Beranda Tiket Wisata

TAMAN NASIONAL BUNAKEN Tiket & Ragam Aktivitas - November 2020

Taman Nasional Bunaken
Harga Tiket: Rp50.000 - Rp100.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Liang Beach Bunaken,-,Wori,Sulawesi Utara,Indonesia,-.

Taman Nasional Bunaken merupakan obyek wisata paling populer di Manado, Sulawesi Utara. Taman nasional laut pertama Indonesia ini diresmikan sejak 1991dengan luas mencapai sekitar 89.065 hektar.

Jalur perairan lautnya termasuk wilayah ‘Segi Tiga Emas’ yang menghubungkan laut Filipina, Papua, dan Indonesia. Mempunyai biodiversitas laut tertinggi dunia membuat kawasan lautnya menjadi favorit wisatawan. Kekayaan biota laut dengan konservasi terumbu karang menjadi daya tarik utamanya.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Bunaken

Untuk memasuki kawasan wisata Taman Nasional ini pengunjung bisa memilih 2 opsi tiket masuk. Tiket per sekali masuk atau tiket yang berlaku 1 tahun. Untuk tiket yang berlaku 1 tahun sangat cocok bagi wisatawan yang rutin berkunjung ke Bunaken.

Wisatawan yang membeli tiket untuk 1 tahun, akan mendapat lencana sebagai pengganti tiket.

Tiket masuk kawasan wisata dapat diperoleh dengan membeli di Taman Nasional Bunaken, Manado. Wisatawan juga bisa memperolehnya di counter tiket desa Liang (Pulau Bunaken) atau di Siladen.

Harga Tiket Masuk per orang
Sekali masukRp. 50.000
Berlaku untuk 1 tahunRp. 150.000

Baca: Tempat Wisata Menarik di Manado

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Setiap hari24 jam

Keindahan Taman Laut dan Berbagai Aktivitas di Taman Nasional Bunaken

Taman Laut Nasional Bunaken Wori Sulawesi Utara - Carlos Blanco
Pesona keindahan Taman Laut Nasional Bunaken Wori Sulawesi Utara – Foto : GoogleMaps/Carlos Blanco

Keindahan Taman Nasional Bunaken sangat populer dan telah diakui dunia sejak lama. Momen Ulang tahun taman nasional tersebut semakin spesial dengan menjadikannya sebagai tema Google doodle. Berbagai aktivitas wisata bahari dapat dilakukan wisatawan di kawasan taman nasional laut ini.

Berbagai tindakan preventif ditekankan untuk melindungi keasrian ekosistem alami kawasan konservasi. Wisatawan dilarang menginjak karang dan membuang sampah sembarangan.

Baca: GPI Waterpark Manado Tiket & Wahana

Eksplorasi Keindahan Perairan

naik kapal berkeliling kawasan taman nasional
Taman Laut Nasional Bunaken Wori Sulawesi Utara – Mumu Mukhlisin

Rute perjalanan dari Manado ke Pulau Bunaken dilanjutkan melewati pelabuhan. Menuju Marina Blue Banter dan Marina Nusantara Diving Center, waktu tempuhnya sekitar 30 menit.

Bagi wisatawan yang ingin menjelajah keindahan perairan akan melanjutkan ke titik yang dituju. Sesampainya di Marina Blue Banter, wisatawan masih memerlukan 10-15 menit perjalanan. Menuju lokasi penyelaman, wisatawan akanmenggunakan kapal pesiar.

Mengarungi perairan Taman Laut Bunaken, wisatawan dapat melihat sejumlah pulau besar yang mengelilinginya. Seperti Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dan Pulau Naen. Untuk berkeliling Bunaken, wisatawan bisa menyewa kapal maupun perahu tradisional.

Mencoba Wahana Banana Boat

wahana banana boat di taman nasional bunaken
Mencoba wahana Banana Boar di perairan Taman Laut Nasional Bunaken – Foto : GoogleMaps/Handoko Kaonseng

Menikmati keseruan jelajah perairannya, wisatawan juga bisa mencoba wahana banana boat. Wahana air yang cukup menantang adrenalin ini dapat dicoba bersama rekan maupun keluarga. Berkapasitas lima orang, wisatawan dilengkapi life jacket  selama permainan water sport ini berlangsung.

Menyelam di Taman Nasional Bunaken

menyelami keindahan terumbu karang di taman nasional bunaken
Menyelam menikmati keindahan taman laut yang masih terjaga – Foto : GoogleMaps/ALdi Sirath

Untuk menikmati pesona bawah laut, wisatawan harus menyelam ke dalamnya. Sejak lama, Taman Nasional Bunaken dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk scuba diving. Wisatawan disarankan datang bulan Mei-Agustus karena arus air cukup tenang dengan suhu hangat.

Kawasan yang mempunyai biodiversitas laut tertinggi dunia ini memiliki puluhan titik dengan kedalaman bervariasi. Titik penyelaman berderet dari tenggara hingga barat laut yang mengitari kelima pulau dalam kawasan. Di kawasan ini terdapat 13 jenis dinding karang raksasa yang menjulang vertikal dan melengkung.

Pemandangannya sangat mempesona dengan keunikan terowongan-terowongan mungil bawah laut. Penyelam akan dimanjakan dengan pemandangan ribuan spesies dari sekitar 58 genus ikan. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat penghuni Bunaken yang termasyur yakni penyu sisik Hawksbill.

Snorkeling

Snorkeling Taman Laut Nasional Bunaken Wori Sulawesi Utara - Datuk Bertuah
Snorkeling di perairan Bunaken – Foto : GoogleMaps/Datuk Bertuah

Taman Nasional Bunaken memiliki puluhan titik yang indah yang dapat dinikmati pesona bawah lautnya. Semua lokasi tersebut merupakan surga bagi wisatawan khususnya pecinta snorkeling. Titik-titik lokasinya dihuni ribuan spesies ikan dan ratusan spesies terumbu karang.

Wisatawan juga dapat menjumpai variasi alga maupun rumput laut di perairannya. Spesies alga yang dapat ditemui antara lain Caulerpa, Halimeda dan Padina. Sedangkan spesies rumput laut banyak ditemui seperti Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides, dan Thalassaodendron ciliatum.

Di antara puluhan titik snorkeling, lokasi favorit wisatawan adalah Teluk Lekuan. Di sana adalah habitat penyu raksasa, sekaligus tempat wisatawan dapat memberi makan ikan. Wisatawan juga dapat melihat kapal karam sepanjang 60 meter di kedalaman 200 meter.

Wisata Edukasi dan Konservasi

penyelam sedang mengeksplorasi bawah laut bunaken
Taman Laut Nasional Bunaken berada di pusat segitiga terumbu karang – Foto : GoogleMaps/Rovie Kawilarang

Taman Nasional Bunaken termasuk wilayah ‘Segi Tiga Emaspenghubung laut Filipina, Papua, dan Indonesia. Karena kekayaan alamnya, organisasi internasional bekerja sama menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove. Berperan sebagai wisata edukasi, wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Berada di pusat segitiga terumbu karang, taman ini menjadi kawasan konservasi penting secara global. Ekosistem terumbu karang mempunyai fungsi penting dalam mendukung kelestarian sumberdaya ikan dan organisme laut. Terumbu karang juga berfungsi sebagai pelindung pantai dari aktifitas gelombang dan arus.

Taman Nasional Bunaken yang memiliki fungsi pelestarian keanekaragaman hayati pesisir dan laut. Selain itu juga berfungsi untuk mendukung kehidupan masyarakat dengan mata pencaharian bersumber dari laut. Fungsi lainnya yaitu sebagai pengembangan pariwisata yang banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bermain di Pantai

Pantai-pantai pasir putih di taman nasional bunaken
Bermain voli di atas pepasir pantai Bunaken – Foto : GoogleMaps/Ovi Bayoung

Suasana perairan Nampak begitu indah dilihat dari daratan pesisirnya. Wisatawan dapat bersantai menikmati pesona panorama lanskapnya yang memukau. Menyusuri garis pantai hingga bermain bersama tentu akan menambah kecerian nuansa berlibur.

Berenang

berenang di kejernihan air laut taman nasional bunaken
Air laut yang jernih akan menggoda wisatawan untuk berenang – Foto : GoogleMaps/Max Cardy

Wisatawan yang ingin berenang disarankan untuk datang pagi hari. Dengan begitu, wisatawan dapat menikmati waktu lebih leluasa hingga siang hari. Kawasan ini ramai oleh wisatawan lokal dan mancanegara pada bulan Mei hingga Agustus.

Berenang memberikan kesempatan menikmati keindahan laut dan kekayaan bahari. Air laut di tepi pesisirnya yang jernih akan terasa menyegarkan. Wisatawan juga dapat menemukan biota laut dan terumbu karang dengan warna yang mencolok.

Bersantap Kuliner

Taman Nasional Bunaken memiliki area kuliner dengan beragam hidangan khas. Wisatawan dapat mencicipi Tinutuan, Cakalang Fufu, Sambal Roa, dan aneka menu lainnya. Aneka seafood  segar dipadukan dengan aneka sambal khas Manado, seperti sambal dabu-dabu.

Berburu oleh-oleh

Berbagai tempat pusat oleh-oleh tersebar di Manado terutama sekitar kawasan Taman Nasional. Tempat tersebut dapat menjadi rujukan saat berburu buah tangan bagi rekan dan sanak saudara. Mulai dari pernak-pernik unik dengan ciri khas taman nasional hingga kudapan khas Manado.

Memancing

memancing di sekitar pulau-pulau bunaken
Memancing sambil menikmati panorama sore pesisir pantai taman nasional – Foto : GoogleMaps/Melda Ismail

Lebih dari 90 spesies ikan bisa terlihat di taman nasional ini. Beberapa di antaranya Akoi Putih, Gusimi Lokal, Nila Gasi, Goropa, dan lolosi ekor kuning.

Selain menjadi rumah ikan-ikan menakjubkan, taman laut ini juga habitat bagi ikan-ikan untuk konsumsi. Wisatawan juga dapat memanfaatkan waktu liburan dengan memancing di pesisir. Wisatawan juga dapat naik perahu ke tengah perairan untuk memancing sekaligus menikmati suasana tenang.

Menonton Kemeriahan Festival

Setiap tahunnya, pemerintah setempat mengadakan Festival Pesona Bunaken yang selalu diminati wisatawan asing. Hal ini sebagai upaya dukungan bagi pengembangan pariwisata Taman Nasional Bunaken.

Keindahan Taman Laut Bunaken menjadi incaran wisatawan lokal maupun mancanegara. Kunjungan wisatawan selalu ramai setiap tahunnya. Kemeriahan acara festival yang digelar pun menjadi daya tarik lebih bagi wisatawan.

Mangrove Trail Taman Nasional Bunaken

jalan setapak kayu hutan mangrove
Menyusuri Mangrove Trail di kawasan Taman Laut Nasional Bunaken – Foto : Instagram/kalendesang_wenly

Mengenal lebih dekat kawasan bakau, wisatawan dapat mengunjungi Mangrove Trail Mantehage Island. Pulau Mantehage merupakan pulau dengan area mangrove terluas di kawasan Taman Nasional ini. Hutan bakau tersebar di tepian pantai menjadi habitat kepiting, lobster, moluska, dan burung laut.

Wisatawan dapat menyusuri mangrove trail dan menikmati panorama bakau yang menghijau berlatar birunya laut. Lekuk liuk jalurnya melintasi Desa Bango, Desa Tinongko dan Desa Buhias. Dari ketinggian menara pandang, wisatawan dapat melihat dengan jelas Kolang Lode ditengah pulau.

Fasilitas & Akomodasi Di Taman Nasional Bunaken

Berbagai fasilitas, termasuk penginapan tersedia dengan ragam pilihan. Wisatawan dapat memilih tempat bermalam yang banyak berada di lokasi strategis.

Akomodasi yang tersedia sudah lengkap. Wisatawan tak perlu risau mengenai akomodasi ketika ingin berlibur ke sini. Mulai dari penginapan, tempat makan, sewa alat, moda transportasi bisa didapatkan dengan mudah.

Penyewaan alat selam juga lengkap tersedia beserta instrukturnya. Para instruktur selam pun sudah menguasai bahasa Perancis, Belanda, Inggris, maupun Jerman. Hal ini memberi kemudahan dan kenyamanan bagi wisatawan mancanegara dalam berkomunikasi.

Lokasi Wisata Taman Laut Nasional Bunaken

Taman Nasional ini terletak di perairan laut Bunaken, Wori, Sulawesi Utara. Untuk mencapai Taman Laut Nasional Bunaken, wisatawan dapat menggunakan perahu motor dari Teluk Manado.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini