Beranda Tiket Wisata

Wisata Hemat & Lengkap di Alun-alun Kota Malang Oktober 2021

alun-alun malangHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Klojen, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65119

Jika ingin menikmati wisata singkat di suatu tempat, datanglah ke alun-alunnya. Seperti Alun-alun Kota Malang yang dapat menjadi alternatif wisata singkat ketika di Malang. Letaknya yang berada di pusat kota, menyuguhkan berbagai keseruan yang sayang jika terlewatkan. Mulai dari kuliner, spot foto, dan berbagai wahana yang menyenangkan.

Harga Tiket Masuk

Alun-alun Malang adalah ruang terbuka untuk umum. Oleh karena itu, wisatawan tidak dikenakan biaya ketika memasuki kawasan ini. Hanya saja, tiket parkir diberlakukan apabila wisatawan membawa kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca Juga: 49 Destinasi Wisata di MALANG Paling Memikat

Jam Operasional

Objek wisata ini buka sepanjang hari. Namun di masa pandemi ini, pemerintah membatasi waktu kunjung wisatawan. Apalagi masa PPKM ini, petugas akan berkeliling untuk menertibkan kunjungan di malam hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Hijaunya Tengah Kota Malam

Spot Foto Favorit Wisatawan
Spot Foto Favorit Wisatawan. Foto: Gmap/Alun Alun Malang

Alun-alun Malang menjadi pemandangan menyegarkan di tengah kota. Pasalnya, tempat ini penuh dengan tumbuhan hijau mulai dari pohon hingga rerumputan. Membuat kawasan ini lebih sejuk dan teduh meskipun di siang hari. Alun-alun semakin indah dengan penataan yang begitu rapi.

Seperti objek wisata lain, objek wisata ini juga memiliki ikon yang menjadi sasaran objek foto. Yaitu spot tulisan “Alun Alun Malang” yang ada di salah satu sisi alun-alun. Wisatawan seringkali berfoto di depan tulisan ini, menjadikan tulisan ini sebagai latar belakang. Dan yang paling tepat, di bagian depan tulisan ini terdapat halaman berbentuk lingkaran.

Di halaman inilah biasanya wisatawan berpose untuk mengabadikan momen. Objek wisata ini semakin lengkap dengan adanya walking atau jogging track di dalamnya. Yang membelah rerumputan hijau di dalam alun-alun. Wisatawan seringkali berjalan santai memutari alun-alun dengan menyusurinya. Hiruk pikuk Kota Malang seolah hilang ketika berada di dalam alun-alun.

Baca Juga: LEMBAH INDAH Malang Tiket & Ragam Aktivitas

Malam Gemerlap di Alun-alun Kota Malang

Air Mancur Berwarna di Malam Hari
Air Mancur Berwarna di Malam Hari. Foto: Gmap/Rendy Novianto

Malam adalah waktu yang tepat jika ingin menikmati gemerlapnya alun-alun. Objek wisata ini memiliki air mancur yang indah. Melingkar di tengah kawasan alun-alun, dengan pancuran kecilnya yang berjumlah banyak. Sekilas seperti mangkuk puding yang terbalik melihat pancuran ini.

Di malam hari, pancuran akan mengalirkan air putih yang jernih. Kemudian lampu-lampu sorot akan menyala di setiap pancuran. Pancuran seolah menari-nari di atas panggung, dengan lampu sorot yang meriah.

Banyak wisatawan yang tertarik untuk berfoto dengan latar belakang air mancur ini. Meskipun agak gelap, namun cahaya dari lampu sorot dapat menambah terangnya hasil gambar.

Baca Juga: BATU NIGHT SPECTACULAR BNS Malang Tiket & 10 Wahana Keren

Payung di Sela Pepohonan

Jika mendongak ke atas, wisatawan akan menjumpai keunikan lain di objek wisata ini. Yaitu adanya payung-payung yang digantungkan di atas. Tepatnya berada di sela-sela pepohonan.

Di siang hari, payung-payung ini akan disinari oleh cahaya matahari. Yang membuatnya memantulkan cahaya berwarna dari payung. Sementara di malam hari, payung-payung ini pun nampak bercahaya karena sorotan lampu.

Berfoto di sini pun tak kalah menariknya. Wisatawan kerap kali menjadikan jalanan ini sebagai spot untuk berfoto.

Baca Juga: HAWAI Waterpark Malang Tiket & Wahana

Garis Shaf Sholat di Alun-alun Malang

Tepat di seberang Alun-alun Kota Malang terdapat masjid bersejarah bernama Masjid Agung Malang. Masjid ini dibangun pada tahun 1890 dan tetap digunakan sebagai tempat ibadah hingga saat ini. Lokasinya pun tepat di seberang alun-alun dan menghadap kiblat dari arah alun-alun. Wisatawan muslim dapat menyempatkan untuk beribadah di sini.

Uniknya lagi, di kawasan alun-alun ini memiliki garis-garis shaf sholat. Ini dimaksudkan supaya umat muslim yang melakukan sholat dapat melaksanakannya di area alun-alun. Tidak setiap hari, hanya pada momen tertentu saja ketika jamaah membludak. Seperti ketika Hari Raya Idul Fitri, dimana ruangan masjid tidak dapat menampung seluruh jamaah.

Sehingga, jamaah dapat menunaikannya di kawasan alun-alun. Dengan tetap tertib dan mengikuti imam.

Baca Juga: SUMBER MARON Malang: Tiket & Daya Tarik

Duduk di Mini Gazebo dan Bangku Taman

Bersantai di objek wisata ini tak perlu khawatir akan tempat duduk. Biasanya, wisatawan hanya duduk lesehan di sudut-sudut kawasan. Namun bagi yang tidak suka lesehan, ada mini gazebo dan bangku taman.

Mini gazebo ini dihadirkan karena adanya program revitalisasi alun-alun. Keberadaannya sangat membantu para pengunjung untuk memenuhi kebutuhan tempat duduk. Wisatawan dapat duduk santai tanpa kepanasan di gazebo ini kala siang hari. Sambil menikmati angin sepoi yang meniup tubuh secara perlahan.

Bangku-bangku taman juga disediakan di sudut-sudut alun-alun. Bangku dengan sandaran ini dapat menjadi tempat bersantai wisatawan saat pagi atau sore hari. Atau bagi orang tua yang mengawasi anak-anak mereka bermain di alun-alun.

Baca Juga: SELECTA MALANG Tiket & 7 Wahana Keren

Berlari Mengejar Merpati

burung merpati berkeliaran di taman alun-alun malang
Merpati di Kawasan Objek Wisata. Foto: Gmap/brayen valent

Yang tak kalah menarik dan beda dari yang lain adalah keberadaan para merpati. Pengelola sengaja menempatkan burung merpati di alun-alun. Tujuannya untuk mempercantik kawasan alun-alun dan tentunya menghibur wisatawan. Wisatawan dapat memberi makan burung-burung ini.

Anak-anak senang berlarian mengejar merpati ini. Melihat para merpati terbang dan hinggap lagi bersamaan. Namun tetap ingat untuk selalu menjaga keberadaan para merpati ini. Supaya tetap nyaman dan tidak terusik tinggal di kawasan objek wisata ini.

Baca Juga: PARALAYANG Batu: Tiket & Aktivitas

Fasilitas Alun-alun Kota Malang

Area Playground untuk Anak di alun-alun malang
Area Playground untuk Anak. Foto: Gmap/Unero

Objek wisata ini selain memiliki wahana hiburan yang menarik, juga tersedia fasilitas penunjang. Salah satunya adalah fasilitas wifi gratis yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung. Tak hanya itu, ada juga fasilitas playground. Namun, playground ini memang khusus untuk anak-anak saja.

Lokasi Alun-alun Kota Malang

Ruang terbuka publik ini berlokasi di Jalan Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Tanggapan:

5 / 5. dari 4

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini