Beranda Tiket Wisata

KIRAM PARK Banjar Tiket & Aktivitas - November 2020

Kiram Park
Harga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000 Jam Buka: 06.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Kiram,Karang Intan,Banjar,Kalimantan Selatan,Indonesia,70852.

Kiram Park merupakan objek wisata alam dengan keindahan pemandangan perbukitan sebagai latar utamanya. Diambil dari nama desa di mana wisata berada, taman wisata alam ini mencakup wilayah cukup luas. Di sini, wisatawan disajikan suasana khas pegunungan dengan hawa sejuk dan segar.

Harga Tiket Masuk Kiram Park

Harga tiket masuk
Motor Rp5.000
MobilRp10.000
Sewa Penginapan per malam
Penginapan SederhanaRp. 300.000
VilaRp. 600.000

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Banjar

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Senin – MingguPk. 06.00 – 17.00

Ragam Aktivitas Wisata Di Kiram Park Banjar

Taman wisata alam ini selalu diramaikan oleh wisatawan, terlebih di akhir pekan dan masa liburan. Banyak di antara wisatawan datang dengan mobil pribadi maupun bus bersama rombongan.

Panorama alam merupakan sajian utama bagi wisatawan saat berlibur ke destinasi ini. Kondisi kawasan yang masih alami memungkinkan untuk dilakukannya berbagai aktivitas wisata di tempat ini.

Kiram Park Dengan Pemandangan Pegunungan Memukau

Welcome to Kiram tertulis besar di lereng bukit
‘Welcome to Kiram’ tertulis besar di antara vegetasi lereng perbukitan – Foto : Instagram/elsakemala

Pembangunan di Kiram membuat daerah yang dulunya terisolir kini memiliki akses yang baik. Menuju lokasi, wisatawan akan melalui infrastruktur jalan yang dibangun dengan berkualitas. Plang penunjuk jalannya pun dibuat layaknya yang ada di jalan nasional maupun tengah kota.

Baca: Wisata Situ Mustika Yang Sejuk Dan Asri

Di sisi kiri kanan, wisatawan akan melihat pemandangan punggung bukit yang menghijau. Suasana khas pegunungan pun telah menyapa bahkan sebelum wisatawan mencapai lokasi wisata. Mendekati destinasi, wisatawan dapat melihat landmark bertuliskan ‘Welcome to Kiram’ di antara hijaunya perbukitan.

Memasuki Area Taman Gubernur

Gerbang masuk di Kiram Park Banjar
Gerbang masuk taman dihiasi ornamen-ornamen khas daerah – Foto : Instagram/tonyloman

Tiba di objek wisata, terlihat ornamen-ornamen khas daerah di sepanjang jalan masuk. Areanya pun tertata baik dan rapi dengan dua jalur jalan bagi kendaraan wisatawan. Destinasi ini memiliki lahan parkir yang luas dengan kapasitas mencapai ratusan kendaraan.

Kiram Park sering disebut sebagai Taman Gubernur karena mendapat polesan tangan dingin Sahbirin Noor. Gubernur Kalimantan Selatan yang lebih akrab disapa Paman Birin. Kiram Park memberikan daya tarik dari keindahan alam dengan dukungan berbagai fasilitas dan sarananya.

Bersantai dalam Suasana Pegunungan

Kiram Park tampaknya memang dibangun untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berlibur ke sini. Lokasinya memiliki banyak tempat untuk bersantai yang telah terlihat saat wisatawan memasuki lokasi.

Bangunan pendopo besar hingga aula pertemuan berukuran cukup besar terbuat berstruktur kayu alami. Gazebo-gazebo yang juga terbuat dari kayu terawat bersih dan nyaman pun tersedia bagi wisatawan.

Menyusuri Taman dengan Kolam

Kolam jernih yang ada di dalam taman
Suasana tenang kolam yang tersedia bagi lokasi kegiatan berkumpul wisatawan – Foto : Instagram/khalil_rahman1493

Desain taman dilengkapi dengan adanya sebuah area taman dengan kolam. Pada bagian tepi kolam, tersedia tangga-tangga sebagai tempat duduk bagi wisatawan. Suasana di tempat ini terasa tenang dan sejuk, jauh dari polusi suara maupun udara.

Lokasi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisatawan untuk mengadakan pertemuan. Di kawasan taman juga terdapat gazebo-gazebo sebagai tempat wisatawan berteduh dan beristirahat.

Panorama Kiram Park

dari Ketinggian Bukit

Panorama dari puncak area pegunungan
Sajian panorama alam hutan dan pegunungan dari puncak Kiram Park – Foto : GoogleMaps/Sany Sofyan

Wisatawan dapat naik ke bagian tertinggi dari taman rekreasi alam ini untuk menyaksikan sajian panoramanya. Destinasi ini memanjakan wisatawan dengan pesona pemandangan alam dari ketinggian. Dikelilingi oleh pegunungan, objek wisata ini memiliki keindahan alam dataran tinggi.

Pada bagian ini, terdapat sebuah bangunan terbuka pendopo yang dibangun dari kayu ulin. Lokasi di atas bukit ini memang disediakan untuk menikmati panorama. Dari tempat ini,  wisatawan dapat duduk santai sambil menikmati suguhan pemandangan hutan luas.

Udaranya sejuk dengan kawasan hijau yang bernuansa asri dan begitu alami. Wisatawan dapat melihat puncak Gunung Mawar dengan sungai-sungai mengalir di sekitarnya. Terkadang kabut tipis turun menyelimuti pegunungan-pegunungan di sekitarnya, menciptakan suasana magis tersendiri.

Replika Kapal Nabi Nuh

Puncak wahana perahu
Bagian ujung ‘Kapal Nabi Nuh’ menjadi spot foto favorit wisatawan – Foto : Instagram/miftaharjunahana1

Dibangun di puncak pegunungan yang lebih tinggi, Kiram Park memiliki sebuah replika kapal. Dengan bentuk dan letaknya, spot menarik ini diberi nama ‘Kapal Nabi Nuh’.

Bagian ujung replika kapal ini menjadi titik favorit wisatawan untuk duduk menikmati panorama. Berlatar pemandangan alam pegunungan serta hutan menghijau, lokasi ini merupakan favorit wisatawan untuk swafoto.

Berenang

Menjadi lokasi wisata keluarga, taman ini merupakan destinasi yang ramah anak. Wisatawan dapat mengajak anak-anak untuk berenang di kolam renang yg nyaman. Berada dalam kawasan wisata, kolam ini juga memiliki air mancur layaknya air terjun mini.

Bermain di Anak Sungai

Bermain di anak sungai di Kiram Park Banjar Kalimantan Selatan - nitajafraa_
Bermain di anak sungai yang mengalir di kawasan taman memberikan kesegaran bagi wisatawan – Foto : Instagram/nitajafraa_

Sungai dan anak sungai mengalir di sekitar kawasan perbukitan Kiram. Wisatawan juga dapat bermain di aliran anak sungai yang melintasi destinasi wisata ini. Berasal dari sumber alami, air sungai yang jernih dan bersih terasa begitu sejuk serta menyegarkan.

Bamboo Rafting

Potensi alam Kiram juga menawarkan wisata sungai di mana wisatawan dapat menaiki bamboo rafting. Selama sekitar 45 menit perjalanan, wisatawan diajak mengarungi aliran Sungai Kiram dengan bambu.

Bamboo rafting di sungai Kiram menawarkan pengalaman berpetualang yang menarik dan menantang bagi wisatawan. Sepanjang perjalanan, wisatawan dimanjakan dengan pesona alam yang memukau, salah satunya gunung Pamathon.

Taman Kelinci

Taman kelinci
Taman kelinci menjadi salah satu sarana edukasi terutama bagi wisatawan yang datang bersama anak-anak – Foto : Instagram/khusnull_30

Taman Kelinci meramaikan wahana yang tersedia, khususnya bagi wisatawan dengan anak-anak. Wisatawan dapat masuk ke area ini untuk bermain bersama kelinci-kelinci yang lucu. Bagi anak-anak, bermain bersama kelinci menjadi sarana edukasi untuk mengenal sekaligus menjaga kelestariannya.

Olahraga

Kawasan wisata ini memiliki area lapangan rumput luas di lereng perbukitan. Lokasi ini dapat wisatawan gunakan untuk berbagai keperluan aktivitas bersama atau kegiatan olahraga.

Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di sini yaitu berlatih olahraga panahan. Lokasi ini juga dapat digunakan untuk aktivitas outbond, pelatihan penguatan mental, maupun perkumpulan komunitas.

Wahana ATV

Berbagai wahana terus dikembangkan oleh pengelola. Mengelilingi area taman wisata dan menikmati keindahan pemandangannya, wisatawan dapat mengendarai wahana ATV. Anak-anak pun dapat merasakan keseruan mengendarainya didampingi orang tua maupun keluarga.

Gelaran Event

Kiram Park seringkali menjadi tempat digelarnya berbagai acara tingkat provinsi, nasional bahkan bertaraf internasional. Seperti grand final pemilihan putri pariwisata Kalimantan Selatan dan Deklarasi Geopark Nasional Pegunungan Meratus. Kontes durian asal Kalimantan Selatan pernah digelar sekaligus mengundang wisatawan untuk makan durian gratis.

Jenis sport tourism juga diselenggarakan sekaligus untuk memperkenalkan keindahan destinasi Kiram Park. Gelar ajang gowes X-Treme Kiram merupakan bagian dari rangkaian Festival Kiram. Event olahraga tahunan Almatsay the Legend of Brother bahkan dihadiri ribuan rider.

Tak kalah menarik, berbagai gelaran event bertaraf internasional turut diadakan. Seperti the Uncle Bergerak Hard Enduro South Borneo yang merupakan event olahraga otomotif. Sebagai wadah menampilkan kesenian dan budaya nusantara dan mancanegara digelar South Borneo Art Festival.

Menginap dalam Kawasan Kiram Park

Penginapan di Kiram Park Banjar Kalimantan Selatan - Ayu Ana Inayah Inayah
Penginapan di Kiram Park bertipe vila dan dibangun dari kayu alami – Foto : GoogleMaps/Ayu Ana Inayah Inayah

Menikmati suasana khas pegunungan, wisatawan dapat bermalam di sekitar kawasan wisata. Wisatawan dapat menginap di tempat-tempat penginapan yang berbentuk vila.

Terdapat beberapa vila besar dan belasan lainnya berukuran lebih kecil namun tetap nyaman. Bangunan tempat penginapan tersebut terbuat dari bahan kayu alami, termasuk bagian lantai. Lokasinya berada di tepi padang rumput dengan suasana nyaman, bersih, dan tenang.

Fasilitas Kiram Park

Kawasan wisata Kiram Park merupakan wisata taman hutan dan perbukitan yang memiliki fasilitas berkelas. Lahan parkir tersedia begitu luas dengan akses jalan yang nyaman.

Kawasannya juga memiliki bangunan musola terbuka yang terbuat dari bambu. Diambil dari pegunungan Meratus, bambu langka tersebut memberikan kesan unik dan artistik.

Lokasi dan Akses Wisata Kiram Park

Destinasi wisata alam perbukitan ini berada di desa Kiram, Karang Intan, Banjar, Kalimantan Selatan 70852. Objek wisata ini berlokasi tidak terlalu jauh dengan pusat kota. Waktu tempuhnya kurang dari 1 jam perjalanan dari Kota Banjarbaru. Akses jalannya cukup nyaman dan lancar sehingga mempermudah wisatawan yang datang berlibur.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini