Beranda Destinasi Pilihan

7 Tempat Wisata Yang Mengangkat Nama Banyuwangi

0

Banyuwangi dengan ragam pesonanya memiliki suguhan deretan lokasi wisata jempolan. Wilayah yang  berada di ujung timur daratan Jawa ini memiliki alam yang menakjubkan. Tak hanya skala nasional, keunikan wisata Banyuwangi juga menembus skala internasional. Berikut 7 Tempat wisata yang mengangkat nama Banyuwangi:

1. Kawah Ijen

Fenomena Blue Fire Kawah Ijen menjadi salah satu yang terbesar di dunia.
Fenomena Blue Fire Kawah Ijen menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Foto: Instagram/kineticid

Fenomena Blue Fire telah membuat Wisata Kawah Ijen terkenal luas. Tak hanya wisatawan lokal, destinasi ini juga banyak menjadi incaran turis mancanegara. Pada saat malam hari, nyala api biru berukuran spektakuler terlihat kontras di kegelapan.

Api biru Kawah Ijen merupakan yang terbesar di dunia selain fenomena sejenis di Ethiopia. Gunung Ijen mengeluarkan gas Sulfur dari retakannya. Gas sulfur yang terbakar pun menghasilkan api biru bersuhu 600°C yang fenomenal tersebut. Selain itu di sekitar kawasan ini juga memiliki danau dengan air yang  berwarna biru serta kepulan asap di sisinya.

Lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi Kawah Ijen merupakan areal pertambangan belerang yang ikonik. Tebing yang mengelilingi kawah berwarna kuning, warna khas material belerang. Selain wisatawan, kawasan kawah juga ramai oleh penambang yang lalu lalang mengangkut belerang.

2. Pantai Pulau Merah

Keindahan Pantai Pulau Merah Banyuwangi dengan pasir putih.
Keindahan Pantai Pulau Merah Banyuwangi dengan pasir putih. Foto: Instagram/anglurselurr_

Pantai Pulau Merah memiliki garis pantai berpasir dengan pagar bukit memanjang di belakangnya. Kemudian tak jauh di seberang perairan, terdapat sebuah pulau yang meninggi layaknya bukit menghijau. Bukit bertanah merah ini menjadi latar foto favorit wisatawan sekaligus ikon Pantai Pulau Merah.

Kawasan wisata pantai ini merupakan lokasi yang cocok untuk bersantai ala Bali. Gazebo dan kasur pantai dengan payung yang bertebaran di garis pantai menjadi tempat terbaik menikmati suasana. Pada saat sore hari, pemandangan matahari terbenam terlihat sangat indah terpantul pada permukaan laut. Semburat senja juga memberikan warna merah yang terpantul pasir pantai.

3. Air Terjun Bayu Lor

Air Terjun Bayu Lor dengan suasana dramatisnya.
Air Terjun Bayu Lor dengan suasana dramatisnya. Foto: GMap/samsul syahreza

Wisata Air Terjun Bayu Lor berada pada dataran tinggi berbatasan dengan kawasan kaki Gunung Raung. Air Terjun Bayu Lor memiliki kontur tebing yang membuat curahannya tersusun dalam undakan bertingkat. Air terjun tingkat bawah memiliki curahan yang lebih tinggi dibandingkan tingkatan di atasnya. Alirannya terbagi dua dengan tebing batu pada bagian tengah di antara keduanya.

Aliran Air Terjun Bayu Lor deras sehingga percikannya bisa menjangkau lebih jauh. Tebing yang mengelilinginya tertutup oleh vegetasi tanaman lumut daun yang tebal. Sekaligus berfungsi sebagai pemasok air yang menyebabkan tanah di sekitarnya pun menjadi area yang yang subur. Selama berada di sini atmosfer keteduhan alami begitu terasa. Terutama ketika mendekati kawasan menghijau sekitar air terjun.

4. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk tempat wisata di Banyuwangi menawarkan hijaunya pepohonan raksasa
Jawatan Benculuk dengan jajaran pohon Trembesi dengan tanaman menjalar yang dramatis. Foto: GMap/RISDIYAN FARINTIS

Puluhan tanaman pohon Trembesi memberikan ciri khas tersendiri bagi wisata Jawatan Benculuk Banyuwangi. Berukuran besar dan menjulang tinggi, kehadirannya membuat lokasi wisata ini begitu dramatis. Bersama ragam flora lainnya, Jawatan Benculuk tampil semakin indah pasca penataan ulang.

Lokasinya memang sangat cocok untuk relaksasi pikiran. Karena kawasan hutan wisata ini masih teduh dengan udara yang sejuk. Batang pepohonan besar yang dipenuhi tanaman menjalar membuatnya terlihat terbungkus pita hijau yang menjuntai. Selin itu sinar matahari yang menembus celah pepohonan tampak layaknya negeri dongeng.

5. Waduk Sidodadi Glenmore

Salah satu sudut Waduk Sidodadi Glenmore dengan kabur tipis.
Salah satu sudut Waduk Sidodadi Glenmore dengan kabur tipis. Foto: Instagram/w_sakinah

Berada di wilayah perbukitan Glenmore, suasana Waduk Sidodadi terasa begitu asri. Lanskap perairan bendungan ini dipagari lahan ladang yang subur menghijau. Menawarkan udara sejuk dan hawa cenderung dingin, terkadang kabut tipis turun menyelimuti.

Lokasinya merupakan destinasi wisata yang nyaman untuk dikunjungi bersama rekan dan keluarga. Kawasannya dilengkapi berbagai wahana permainan berkonsep alami seperti bebek air, ATV, hingga sirkuit motor. Tak mengherankan jika destinasi ini menjadi pilihan bagi wisatawan di Banyuwangi.

Selain itu bagi yang hobi memancing akan menemukan spot yang cocok di kawasan Waduk Sidodadi Glenmore. Bahkan, terdapat pula area untuk berkemah bagi yang ingin menginap di sisi danau.

6.  Alas Purwo

Jika ingin tahu titik paling timur pulau Jawa, wisatawan bisa pergi ke Alas Purwo Banyuwangi. Alas Purwo merupakan lokasi di ujung paling timur dari dataran Jawa ini. Destinasi ini berada dalam kawasan yang terkenal sebagai hutan tertua di Pulau Jawa.

Lokasi wisata ini termasuk dalam Taman Nasional Alas Purwo yang berbatasan langsung dengan perairan Bali. Memiliki kawasan yang lebat rimbunnya pepohonan, suasananya sejuk dan alami. Sebagai kawasan konservasi, destinasi ini menjadi suaka bagi ekosistem asli yang ada di dalamnya.

Areanya yang luas mencakup berbagai lokasi dengan ragam atraksi unik. Tak hanya hutan lebat, Alas Purwo juga memiliki padang savana. Yaitu lokasi yang didominasi rerumputan dan perdu ini merupakan habitat hewan yang dilepas liarkan seperti banteng. Tak hanya alamnya, Alas Purwo juga memiliki situs bersejarah berupa bangunan candi.

7.  Bangsring Underwater

Bangsring Underwater tempat wisata di Banyuwangi bagi penyuka alam bawah laut
Kejernihan air perairan wisata Bangsring Underwater membuat biota bawah airnya terlihat indah. Foto: Bangsring Underwater

Mengeksplorasi perairan Selat Bali, wisatawan dapat bertandang ke Brangsing Underwater. Lokasinya sekaligus sebagai konservasi ekosistem terumbu karang sebagai rumah bagi biota laut.

Air laut di kawasan wisata Bangsring Underwater sangat jernih bahkan terlihat dari permukaan. Menyimpan pesona alam bawah laut, destinasi wisata menjadi favorit para penyelam di Banyuwangi. Selain diving dan snorkeling, lokasi pantainya yang sejuk juga menjadi tempat incaran wisatawan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini