Beranda Tiket Wisata

VIHARA AVALOKITESVARA Pesona Kwan Im Setinggi 22 Meter - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Vihara Avalokitesvara : GratisJam Buka: 10.00 - 17.30No Telp: -Alamat: Jl. Gn. Pusuk Buhit, Karo, Siantar Selatan, Pematang Siantar, Sumatera Utara, Indonesia, 21131

Vihara Avalokitesvara salah kompleks wihara yang berada di Siantar Sumatra Utara. Wihara ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan yang lainnya. Keunikan tersebut yaitu adanya sebuah patung Dewi Kwan In raksasa yang menjulang tinggi. Patung dewi ini memiliki tinggi 22,8 meter dan berwarna kelabu.

Tidak hanya sebagai tempat beribadah bagi umat Buddha, wihara ini juga menjadi tempat wisata. Pengunjung bisa melihat-lihat beberapa bangunan dan berkeliling di ruang terbuka. Di sini bisa ditemukan patung 12 shio, penjaga patung Dewi Kwan In, dan sebuah taman. Kemudian di dekat area patung, terdapat wihara dengan arsitektur klasik kuno, sebuah lonceng raksasa serta roda doa.

Harga Tiket Masuk Vihara Avalokitesvara

Untuk masuk ke wihara tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Hanya perlu menyiapkan biaya jika ingin membeli makanan. Lalu, jika membawa kendaraan pribadi ke sini, pengunjung tidak dikenakan biaya parkir.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masukgratis
Parkirgratis

Baca: TAMAN HEWAN Pematang Siantar Tiket & Koleksi Satwa

Jam Buka Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara terbuka untuk umum setiap hari dari pagi hingga sore.

Jam Operasional
Setiap hari10.00-17.30

Patung Dewi Kwan In yang Memesona

Patung Dewi Kwan In dan lonceng raksasa
Di Vihara Avalokitesvara Sumatra Utara, terdapat sebuah patung Dewi Kwan In setinggi 22,8 meter. Foto: Google Map/Abdul Rahman Batubara SH

Vihara Avalokitesvara adalah salah satu komplek wihara indah yang ada di Siantar. Keindahan tersebut semakin bertambah dengan berdirinya Patung Dewi Kwan In yang sedang berdiri di atas bunga Padma. Ukuran patung ini terbilang sangat tinggi dibandingkan dengan patung-patung dewa atau dewi lain yaitu setinggi 22,8 meter. Terbuat dari batu granit yang berasal dari RRC dan resmi berdiri pada tahun 2015.

Selain sangat tinggi, patung ini juga memiliki berat 1.500 ton. Dengan warnanya yang kelabu, kesan klasik dan kuno yang kuat timbul dari patung sang dewi. Pembangunan patung dewi cinta dan kasih sayang ini berlangsung selama 3 tahun. Di sekelilingnya terdapat patung lainnya yang merupakan penjaga dari dewi serta patung 12 shio.

Lalu tak jauh dari patung terdapat 4 patung dewa dan masing-masing memiliki ekspresi yang berbeda. Ekspresi tersebut yaitu marah, tegang, datar, serta bahagia. Kemudian di area bawah, berdiri patung Dewi Kwan In dalam bentuk yang kecil.

Baca: SIANTAR WATERPARK Tiket & Wahana

Melihat Keindahan Vihara Avalokitesvara

Arsitektur bangunan Vihara Avalokitesvara
Vihara Avalokitesvara terdiri dari sebuah komplek vihara yang memiliki 4 bagian dengan bangunan yang memiliki arsitektur kuno klasik. Foto: Google Map/Kuni Boy

Vihara ini terdiri dari kompleks rumah peribadatan yang terbagi atas 4 bagian. Bagian-bagian tersebut yaitu Dhammasala, Kuthi, Uposathagara, dan Bhavana Sabha. Lalu, di sini juga terdapat sebuah lonceng serta roda doa yang letaknya tak jauh dari patung Dewi Kwan In. Selain itu terdapat sebuah taman lengkap dengan sungai kecil dan sebuah jembatan.

Apabila berwisata ke sini, pengunjung harus menjaga tata krama serta jangan berbuat gaduh. Tidak semua bangunan bisa dimasuki oleh masyarakat umum. Karena beberapa area khusus sebagai tempat untuk beribadah bagi penganut Buddha. Tempat-tempat yang bisa dikunjungi misalnya area patung di dekat tangga, bangunan terbuka, dan taman.

Dapat Penghargaan dari MURI

Patung Dewi Kwan In yang berdiri di wihara ini salah satu bangunan tertinggi di Asia Tenggara. Dengan keunikannya tersebut membuat wihara ini terkenal dan mengantarkannya meraih penghargaan dari MURI. Hal itu membuat semakin banyak wisatawan dari Sumatra Utara maupun luar daerah berdatangan ke sini.

Di Sumatra Utara sebenarnya banyak bangunan wihara yang sangat indah, misalnya Maha Vihara Samiddha Bhagya. Selain itu, ada pula wihara lainnya yaitu Whira Ahock Tek Shu dan Kelenteng Sukong. Namun, banyak wisatawan yang tetap datang ke Vihara Avalokitesvara karena rekor dari MURI.

Banyak Area Berfoto Instagramable

Patung 12 shio yang dibangun berjajar
Salah satu tempat berfoto yang instagramable di Vihara avalokitesvara yaitu di salah satu patung 12 shio yang dibangun berjajar. Foto: Google Map/Toni Hadi Wibowo

Salah satu kegiatan wajib selama berkunjung ke sini yaitu berfoto di area wihara . Tempat yang sering menjadi lokasi berfoto yaitu Patung Dewi Kwan In yang besar dan tinggi menjulang. Agar patung dewi tersebut bisa seluruhnya masuk ke dalam frame, ambil foto dari agak jauh dengan angle dari bawah. Foto akan terlihat semakin indah ketika berpadu dengan warna langit yang biru dan cerah.

Kemudian lokasi lainnya yang tak kalah apik yaitu di patung 12 shio yang berada di dekat tangga. Pengunjung bisa memilih patung shio yang sesuai dengan tanggal kelahiran dan berfoto bersama. Selain itu, di depan wihara dengan arsitekturnya yang klasik pengunjung bisa mendapatkan foto yang menawan.

Lalu di area taman bisa mengambil foto di atas jembatan yang berdiri di atas sungai kecil. Tempat lain yang bagus menjadi sebagai objek berfoto yaitu di depan lonceng raksasa serta roda doa.

Fasilitas di Vihara Avalokitesvara

Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap seperti toilet, objek berfoto, dan tempat untuk parkir kendaraan.

Lokasi Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara berlokasi di Jalan Pusuk Buhit, Karo, Siantar Sel, Pematang Siantar, Sumatra Utara. Letak wihara ini berada di pusat Kota Pematang Siantar dan mudah ditemukan di Google Map. Jika berangkat dari Medan, pengunjung akan menempuh perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam. Untuk bisa sampai ke sini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 24

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini