Sumber Maron
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Karangsuko, Pagelaran, Dusun Adi Luwih, Karangsuko,Pagelaran,Malang,Jawa Timur,Indonesia,65174.

Kabupaten Malang di Jawa Timur benar-benar menyimpan eksotisme wisata tersendiri. Meski banyak wisata buatan bermunculan, wisata alamnya pun tak kalah menarik. Salah satu wisata alam yang sangat menarik di Malang adalah Sumber Maron.

Tempat wisata yang menawarkan pemandian dengan kesegaran sumber mata air alami. Sebelumnya sumber air ini hanya digunakan masyarakat sekitar untuk budidaya kangkung. Serta area beristirahat selepas kegiatan bertani. Namun dengan potensi yang ada akhirnya sumber mata air menjadi kawasan wisata yang cukup populer.

Harga Tiket Sumber Maron Malang

Untuk dapat menikmati kesegaran dan keindahan tempat wisata ini pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Harga tiket masuk tergolong cukup murah, hanya dibedakan berdasarkan usia wisatawan.

Harga Tiket Masuk Sumber Maron Malang
Tiket RegulerRp5.000

 

Baca: Taman Selecta Malang Tiket & Aktivitas

Jam Buka Sumber Maron Malang

Tempat wisata ini buka dan bisa dikunjungi setiap. Dengan jam buka mulai dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap Hari07.00 – 17.00

Aktivitas Wisata Sumber Maron Malang

area wisata sumber maron
Area sumber maron tempat wisata yang menawarkan kesegaran sungai dan air terjun. Foto: Google Maps/Wahyu Pratomo

Sekian lama menjadi sumber air masyarakat sekitar, Sumber Maron pun dibuka untuk wisata. Tumbuhan hijau yang menghampar menimbulkan kesejukan bagi siapa saja yang memandang. Tak hanya itu, adanya air terjun semakin menambah keindahan tempat ini.

Air terjun yang ada di sini hanya memiliki tinggi sekitar 6 meter. Dengan tinggi tersebut, air terjun yang memiliki kemiringan sekitar 60 derajat ini sangat cocok digunakan sebagai mandi. Selain tidak terlalu deras air yang mengalir juga jernih.

Baca: Desa Wisata Pujon Kidul Tiket & Aktivias

Menikmati Keindahan Kolam Ikan Mas

Keasrian lingkungan di wisata Sumber Maron ini benar-benar menyejukkan. Sebelum menikmati suguhan utama berupa air terjun, pengunjung akan menemui kolam ikan. Di kolam pertama ini pengunjung akan mendapati banyak ikan mas memenuhi kolam.

Menikmati Keindahan Air Terjun

air terjun di sember maron malang
Aliran sungai yang juga memiliki air terjun, meskipun tidak terlalu tinggi namun cukup indah dan  menyegarkan. Foto: Google Maps/Tagar Al Aziis

Selain tingginya hanya 6 meter, ada keunikan lain yang dimiliki air terjun ini. Air terjun ini berasal dari sumber air yang sangat melimpah. Karena tingginya 6 meter dan mudah dijangkau, pengunjung bisa naik ke air terjun.

Dengan naik ke air terjun secara langsung, tentu menimbulkan sensasi yang berbeda. Selain itu kesegaran air terjun juga benar-benar nikmat dirasakan dari atas. Namun jika khawatir, bermain di bawah air terjun juga tak kalah seru.

Baca: Air Terjun Coban Rondo Malang Tiket & Aktivitas

Wisata Edukasi Pembangkit Listrik

Tak hanya menyuguhkan wisata alam yang indah, terdapat pula wisata edukasi di sini. Hal tersebut karena terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidra (PLTMH). Pembangkit listrik ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar.

Tak tanggung-tanggung, ada 4 desa yang telah menggunakan pembangkit listrik ini. Hal tersebut tentu memberi edukasi tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Alih-alih menikmati keindahan alam, ada pengetahuan lain yang juga didapat.

Kegiatan River Tubing

River Tubing di sumber maron
Kegiatan menarik lain yang bisa dilakukan di sini adalah river tubing, menyusuri sungai menggunakan ban karet. Foto: Google Maps/harwindra yoga prasetya

Dangkalnya sungai serta arusnya yang deras, membuat tempat ini cocok untuk river tubing. River tubing adalah kegiatan menelusuri sungai dengan ban karet. Air sungai di sini benar-benar masih alami dan tidak kotor, sehingga aman.

Panjang sungai yang ditelusuri untuk river tubing sekitar 500 meter. Sebelum itu, pengunjung diharuskan menyewa ban karet terlebih dulu. Biaya sewanya cukup terjangkau, antara Rp. 3.000 sampai Rp. 15.000 tergantung ukuran.

Aliran air yang cukup deras serta bebatuan yang besar membuat tubbing semakin seru. Permainan ini cukup aman, karena pengunjung tak dilepaskan tanpa pengawasan. Di ujung arena tubbing disediakan palang bambu untuk mencegah pengunjung hanyut.

Baca: Labirin Coban Rondo Malang Tiket & Aktivitas

Selain itu para penjaganya juga siap sedia membantu dan mengawasi pengunjung. Jadi meski cukup memacu adrenalin, keamanan juga terjamin. Hal inilah yang menjadi alasan permainan ini cocok dicoba sekeluarga.

Berenang di Kolam Air Terjun

pengunjung berenang di air terjun
Berenang bisa dilakukan di area air terjun atau di sepanjang aliran sungai. Foto: Google Maps/Azka Workshop

Berenang menjadi salah satu aktivitas yang disukai pengunjung. Kejernihan air kolam alami yang ada di bawah air terjun akan menggoda wisatawan. Kolam tidak terlalu dalam, namun bagi anak-anak agar lebih aman bisa menyewa ban ke pengelola.

Wisata Kuliner

Setelah lelah mencoba berbagai wahana yang mengasyikkan, kini saatnya mencoba spot berikut. Spot ini berupa kumpulan tempat makan, atau lazim disebut wisata kuliner. Selain berbagai keasyikan di wahana, spot ini merupakan alasan pengunjung ingin datang lagi.

Di sini tersedia aneka masakan khas jawa, mulai dari soto, bakso dan lainnya. Harganya pun bisa dibilang sangat murah, mengingat lokasinya yang berada di tempat wisata. Pinggir warung makan yang berupa sungai menimbulkan kesan natural dan sensasi tersendiri.

Fasilitas di Wisata Sumber Maron

Dengan berbagai keindahan alami yang ditawarkan, banyak juga fasilitas yang disediakan. Yang pertama adalah area parkir yang luas, dengan tarif hanya Rp. 5.000 untuk mobil. Selain itu juga dilengkapi dengan mushola serta toilet umum yang memadai.

Lokasi dan Kontak Wisata Sumber Maron

Jalan akses ke Sumber Maron yang sudah bagus membuat lokasi ini mudah dijangkau. Alamat lengkapnya: Karangsuko, Pagelaran, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur 65174. Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa langsung menghubungi Pemerintah Desa Karangsuko.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,33 | 3 Pembaca

27 KOMENTAR

  1. Kami rencana akan datang rombongan bulan Agustus 2020, Saya mau booking tempat di warung Bu Tatik (lokasi nya deket finish nya permainan tubing/ban). no telpon sdh tdk bisa dihubungi, mungkin bisa memberikan nomor WA atau telpon yang lain

    • Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi pihak Sumber Maron melalui telepon ke nomor 0858 9359 9138. Terima Kasih

    • Per tanggal 11 Juli 2020 Sumber Maron sudah kembali beroperasi, Pengunjung diwajibkan memakai masker saat datang ke Sumber Maron. Terima Kasih

    • Wisata Sumber Maron masih ditutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. Akan di-update jika ada informasi terbaru. Terima Kasih

    • Sumber Maron saat ini masih belum beroperasi. Akan di-update jika ada informasi terbaru. Terima Kasih

    • Sumber Maron saat ini masih ditutup sementara untuk umum. Akan di-update jika ada informasi terbaru. Terima Kasih

    • Untuk sementara wisata Sumber Maron masih ditutup untuk umum. Akan di-update jika ada informasi terbaru. Terima Kasih

    • Untuk sementara wisata Sumber Maron masih ditutup untuk umum. Akan di-update jika ada informasi terbaru. Terima Kasih

    • Untuk sementara Sumber Maron masih ditutup untuk umum. Akan di-update jika ada informasi terbaru. Terima Kasih

    • Untuk sementara wisata Sumber Maron masih ditutup. Akan di-update jika ada informasi terbaru. Terima Kasih

    • Untuk sementara ini Sumber Maron masih ditutup untuk umum. Akan di-update jika ada informasi terbaru. Terima Kasih

    • Sumber Maron untuk sementara ini masih ditutup. Akan di-update jika ada informasi terbaru. Terima Kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini