7 Pantai Cianjur Tawarkan Panorama Alami

Memiliki banyak objek wisata alam, Cianjur tak mau kalah untuk memamerkan pesona deretan pantainya. Menghadap ke Samudera Hindia, pantai-pantai cantiknya berjajar di sisi selatan. Menikmati pesona laut selatan, berikut daftar 7 lokasi pantai bernuansa alami di Cianjur:

1. Pantai Jayanti Cianjur

Pantai Jayanti telah populer sebagai wisata tepi laut terindah di Cianjur.
Pantai Jayanti telah populer sebagai wisata tepi laut terindah di Cianjur. Foto: Instagram/ria.5648

Pantai Jayanti disebut sebagai yang tercantik di Cianjur dan merupakan wisatawan. Beralamat di Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, pesisirnya berkontur landai dengan kawasan berpasir. Wisatawan dapat berjalan menyusuri garis pantainya yang cukup panjang.

Kemudian di sisi timur, terdapat bebatuan karang. Area ini menjadi tempat favorit untuk memancing. Ditambah dengan gugusan karang serta gelombang ombak yang bergulung membentuk deburan semakin menambah eksotismenya.

Selain memancing, wisatawan juga dapat membeli hasil laut tangkapan nelayan dan olahannya di sekitar pantai. Selain pariwisatanya, Pantai Jayanti juga menyandang predikat penghasil ikan nomor wahid di pesisir Cianjur Selatan.

Pantai Jayanti bukanlah tempat yang cocok untuk berenang dan bermain air karena ombaknya terlalu tinggi. Namun wisatawan dapat menjelajahi wilayah perairannya dengan perahu nelayan yang banyak tersedia di bibir pantai. Selama berperahu wisatawan dapat merasakan sensasi guncangan gelombang laut. Ditambah dengan adanya palung di sisi barat. Pada saat sore hari, pesona lautnya semakin memukau dengan semburat jingga di cakrawala.

Baca: CURUG Cianjur : 7 Destinasi Spektakuler

2. Pantai Karang Potong

Pantai Karang Potong Cianjur menampilkan berbagai spot berkonsep kekinian.
Pantai Karang Potong Cianjur menampilkan berbagai spot berkonsep kekinian. Foto: GMap/CHOKY WOW

Pantai Karang Potong merupakan destinasi yang memadukan pesona alam tepi laut Cianjur dengan konsep kekinian. Objek wisata yang resmi buka pada Juli 2021, berlokasi di Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur. Pada saat sore hari, wisatawan yang datang lebih banyak karena suasana lebih teduh.

Berbagai spot foto instagrammable bertebaran di kawasan wisata Pantai Karang Potong. Memiliki jaringan WiFi, wisatawan dapat langsung mengunggah foto-foto unik momen liburan dari sekitar pantai.

Berbagai sajian kuliner dan wahana permainan seru dapat ditemukan di area ini. Misalnya ayunan, balon udara, hingga Colosseum Italia maupun bangunan ala Santorini. Kawasan wisata ini juga telah memiliki Kids Park serta sarana penginapan seperti glamp camp.

Baca: 7 DESTINASI WISATA PRIMADONA DI CIANJUR

3. Pantai Apra Cianjur

Wisata Pantai Apra Sindangbarang Cianjur.
Wisata Pantai Apra Sindangbarang Cianjur. Foto: GMap/Iswanto Iswanto

Wisata Pantai Apra Sindangbarang berlokasi di Saganten, Sindangbarang, kawasan Cianjur selatan. Destinasi wisata maritim dan bahari ini berada dekat dengan muara sungai Cisadea. Masih minimnya fasilitas wisata justru menjadikan destinasi ini tampil asri dan alami. Hal ini berbalut pula dengan kehangatan sikap warga sekitarnya yang ramah.

Sementara area pantainya menyajikan bentang alam yang merupakan pertemuan panorama tepi laut dengan muara sungai. Wisatawan dapat menyaksikan langsung aktivitas nelayan tradisional mencari ikan dengan rakit dan perahu. Terutama tanggal 21-25 setiap bulannya ketika musim Impun tiba, pencarian ikan semakin ramai layaknya festival.

Seperti halnya pantai lainnya di sisi selatan, Pantai Apra memiliki gelombang ombak yang cukup tinggi. Sehingga sangat mendukung untuk olahraga selancar dengan tetap waspada pada area perairan berkarang. Jelang malam, kawasan sekitar pantai menyajikan kecantikan sunset yang romantis.

Nama Apra konon disematkan karena pernah digunakan sebagai basecamp latihan Angkatan Perang Ratu Adil. Hal ini menjadikan lokasi Pantai Apra diprediksi sebagai bagian dari jejak sejarah revolusi nasional Indonesia.

Baca: CURUG CIKONDANG Tiket & Aktivitas

4. Pantai Sereg Cianjur

Pantai Sereg Cianjur dengan rapatnya pepohonan kelapa di sisi utara.
Pantai Sereg Cianjur dengan rapatnya pepohonan kelapa di sisi utara. GMap/Thomas Sarjono

Pantai Sereg terletak di Saganten, Kecamatan Sindangbarang, sekitar 120 km dari pusat Kota Cianjur. Tak kalah dengan lokasi pantai lainnya di Cianjur, panoramanya menampilkan birunya Samudera Hindia. Dengan gelombang ombak yang bergulung menyapu hamparan pasir kecokelatan di bibir pantai.

Pada sisi barat dan tengah area pantai merupakan pesisir landai yang cocok untuk olahraga pantai. Area tersebut juga menjadi tempat favorit rekreasi keluarga seperti bermain air dan pasir. Sedangkan sisi utaranya terisi rapatnya jajaran pepohonan kelapa yang meneduhkan. Selain itu kawasannya juga cocok untuk duduk bersantai menikmati suasana, hammocking hingga berkemah.

Baca: KEBUN RAYA CIBODAS: Tiket & Aktivitas

5. Pantai Lugina

Pantai Laguni Cianjur dengan saluran sungai memanjang di pesisir.
Pantai Lugina Cianjur dengan saluran sungai memanjang di pesisir. Foto: GMap/Studio Bang Danz

Terkenal sebagai surga tersembunyi, Pantai Lugina menawarkan tenangnya suasana berlibur di tepi laut. Kepadatan kunjungan wisatawan yang masih rendah membuat pesonanya tampak begitu alami. Pantai ini beralamat di jalan Pantai Lugina, Wanasari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur.

Menjelajahi kawasan pantai, wisatawan dapat berjalan santai menyusuri hamparan pasirnya. Pada titik lainnya, terdapat bebatuan karang yang memecah ombak dan memamerkan pemandangan eksotisnya. Ditambah dengan adanya aliran sungai yang membatasi area berpasir dengan kawasan hijau di belakangnya menjadi ciri khas utama. Wisatawan juga bisa naik ke bukit hijau dan menikmati panorama laut dari ketinggian.

6. Pantai Suliwa

Pantai Suliwa Cianjur untuk rekreasi bersama keluarga.
Pantai Suliwa Cianjur untuk rekreasi bersama keluarga. Foto: GMap/MII tv

Obyek Wisata Pantai Suliwa menambah daftar destinasi tepi laut selatan di Cidaun, Kabupaten Cianjur. Pantai ini merupakan destinasi wisata keluarga yang populer di kalangan warga Cianjur. Belum mendapat penataan yang terkelola baik, membuat kawasannya tampil dengan kecantikan alami.

Meskipun berhadapan dengan samudera, namun kontur pantainya membuat gelombang ombak tak terlalu besar. Bahkan balita dan anak-anak dapat berenang dan bermain air dengan aman pada area tertentu. Pantai Suliwa juga menjadi tempat untuk rekreasi santai dan piknik bersama. Lokasinya juga sering menjadi tempat gathering maupun berbagai acara kumpul organisasi.

Kawasan berpasirnya cukup luas bahkan untuk bermain bola di bibir pantai. Pada saat malam hari, area sekitar pantai acapkali dimeriahkan dengan gelaran acara api unggun dan berkemah.

7. Pantai Cidaun

Berjarak sekitar 18 kilometer dari Pantai Jayanti, lokasi Pantai Cidaun berada dalam kecamatan yang sama. Pantai Cidaun secara administratif masuk dalam wilayah Sukapura, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur.

Kawasan tepi pantai memiliki jajaran tiang kayu rendah yang seolah menjadi batas pagar pantai. Potongan-potongan batang pohon tersebut sekaligus menjadi ciri khas utama. Memang ombaknya kurang bersahabat. Sehingga disarankan untuk tidak berenang di perairan lepasnya. Sedangkan untuk bermain air dan berenang dengan aman, terdapat aliran sungai dangkal di tengah area berpasirnya.

Bagikan Konten ke: