Wisata Sipinsur Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 07.00 - 23.00 No. Telepon: - Alamat: Parulohan,Paranginan,Humbang Hasudutan,Sumatra Utara,Indonesia,22476.

Wisata Sipinsur adalah Geopark di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.213 mdpl. Kawasan wisata ini menjadi tempat terbaik untuk melihat keindahan Danau Toba dari sisi yang berbeda. Tempat ini menyajikan udara yang sangat sejuk dan kawasannya penuh pepohonan pinus.

Luas area tamannya sekitar 2 hektar. Letaknya di Desa Paerung, Humbang Hasundutan. Aksesnya tidaklah sulit dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dari Bandara Silangit.

Harga Tiket Masuk Wisata Sipinsur

Untuk menikamti keindahan hutan pinus dan danau Toba dari kawasan ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket atau gratis.

Harga Tiket Masuk Wisata Sipinsur
Tiket Masuk Gratis

Baca: Siantar Waterpark Tiket & Wahana

Jam Buka

Kawasan wisata alam ini bisa dikunjungi setiap hari. Baik hari biasa maupun akhir pekan. Buka mulai pagi hingga malam hari.

Waktu operasional
Senin – Minggu 07.00 – 23.00

Daya Tarik Wisata Sipinsur

Pemandangan danau toba dari Geopark Sipinsur
Keindahan danau Toba yang dikeliling pohon pinus menjadi sajian utama wisata Geopark Sipinsur. Foto: Google Maps/CB Kusmaryanto

Dataran tinggi Sipinsur di Kabupaten Humbang Hasundutan kian populer. Hampir setiap akhir pekan sejumlah wisatawan dan komunitas datang dan menggelar berbagai acara.

Untuk menuju kawasan wisata ini, wisatawan dapat melalui Jalan Sidikalang-Medan dan Jalan Lintas Sumatera Sumatra. Sebagai alternatif, wisatawan dapat naik pesawat terbang menuju Bandara Silangit.

Baca: Geopark Ciletuh Sukabumi Tiket & Pesona Alam

Biasanya, wisatawan mengabadikan pemandangan Danau Toba dari ketinggian bukit. Kemudian melanjutkannya dengan mencari tempat foto lain yang juga berlatar alam. Berbagai aktivitas wisata di sini terutama berkaitan dengan konsep alamnya. Beberapa daya tarik wisata antara lain:

Menikmati Panorama Danau Toba dari Ketinggian

Pemandangan indah Danau Toba
Pemandangan indah Danau Toba dari Wisata Sipinsur Humbang Sumatera Utara. Foto : Google Maps/Chacha Momon

Keunggulan Geopark Sipinsur adalah pemandangannya yang luar biasa untuk melihat Danau Toba. Dari sudut Sipinsur, danau terbesar di Asia Tenggara itu tampak memukau dan mempesona.

Lokasi wisata ini merupakan bagian dari dataran tinggi Humbang Hasundutan Langit biru dan awannya indah. Suguhan lanskapnya sangat indah dengan pegunungan dan dataran di tepi danau.

Hembusan anginnya menemani wisatawan menikmati momen menikmati panorama danau. Namun saat kabut turun, wisatawan tidak dapat melihat Danau Toba dari kawasan dataran tinggi ini.

Relaksasi di Kawasan Pepohonan Pinus

Kabut turun di antara pepohonan pinus di kawasa Wisata Sipinsur Humbang Sumatera Utara
Kabut turun di antara pepohonan pinus di kawasan Wisata Sipinsur Humbang Sumatera Utara. Foto : Instagram/yulianamiranda73

Selain panorama Danau Toba, Taman Sipinsur juga memiliki vegetasi pepohonan pinus. Area ini menjadi tempat yang tepat untuk relaksasi bagi wisatawan. Karena wisatawan dapat menikmati kerimbunan pohon pinus dan merasakan kesegaran anginnya.

Hembusan angin membawa aroma pinus dan suara gemerisik hempasan pohon berdaun jarum tersebut. Vegetasi asri alam pegunungan membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Foto Menawan Berlatar Danau Toba

Salah satu gardu pandang sekaligus spot foto berlatar danau Toba
Salah satu gardu pandang sekaligus spot foto berlatar danau Toba. Foto : Google Maps/Robez Vudson

Kawasan yang termasuk dalam salah satu Geosite Kaldera Toba ini merupakan buruan para pecinta fotografi. Wisatawan yang datang akan sangat antusias mengabadikan momen liburan mereka. Apalagi dengan latar pemandangan utama Danau Toba.

Banyak spot menarik juga telah dibangun di tempat ini. Contohnya, sebuah gardu pandang berbentuk bagian perahu. Spot di tepi tebing ini menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan. Dengan duduk di tempat ini, akan terlihat latar Danau Toba dengan keindahan panorama alamnya.

Baca: Wonders Water World Medan Tiket & Wahana

Selain keindahan Danau Toba, hutan pinus juga menjadi daya tarik untuk latar foto wisatawan. Setiap sudutnya indah dan menarik untuk diabadikan sebagai foto bertema outdoor. Lokasi hutan pinus bahkan dijadikan sebagai latar sesi pemotretan pranikah.

Berkemah di Kawasan Wisata Sipinsur

Tenda pengunjung yang berkemah
Kondisi alam dan suasana Wisata Sipinsur Humbang Sumatera Utara menjadi tempat ideal untuk berkemah. Foto : Google Maps/Sohib Camp

Keunggulan lain kawasan wisata Sipinsur ini adalah untuk berkemah. Suasana dingin dengan pemandangan yang sangat indah menjadi alasan utama nya. Wisatawan yang ingin berkemah dapat menggunakan fasilitas penyewaan tenda yang tersedia.

Camping groundnya  sangat luas dan bisa digunakan wisatawan yang ingin bermalam. Dengan bermalam, wisatawan dapat menyaksikan keindahan pantulan cahaya terbenamnya matahari di Danau Toba. Keesokan harinya, keindahan lain dari terbitnya matahari menjadi suguhan pagi yang sangat memukau.

Baca: Funland Mikie Holiday Tiket & Wahana

Kawasan ini akan sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai kegiatan hiking dan treking. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan menyusuri hutan pinus dan perbukitan di dekatnya.

Fasilitas Taman Sipinsur

Area Sipinsur juga menyediakan playing ground bagi wisatawan. Wahana bermain ruang terbuka ini berada di tengah kerimbunan pohon pinus. Suasanya teduhnya sekaligus memberikan ketenangan untuk melepas lelah dan penat.

Pemerintah Kabupaten juga membenahi berbagai fasilitas pendukung. Salah satunya penyediaan jaringan internet gratis. Hal ini bertujuan untuk memudahkan wisatawan yang suka mengunggah hasil jepretan mereka ke jejaring sosial.

Akses jalan menuju Taman Sipinsur pun sudah cukup baik. Wisatawan dapat menuruni lereng bukit dengan ratusan anak tangga yang dikabarkan terpanjang di Asia Tenggara. Pagar dan pegangannya terbuat dari besi yang disediakan di sisi kiri dan kanan tangga.

Lokasi Wisata Sipinsur Geopark

Geopark ini berada di Desa Parulohan, Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Berjarak kurang lebih 38 Km dari kota Balige.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent4,50 | 2 Pembaca

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here