Beranda Tempat Wisata

LABUAN BAJO: 5 Aktivitas Wisata Terbaik

Labuan Bajo merupakan destinasi wisata Indonesia yang sudah tidak asing lagi di telinga. Popularitasnya tidak hanya di kalangan wisatawan dalam negeri tetapi juga mancanegara. Tempat wisata ini identik sebagai habitat hewan endemik komodo. Selain itu, kekayaan alam lainnya pun tidak kalah menarik untuk dijelajahi.

Estimasi Biaya

Wisatawan tidak dikenakan biaya untuk memasuki kawasan Labuan Bajo. Dengan kata lain, tempat wisata ini bisa dimasuki secara gratis. Namun, terdapat biaya yang beragam untuk akomodasi dan berbagai kegiatan wisata yang tersedia.

Estimasi Biaya
Tiket MasukGratis
Tiket Kapalmulai dari Rp60.000
Tiket Pesawatmulai dari Rp1.500.000
Paket Wisatamulai dari Rp1.000.000 per orang

Baca: 4 Destinasi Wisata Terbaik di Labuan Bajo

Aktivitas Wisata Menarik di Labuan Bajo

Deretan bukit di tengah laut lauban bajo
Keindahan area perbukitan di tepi laut yang berwarna hijau toska. Foto: Google Maps/Ahmad Hasanela

Labuan Bajo terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata ini awalnya merupakan desa nelayan kecil. Disebut juga Labuhanbajo atau Labuan Bajo, desa ini sudah banyak dikunjungi wisatawan sejak dulu.

Meningkatnya kunjungan wisatawan membuat destinasi wisata ini semakin sibuk dan berkembang. Saat ini Labuhanbajo sudah menjadi salah satu destinasi wisata andalan Indonesia. Ragam kekayaan alam yang menghiasinya merupakan objek wisata utama. Selain itu, beragam aktivitas menarik lainnya yang cocok untuk mengisi liburan.

Berkenalan dengan Komodo

seekor komodo di Pulau Komodo
Wisatawan dapat menyaksikan komodo dari dekat di beberapa tempat – Foto: Google Maps/Roy K

Komodo merupakan salah satu hewan dari zaman purba yang masih bertahan hidup. Hewan ini menempati habitat Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang terletak dekat Labuan Bajo. Itulah kenapa kota ini menjadi titik keberangkatan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sana.

Baca: TAMAN NASIONAL KOMODO Tiket & Daya Tarik

Wisatawan bisa mendapatkan pengalaman melihat langsung aktivitas para komodo di sini. Dengan ditemani pemandu khusus, wisatawan akan diajak berkeliling mengobservasi komodo dari jarak yang aman. Jika memungkinkan, pemandu bisa membantu wisatawan untuk berfoto bersama komodo, lho!

Wisatawan bisa memilih untuk mengunjungi salah satu dari dua habitat komodo. Ada Pulau Komodo, yang sudah terkenal dengan Taman Nasional Komodonya. Selain itu ada pula Pulau Rinca yang tidak kalah menawan. Dimanapun tempatnya, wisatawan wajib mematuhi arahan pemandu agar tetap aman, ya.

Romantisnya Pemandangan Sunset

Indahnya sunset dari Bukit Amelia
Bukit Amelia serta bukit-bukit lainnya menawarkan keindahan sunset yang berbeda-beda – Foto: Google Maps/Justin Larissa

Labuan Bajo juga terkenal akan sajian pemandangan alamnya. Puncak perbukitannya menyajikan panorama dari ketinggian yang indah. Dikelilingi laut yang biru, kawasan wisata ini menawarkan spot-spot untuk berburu matahari terbenam yang cantik. Tidak heran jika daerah ini disebut juga sebagai city of sunset.

Baca: BUKIT CINTA Labuan Bajo Bentang Alam Memukau

Sebut saja Bukit Amelia, Bukit Silvia, dan Bukit Cinta yang tersebar di tanah wisata ini. Dari puncak-puncak bukit ini, wisatawan dapat sepuasnya menikmati pemandangan sunset dikelilingi lautan luas. Panorama romantis sejauh 360 derajat menjadikannya sebagai spot honeymoon yang takkan terlupakan.

Eksplorasi Bawah Laut

Pengunjung berenang bersama ikan pari di manta point labuan bajo
Diving adalah kegiatan lainnya yang bisa menjadi opsi liburan – Foto: Google Maps/Roy K

Sudah puas mengeksplorasi daratan Labuan Bajo? Saatnya menjajal keindahan bawah laut yang eksotis. Tidak sulit jika ingin merencanakan aktivitas menyelam di sini. Tersedia banyak jasa tur bawah laut dengan pemandu diving yang bersertifikasi. Wisatawan bisa melihat indahnya terumbu karang maupun bermain dengan hewan-hewan laut.

Baca: MANTA POINT Komodo Diving Bersama Ikan Pari

Mengenal Budaya Lokal

rumah-rumah di Wae Rebo
Wisatawan dapat mengenal budaya lokal dengan berwisata ke Wae Rebo dan desa wisata lainnya – Foto: Google Maps/Joes Lelono

Bagi yang ingin mencoba hal baru, di sini juga menyediakan wisata budaya. Tak kalah menarik, wisatawan diajak mencicipi kehidupan masyarakat lokal. Beberapa desa bahkan dibuka sebagai desa wisata.

Di sini, wisatawan akan diajak homestay di rumah penduduk asli. Wisatawan berkesempatan berinteraksi dan melihat langsung kegiatan sehari-hari wargan setempat. Salah satu desa yang bisa dikunjungi adalah Wae Rebo. Bentuk rumah adatnya unik, dan lokasinya berada di dataran tinggi yang masih asri.

Kekayaan Alam Lainnya

air terjun di balik ngarai
Salah satu air terjun yang terdapat yaitu Cunca Wulang – Foto: Google Maps/ Kim Thai Quoc

Jika masih belum puas, Labuan Bajo masih punya banyak kekayaan alam tersembunyi lainnya. Beralih dari kawasan pantai dan pulau, terdapat beberapa objek wisata air terjun. Salah satunya ialah air terjun Cunca Wulang yang menawan.

Baca: 9 Aktivitas Wisata Pilihan Di Pulau Komodo

Air terjun ini diapit oleh barisan dinding ngarai yang kokoh dan alami. Aliran air sungainya jernih, sehingga pengunjung bebas berenang di sini. Tidak suka berenang? Bersantai sambil menikmati deburan air terjun bisa jadi aktivitas yang menenangkan.

Objek wisata alam lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Goa Batu Cermin. Dinding goanya dipenuhi fosil hewan laut dan menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Wisatawan bisa melihat bukti nyata perubahan geografis di goa ini. Dulunya, kawasan Labuan Bajo berada di bawah laut, lho.

Fasilitas Labuan Bajo

Sebagai destinasi wisata utama Indonesia, Labuan Bajo memiliki fasilitas yang lengkap. Berbagai pilihan akomodasi penginapan, terjangkau hingga premium, tersedia di sini. Wisatawan bisa melaksanakan liburan secara mandiri ataupun mengikuti paket wisata. Paket wisata yang tersedia pun menawarkan beragam jenis pilihan kegiatan liburan.

Lokasi & Akses Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah daerah yang terletak di kawasan paling barat Pulau Flores. Tepatnya, kota Labuan Bajo terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata ini bisa dijangkau dengan transportasi dari Jakarta, Bali, Sulawesi, maupun Nusa Tenggara Barat.

Bisa dijangkau dengan menggunakan kapal feri atau pesawat. Pelabuhan feri terbuka untuk keberangkatan dari Bima (NTB), Denpasar (Bali), dan Sulawesi. Pesawat yang menuju Labuan Bajo bisa didapatkan dari Bali ataupun Jakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini