Beranda Tiket Wisata

TAMAN HIJAU Balangan Tiket & Ragam Aktivitas - November 2020

Taman Hijau Balangan
Harga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Lingsir,Paringin Selatan,Balangan,Kalimantan Selatan,Indonesia,71662.

Taman Hijau Balangan digadang-gadang sebagai ruang terbuka hijau yang paling luas di wilayah Paringin. Destinasi wisata taman ini difavoritkan wisatawan karena berada di lokasi strategis dengan akses mudah.

Di sini, wisatawan dapat menemukan panorama alami dataran tinggi dengan kesejukan udaranya. Berbagai fasilitas juga melengkapi area taman sebagai tempat rekreasi maupun berbagai aktivitas lainnya.

Harga Tiket Masuk Taman Hijau Balangan

Harga tiket masuk
Senin – JumatRp. 5.000
Sabtu, Mingu, hari liburRp. 10.000
parkir kendaraanRp 3.000

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Balangan

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Setiap hari24 Jam

Ragam Aktivitas Menarik Di Taman Hijau Balangan

Taman Hijau Balangan Kalimantan Selatan - GOLD D ROGER
Kawasan taman dengan jalur setapak warna-warni – Foto : GoogleMaps/GOLD D ROGER

Taman Hijau Balangan dibuka tanpa batasan waktu, namun sore hari merupakan waktu favorit. Taman ini berada di tepi ruas Jalan Trans Kalimantan Selatan – Kalimantan Tengah. Berada di lokasi yang strategis membuat taman ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan. Seperti bersantai ria, berkumpul bersama komunitas, mengajak anak-anak bermain, hingga berolahraga.

Rekreasi Santai di Taman Hijau Balangan

Wisatawan bersantai di area taman
Menikmati waktu santai di taman dengan membaca buku ataupun bermain musik – Foto : Instagram/shelsajansen

Taman Hijau Balangan menjadi tempat untuk rekreasi santai bersama rekan dan keluarga. Ruang terbuka hijau Balangan ini banyak dikunjungi saat hari menjelang sore setiap harinya. Terutama pada akhir pekan dan masa liburan, destinasi favorit di Balangan ini semakin ramai. Kawasannya yang menghijau dengan desain dan banyak ornamen unik menjadi daya tariknya.

Pada salah satu bagian taman, terdapat spot tribun dengan tempat duduk menurun setengah lingkaran. Bagian tengahnya dapat dijadikan sebagai panggung, sedangkan tempat penonton menjadi tempat duduk wisatawan.

Di sini, wisatawan biasa berkumpul, berbincang, dan bersantai bersama rekan maupun keluarga. Suasananya yang tenang memberikan kenyamanan dan efek relaksasi. Wisatawan dapat duduk santai menikmati suasana taman, bermain musik, ataupun membaca buku.

Kawasan Taman Hijau Balangan Yang Asri

Area taman dipenuhi rumput dan bunga warna-warni
Menyusuri area Taman Hijau Balangan yang asri – Foto : GoogleMaps/Siti Norlatifah

Keunikan desain taman telah nampak dari luar area pada bagian depan. Ornamen pada bagian depan dan tampilan luar taman ini memang dibuat eye catching. Tampilan taman hijau yang ditata dan dibuat semenarik mungkin bertujuan untuk menarik minat wisatawan.

Memasuki areanya, pemandangan rimbunnya pepohonan dengan aneka tanaman hias tersaji di sini. Di sini, wisatawan dapat menghirup udara segar serta menikmati suasana teduh dari rindangnya tumbuh-tumbuhan. Areanya cukup luas dengan fasilitas yang tertata dengan baik sehingga menciptakan kenyamanan bagi wisatawan.

Taman Hijau Balangan juga menawarkan nuansa khas dari warna-warni pada beberapa areanya. Beraneka motif menarik seperti karakter kartun, bunga, hingga motif abstrak diukir untuk menghiasi taman. Areanya juga dilengkapi dengan lampu-lampu hias, tempat berteduh, dan tempat-tempat duduk bagi wisatawan beristirahat.

Menikmati Panorama Alam

menara pandang melihat taman hijau balangan dari ketinggian
Naik ke menara pandang untuk melihat panorama taman dari ketinggian – Foto : Instagram/adam_bakri_411

Duduk berteduh di bawah pepohonan rindang, wisatawan dapat menikmati pemandangan taman yang asri. Menjadi lokasi perpaduan dataran tinggi dan dataran rendah, wisatawan tak hanya disuguhi suasana taman. Wisatawan juga dapat menikmati nuansa dataran tinggi yang alami dari area taman.

Wisatawan juga dapat naik ke atas menara pandang untuk mendapatkan sudut pandang lebih baik. Sesampainya di atas, wisatawan akan disajikan indahnya panorama alam dari ketinggian. Hutan rimbun yang menghijau subur terhampar menyejukkan pandangan dan menyegarkan pikiran wisatawan.

Area Bermain Anak di Taman Balangan

Arena bermain anak-anak dengan wahana peluncuran
Area bermain anak yang dilengkapi wahana peluncuran – Foto : GoogleMaps/Teguh Susanto

Sebagai ruang terbuka hijau, area taman juga dilengkapi dengan wahana permainan anak. Di samping spot panggung tribun terdapat beberapa permainan anak-anak seperti seluncuran dan ayunan. Tersedia juga beberapa fasilitas permainan outbond anak yang dapat melatih kreatifitas.

Wadah Komunitas Minat dan Bakat

Area Taman Hijau Balangan Kalimantan Selatan - nisyaasa 12
Area dengan tribun penonton yang berbentuk tangga menurun – Foto : GoogleMaps/nisyaasa 12

Taman Hijau Balangan sering dijadikan tempat bagi komunitas terutama kalangan muda untuk berkumpul. Taman ini menjadi ruang interaksi publik dan wadah bagi berbagai aktivitas positif. Destinasi ini sekaligus sebagai wahana pembelajaran serta pengembangan minat dan bakat.

Layanan Internet Gratis

Layanan internet gratis yang diberi nama Sanggam Wifi telah tersedia di sini. Akses bebas koneksi ini melengkapi fasilitas taman sebagai sarana yang bersifat edukatif. Hal ini sangat berguna terutama bagi beberapa komunitas positif yang sering beraktivitas di taman.

Wisatawan dapat memanfaatkannya untuk banyak hal seperti pencarian informasi untuk menunjang kebutuhan data. Wisatawan juga dapat langsung mengunggah konten-konten seperti swafoto sehingga turut mempromosikan Taman Hijau Balangan.

Olahraga di Taman

Tak hanya aktivitas wisata, di sekitar taman wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan olahraga. Fasilitas seperti jogging track disediakan sebagai jalur olahraga lari maupun berjalan sehat bagi wisatawan.

Udara yang sejuk dan bersih di area taman juga menjadi salah satu faktor pendukung. Wisatawan juga dapat bersepeda untuk kesehatan sekaligus menjelajah kawasan taman.

Santap Kuliner

Di samping area parkir, wisatawan dapat menikmati aneka sajian pilihan. Para pedagang kaki lima berjajar menjajakan aneka makanan dan minuman.

Pemerintah setempat telah merencanakan penataan pedagang dan warung-warung. Tempat khusus sebagai sentra kuliner disiapkan agar memperindah tampilan kawasan taman. Lokasinya pun cukup strategis dan mudah dijangkau sehingga wisatawan tetap merasa nyaman.

Berbagai Sudut Objek Foto Cantik

Sudut foto rumah panggung dengan konsep unik
Salah satu sudut foto rumah panggung dengan konsep unik – Foto : Instagram/nunuyworld15

Taman Hijau Balangan memiliki banyak sudut menarik yang menjadi incaran wisatawan untuk mengabadikan momen. Latar alami dengan pepohonan yang hijau rimbun dan tanaman memberikan kesan asri. Ornamen-ornamen taman dengan warna-warni dan motif yang unik pun menjadi spot pilihan untuk berfoto.

Fasilitas

Taman Hijau Balangan merupakan ruang terbuka hijau yang paling luas di Paringin. Letaknya berdekatan dengan islamic center Masjid Al-Akbar dan Pasar Paringin. Pembenahan dan penataan terhadap taman terus dilakukan oleh pemerintah setempat secara bertahap.

Kawasannya telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti area parkir. Beberapa fasilitas seperti aula dan alat pembuatan pupuk organik pun akan ditambahkan. Di sekitar taman juga terdapat halte bus sebagai sarana pendukung transportasi wisatawan.

Lokasi Taman Hijau Balangan

Destinasi wisata ruang terbuka hijau ini berada di Jl. Ahmad Yani Km 2,5, Batu Piring, Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan 71662.

Berada di tepi ruas jalan trans Kalimantan Selatan – Kalimantan Tengah, lokasinya mudah diakses. Dari Bandara Syamsudin Noor jaraknya sekitar 200 kilometer atau sekitar 4-5 jam perjalanan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini