WISATA MAHONI DEMPOK Tiket & Daya Tarik Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Wisata Mahoni Dempok: Rp 2.000
  • Jam Buka: 07:00 - 18:00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jalan Raya Dempok, Depok, Desa Gampingan, Pagak, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65168

Kabupaten Malang menyajikan sebuah objek wisata indah bernama Wisata Mahoni Dempok. Kawasan ini merupakan sebuah waduk dengan pemandangan yang memesona.

Dengan kolamnya terbentuk secara alami, memiliki pemandangan sekitar yang asri. Tak lepas dari namanya, tempat ini juga dipenuhi degan pohon-pohon mahoni yang meneduhkan.

Di sini, wisatawan dapat bermain dengan wahana yang telah tersedia. Ada sepeda air, perahu, serta spot memancing yang umumnya menjadi favorit pengunjung pria.

Selain itu, di sini juga terkenal akan olahan ikannya yang lezat. Wisatawan bisa menikmatinya sambil duduk santai di gazebo tepian waduk.

Harga Tiket Masuk Wisata Mahoni Dempok

Cukup merogoh tiket yang sangat murah untuk bisa menikmati keasrian wisata ini. Namun, jika ingin bermain dengan wahana yang ada, akan dikenakan tarif tersendiri.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp2.000

Baca: SUMBER UMBULAN Harga Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Wisata Mahoni Dempok

Wisatawan dapat berkunjung dari pagi hari hingga petang. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk bisa menikmati senja dan pemandangan matahari terbenamnya.

Jam Operasional
Setiap hari07:00 – 18:00 WIB

Wisata Populer Malang

Menikmati Indahnya Wisata Mahoni Dempok

Ramai Wisatawan bermain perahu bebek di danau Wisata Mahoni Dempok
Ramai Wisatawan bermain perahu bebek di danau Wisata Mahoni Dempok. Foto: Google Maps/ Rani Fara Yunia

Hamparan danau yang luas dengan air yang tenang dan jernih akan menyambut kedatangan wisatawan. Dari kejauhan, tampak airnya berwarna kehijauan, yang tidak menutupi jernihnya dari permukaan.

Airnya yang tenang dapat memantulkan bayangan apa saja yang ada di atasnya. Bahkan langit biru pun terpantul cantik di permukaan waduk ini.

Permukaan waduk hanya akan bergerak menimbulkan sedikit gelombang ketika ada perahu melintas. Dan samar-samar, ada riak-riak kecil dari dalam perairan yang menimbulkan gelombang.

Yang mana ini biasa disebabkan oleh ikan-ikan yang sesekali muncul di permukaan memakan serangga. Pemandangan semakin tampak asri karena di sekitar waduk terdapat pepohonan rindang.

Pohon-pohon mahoni di sini tumbuh berjajar dengan rapi. Jika diperkirakan, usianya sudah lebih dari 10 tahun. Pohonnya tinggi menjulang dengan batang yang kokoh. Serta daunnya yang lebat dan menaungi area di bawahnya hingga membuat teduh.

Baca: SUMBER MARON Malang: Tiket & Daya Tarik

Berjalan Santai di Area Waduk

Sekitar waduk yang teduh menjadikannya sebagai tempat nyaman untuk berjalan santai. Wisatawan bisa berjalan menyusuri jalan setapaknya. Menyaksikan aktivitas pengunjung lain yang lalu lalang. Atau sekedar menikmati semilir angin yang bertiup santai.

Di sekitar objek wisata juga terdapat pedagang ikan yang menggelar dagangannya. Tersedia berbagai jenis ikan air tawar, ada ikan mujair, gurami, serta wader yang merupakan ikan kecil dengan rasa enak. Sangat gurih jika digoreng kering dan makin enak disantap dengan sambal.

Di sekitar waduk pun menjadi arena yang sayang jika terlewatkan. Wisatawan bisa berjalan santai di tepian sembari menyaksikan keindahan danau. Air yang tenang mampu membawa kedamaian tersendiri.

Baca: WADUK SELOREJO Tiket & Ragam Aktivitas

Mengitari Kawasan Waduk dengan Perahu

Perahu untuk Berkeliling
Perahu untuk Berkeliling. Foto: Gmap/Daniel Russell

Perahu-perahu nelayan tak hanya berguna untuk mencari ikan. Ada juga yang disewakan kepada wisatawan untuk berlayar. Dalam satu perahu bisa mengangkut hingga 8 orang penumpang. Tentunya akan lebih ekonomis jika digunakan beramai-ramai.

Dengan menaiki perahu, wisatawan dapat menikmati keindahan waduk lebih dekat. Angin sepoi akan meniup perlahan sembari perahu berlayar. Udara yang sejuk pun akan terasa di setiap perahu melaju. Aroma perairan yang khas akan turut menyertai di setiap perjalanan.

Selain dengan perahu, wisatawan juga dapat berlayar dengan menggunakan sepeda kayuh. Yang di bagian depannya memiliki bentuk hewan, seperti bebek atau angsa.

Selama bermain wisatawan perlu mengayuh sepeda air supaya dapat bergerak. Kapasitasnya hanya untuk dua orang, dan biasanya hanya bergerak di sekitar tepian.

Baca: Boon Pring Malang Tiket & Aktivitas

Berfoto di Anjungan Waduk

Spot Foto di Anjungan
Spot Foto di Anjungan. Foto: Gmap/Hani Kauman (Hanik)

Keindahan pemandangan sekitar membuat siapa pun tak bisa menahan keinginan untuk berfoto. Danau luas dengan air yang jernih ini dapat menjadi latar belakang foto yang indah. Di samping itu, pepohonan hijau di sekitar juga menambah asri suasana ketika difoto.

Tambah seru lagi karena pengelola telah menyediakan spot-spot foto buatan. Yang berupa anjungan dari kayu dan bambu. Lokasinya menjorok ke dalam waduk, sehingga wisatawan bisa lebih dekat dengan waduk. Tentunya, pemandangan yang dihasilkan akan lebih indah.

Selain lokasinya yang menjorok ke area waduk, anjungan ini juga terdapat berbagai hiasan. Hiasan berupa kayu melengkung serta bentuk-bentuk unik. Seperti hiasan berbentuk bintang bertuliskan “Wisata Mahoni”. Bahkan ada juga pot gantung yang diposisikan membentuk spiral, membuatnya semakin tambah cantik.

Menikmati Kuliner Spesial Perairan Tawar

Selain terkenal akan tempat wisata alamnya, Wisata Mahoni juga terkenal dengan kulinernya. Utamanya adalah olahan ikan air tawar yang begitu menggoyang lidah. Ikan-ikan ini hasil langsung dari waduk sehingga selalu segar. Ada ikan gurami, mujair, wader, nila, dan berbagai ikan lainnya.

Ikan ini hasil tangkapan langsung nelayan dan dijual di warung-warung pinggiran waduk. Berbagai masakan seperti rica-rica, asam manis, goreng, menjadi pilihan favorit wisatawan. Rasa segar dari ikan menambah kenikmatan masakannya. Tempat duduk untuk makan yaitu gazebo yang letaknya di tepian waduk.

Sembari menikmati makanan, wisatawan bisa menyaksikan keindahan pemandangan waduk. Selain ikan dari warung, wisatawan juga dapat membeli sendiri ikan di pasar. Atau membawa tangkapan ikan hasil pancingan. Untuk kemudian meminta warung memasakkan dengan olahan sesuai keinginan.

Memancing di Waduk

Spot Pancing Favorit Pengunjung
Spot Pancing Favorit Pengunjung. Foto: Gmap/Jeanne Elizabeth

Aktivitas favorit pengunjung laki-laki di sini adalah memancing. Tak sulit mendapatkan ikan di area waduk ini. Namun tetap harus bersabar supaya kail digigit oleh ikan.

Lokasi Wisata Mahoni Dempok

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Raya Dempok, Depok, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Dari Alun-alun Kota Malang berjarak sekitar 28 Kilometer dengan waktu tempuh mencapai 1 jam berkendara.

Ulasan Pembaca

4.6 - 23 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *