hari LiburRp20.000
Harga Tiket Masuk Medan Zoo

Baca: FUNLAND MIKIE HOLIDAY Tiket Masuk & Wahana Spektakuler

Jam Buka Medan Zoo

Kawasan wisata kebun binatang sudah buka mulai pagi hingga sore hari. Wisatawan bisa berkunjung kapan saja karena Medan Zoo buka setiap hari.

Hari Jam Buka
Senin – Jumat 09.00 – 16.30
Sabtu, Minggu dan Hari Libur08.30 – 17.30
Jam Buka Medan Zoo

Pesona Kebun Binatang Simalingkar Medan

Kebun Binatang Simalingkar Medan memiliki banyak pesona yang sayang untuk dilewatkan. Suasana alam yang masih asri, lingkungan hutan dengan lebatnya pohon-pohon, serta lengkapnya koleksi berbagai aneka satwa.

Melihat Aneka Satwa

Salah satu koleksi dari Medan Zoo yaitu harimau benggala- fery malau
Salah satu koleksi dari Medan Zoo yaitu harimau benggala yang sedang berendam (foto: Google Maps/ fery malau)

Medan Zoo memiliki koleksi satwa yang jumlahnya ratusan dari tiga Kingdom utama yaitu mamalia, reptil dan juga aves. Kelompok mamalia yang menjadi ciri khas dari kebun binatang ini yaitu Gajah Sumatera. Gajah Sumatera sendiri adalah sub spesies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di pulau Sumatera. Gajah Sumatera memiliki postur lebih kecil dibandingkan Gajah India.

Sedangkan untuk mamalia wisatawan bisa melihat Harimau Sumatera dan Benggala. Kemudian untuk mamalia lainnya terdapat Beruang, Kucing Emas, Rusa, Kera, Orangutan dan lain sebagainya. Sedangkan kelompok reptil terdapat berbagai jenis Ular, Buaya dan jenis reptil lainnya.

Sementara pada kelompok aves (unggas dan burung), hampir semua jenisnya lengkap ada di sini. Dari burung Merak, Rajawali, Jalak bali, Elang hingga Kakatua. Diperkirakan ke depannya, koleksi satwanya akan terus bertambah mengingat destinasi ini sedang dalam pengembangan.

Baca: Rahmat International Wildlife Museum Tiket Masuk & Koleksi

Piknik Sembari Olahraga

Pengunjung dapat merasakan sensasi naik gajah di Kebun Binatang Simalingkar Medan - Fery Malau
pengunjung yang lelah berjalan dapat menggunakan wahana naik gajah pada area tertentu (foto: Google Maps/Fery Malau)

Medan Zoo juga terkenal sebagai tempat wisata yang akan mengajak pengunjungnya berolahraga. Pasalnya area wisata ini sangat luas. Jika dilihat dari denahnya, jarak satu kandang ke kandang berikutnya terbilang cukup jauh. Beberapa di antaranya, bahkan ada yang berjarak hingga 1 km. Lahannya yang luas serta kontur bergelombang serasa naik turun bukit.

Namun kelelahan akan terbayar dengan suguhan suasana hutan yang masih asri. Terdapat banyak pohon besar dan lebatnya area hijau yang memanjakan mata pengunjung. Keberadaannya yang jauh dari keramaian kota menjadikan suasananya tenang. Udaranya pun masih sangat sejuk dan segar. Bahkan beberapa sungai kecil akan menjadi rute yang dilalui.

Bagi yang merasa kelelahan, dapat menggunakan jasa tunggangan kuda, delman dan juga gajah. Namun, tumpangannya hanya dapat digunakan di beberapa area saja tanpa dapat mengelilingi seluruh kebun binatang.

Baca: BIMA UTOMO Waterpark Tiket Masuk & Wahana

Wahana Outbond Menantang dan Seru

arena outbond di medan zoo - Montana Alam Raya Indonesia
wahana outbond yang dapat digunakan oleh pengunjung (foto: Google Maps/ Montana Alam Raya Indonesia)

Hal menarik lainnya dari kebun binatang ini yaitu adanya wahana outbond. Terdapat fasilitas untuk menyalurkan hobi untuk uji adrenalin dan ketangkasan. Yaitu berbagai wahana flying fox, trampolin dan juga aral lintanng. Flying fox sendiri terdapat dua jenis yaitu flying fox dengan lintasan meluncur biasa dan meluncur lebih ekstrem.

Kemudian untuk trampolin biasa dimainkan oleh anak-anak untuk memuaskan diri berlompat-lompatan. Sementara aral lintang, berupa jembatan tali dan jaring untuk mendapatkan pengalaman  atraksi layaknya ninja. Meskipun wahana ini terbilang murah, namun standar keamanan peralatannya tetap profesional.

Taman dan Spot Selfi

salah satu spot foto yang dapat digunakan untuk selfie para pengunjung - eka mirani
pengunjung yang hobi selfie dapat menggunakan spot foto yang disediakan (foto: Google Maps/ Eka Mirani)

Salah satu wahana menarik dari kebun binatang ini yaitu adanya area taman dengan beragam spot selfi. Pengunjung dapat menikmati aliran sungai, taman bunga dengan aneka ragam tanaman. Bahkan spot tambahan sengaja dibuat untuk latar foto yang menawan.

Sementara bagi para penyuka fotografi tempat ini juga dapat menjadi jawabannya. Hamparan alam yang luas dengan suasana hutan asri tentu dapat menjadi objek buruan untuk diabadikan. Sehingga hasil foto suasana hutan dapat diambil tanpa bersusah payah pergi menuju hutan asli.

Fasilitas

Kebun binatang kebanggaan kota Medan ini, memiliki berbagai fasilitas pendukung untuk membuat pengunjung betah berlama-lama. Beberapa di antaranya yaitu tempat parkir luas, toilet, musala, kantin, wahana outbond, dan wahana permainan anak.  Seperti perosotan, ayunan, odong-odong, dan kuda putar.

Lokasi Kebun Binatang Simalingkar

Kebun Binatang Simalingkar sebelumnya berada di Jalan Brigjen Katamso, Kampung Baru, Medan Maimun. Lalu sejak tahun 2005, keberadaannya telah di pindahkan ke Jalan Bunga Rampai IV, Simalingkar B, Ujung Labuhen, Medan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

Berikan Rating

4.6 - 47 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: