Beranda Tiket Wisata

TELUK TOMINI Tiket & Ragam Pesona - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Teluk Tomini : Rp50.000 - Rp250.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: -, Tomini, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Indonesia, -

Teluk Tomini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Sulawesi. Luas teluk ini yaitu sekitar 6 juta hektare dengan 90 buah pulau yang berada di dalamnya. Teluk ini memiliki pesona alam yang mendunia. Pesonanya terhampar dengan pemandangan lautnya yang indah dan pasir pantai yang putih.

Selain itu, di sini merupakan surga bagi para pecinta kegiatan menyelam. Sebab, laut teluk ini memiliki air yang jernih sebening kaca serta hamparan karang yang luas. Pada karang-karang yang ada di sini, hidup beraneka ragam biota laut.

Tidak perlu khawatir jika tidak membawa peralatan menyelam. Di kawasan teluk ini tersedia beberapa tempat yang menyewakannya. Jika berkunjung ke sini, jangan hanya fokus untuk menyelam. Karena, pemandangan alam di sini sangat sayang jika terlewat.

Selain itu, pengunjung juga bisa memancing di tepi pantai atau menyewa kapal ke tengah laut serta berinteraksi dengan penduduk lokal.

Biaya di Teluk Tomini

Tidak ada biaya untuk masuk ke Teluk Tomini dan area wisata yang ada di dalamnya. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa kapal apabila ingin menyeberang antar pulau. Biaya lain yang harus dipersiapkan jika berkunjung ke sini yaitu biaya sewa alat selam, penginapan, dan biaya untuk membeli makanan.

Tarif Alat Selam
Sewa alat selamRp50.000
Sewa perahuRp250.000

Baca: TAMAN NASIONAL BUNAKEN Tiket & Aktivitas

Jam Buka Teluk Tomini

Teluk Tomini buka setiap hari selama 24 jam. Pemandangan akan sangat indah saat cuaca sedang cerah. Apabila ingin mendapatkan suasana yang lebih tenang, bisa ambil waktu berkunjung saat hari biasa.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Surga Bagi Para Penyelam

Seorang pengunjung yang menyelam di dekat Pulau Togean
Teluk Tomini menjadi surga bagi para penyelam karena pemandangan bawah laut yang dimiliki oleh teluk ini sangat indah. Foto: Google Map/Novi Liana

Teluk Tomini terkenal sebagai surga bagi para penyelam, baik masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Hal ini tak lepas dari pemandangan lautnya yang sangat indah. Airnya yang jernih membuat para penyelam tidak kesulitan melihat saat sedang berada di dalam air.

Di teluk ini terdapat hamparan terumbu karang dan aneka biota laut yang hidup di dalamnya. Biota laut itu di antaranya yaitu ikan gobi, anemon, dan ikan badut. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat lumba-lumba yang sedang berenang bebas di laut.

Ada beberapa tempat yang menarik minat penyelam untuk berkunjung ke sini. Misalmya Karang Salvador dan Kipas Laut Biru. Selain kedua tempat itu, ada juga Taman Laut Olele dan Kepulauan Togean. S

Semua wilayah laut di Teluk Tomini memiliki hamparan terumbu karang yang masih alami dan air yang sebening kaca. Dengan kondisi tersebut, setidaknya terdapat 200 titik untuk menyelam. Dari titik itu, terdapat 30 titik di Gorontalo dan 25 titik di Togean.

Baca: DANAU LINOW TOMOHON Tiket dan Pesona

Bentang Alam di Tepi Pantai

Suasana pantai di salah satu pulau Togean
Keindahan pemandangan dan suasana pantai di Teluk Tomini menjadikan teluk ini sebagai salah satu lokasi wisata untuk melepas penat. Foto: Google Map/Ni Made Ari Pratiwi

Pemandangan di Teluk Tomini tidak perlu menjadi pertanyaan lagi. Memiliki panjang pantai sekitar 1 kilometer. Di sepanjang pantai bisa terlihat pemandangan laut yang menawan. Air laut di sini sangat jernih.

Pada saat siang hari, pemandangan bawah laut bisa terlihat dengan jelas meski tidak masuk ke dalam laut. Dari kejauhan, air laut di teluk ini terlihat biru kehijau-hijauan.

Tidak hanya laut, pasir pantai yang putih dan halus menambah keindahan pemandangan di sini. Jika sudah berada di tepi pantai, pengunjung pasti akan tertarik untuk berenang atau sekadar membasahi kaki.

Hal menarik lain yang terlihat yaitu pemandangan matahari terbit dan terbenamnya. Persiapkan diri minimal 1 jam sebelum waktu munculnya pemandangan tersebut agar tidak terlewat. Matahari terbit di sini sangat dinanti oleh pengunjung. Matahari yang seolah muncul perlahan dari dalam laut akan tampak indah. Air laut akan semakin berkilau karena terkena pantulan cahaya matahari.

Tak kalah dengan matahari terbit, pemandangan matahari terbenam juga sangat menawan. Matahari akan terlihat seolah tenggelam ke dalam laut dan cahayanya perlahan menggelap. Sambil duduk di tepi pantai dan mendengarkan deburan ombak, pengunjung bisa melihat pemandangan yang menakjubkan tersebut.

Pesona Teluk Tomini

Pesona Teluk Tomini di salah satu pulau di Kepulauan Togean
Teluk Tomini memiliki 56 rangkaian pulau sepanjang 90 kilometer dan dikenal dengan nama Kepulauan Togean serta memiliki terumbu karang seluas 1.031. Foto: Google Map/Liro Sairanen

Teluk Tomini berada di wilayah garis khatulistiwa dan garis Wallace-Weber atau garis pembatas penyebaran flora dan fauna Asia. Teluk ini tergolong ke dalam perairan semi tertutup. Kawasannya memiliki 56 rangkaian pulau sepanjang 90 kilometer. Rangkaian pulaunya terkenal dengan nama Kepulauan Togean.

Beberapa pulau yang terkenal di rangkaian tersebut yaitu Pulau Batulada, Una-Una, Waleabahi, Waleakodi, Togean, dan Talatakoh. Tidak hanya pulau yang terkenal saja, pulau-pulau kecil juga ramai oleh wisatawan.

Di sekitar area perairannya terdapat hamparan terumbu karang yang sangat indah. Dengan perkiraan luas dari terumbu karang tersebut mencapai 1.031 hektare. Hal itu membuat teluk ini disebut jantung dari segitiga terumbu karang dunia atau dikenal sebagai heart of coral triangle.

Pesona teluk ini juga bisa terlihat saat air laut sedang surut. Pada waktu tersebut bebatuan besar yang awalnya berada di bawah air bisa terlihat jelas. Untuk memasarkan pesona Teluk Tomini, pemerintah setempat sering mengadakan Festival Teluk Tomini.

Festival ini menampilkan pertunjukan kesenian daerah, contohnya tarian tradisional, dan kawasan wisata kuliner. Kegiatan menarik lain di teluk ini yaitu berinteraksi dengan masyarakat setempat. Masyarakat tersebut salah satunya yaitu suku Bajoe yang merupakan suku pelaut asli Sulawesi. Selanjutnya, pengunjung juga bisa memancing, berenang, atau berkeliling pulau.

Fasilitas di Teluk Tomini

Fasilitas yang tersedia memang masih dalam tahap pengembangan. Di sini tersedia toilet namun dalam jumlah yang terbatas dan letaknya yang agak jauh. Akan tetapi, di sini juga terdapat beberapa penginapan dan warung makan.

Kebanyakan, warung-warung makan di sini menyajikan aneka hidangan laut. Bagi yang ingin menyelam, tersedia beberapa tempat penyewaan peralatan selam. Teluk ini juga menyediakan area parkir yang luas bagi pengunjung yang membawa kendaraan.

Lokasi Teluk Tomini

Teluk Tomini berlokasi di Desa Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Lokasi wisata ini secara administrasi terletak di 3 provinsi yaitu Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

Pengunjung bisa melakukan perjalanan darat dari Bolaang Mongondow menuju ke Gorontalo. Perjalanan itu memakan waktu sekitar 50 menit dengan jalur yang berkelok dan menanjak sedikit. Diharap berhati-hati dalam membawa kendaraan saat melalui jalur tersebut.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 15

Berikan Rating