Pantai Pulau Merah Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Dusun Pancer, Sumberagung,Pesanggaran,Banyuwangi,Jawa Timur,Indonesia,68488.

Pantai Pulau Merah terletak di Kota Banyuwangi. Dahulu pantai ini memiliki nama Pantai Wringin Pitu. Namun nama tersebut berubah karena keunikan yang terdapat di pantai ini. Ada sebuah bukit yang terletak dekat dengan bibir pantai.

Bukit ini memiliki tanah yang berwarna merah,  dimana tanah tersebut tertutup oleh vegetasi hijau. Karena tanah di bukit itulah, pantai ini jadi dijuluki Pantai Pulau Merah. Selain itu, di pantai ini juga sering diadakan lomba surfing internasional tiap setahun sekali.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Merah

Untuk menikmati keindahan pantai ini pengunjung perlu membayar tiket masuk. Harganya pun sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Merah
DomestikRp10.000
MancanegaraRp100.000

Baca: PANTAI PLENGKUNG Paduan Keindahan Alam Memukau

Jam Buka

Pengunjung bisa datang ke wana wisata pantai ini setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung pada saat siang menjelang sore. Karena bisa melihat sunset. Sedangkan pantai ini sendiri buka selama 24 jam.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Ragam Aktivitas di Pantai Pulau Merah

Beragam aktivitas bisa dilakukan di sekitar area pantai. Wisata kuliner, berselancar atau sekedar bersantai di pinggir pantai bisa menjadi pilihan kegiatan. Tentu saja selain kawasan pantai yang cukup indah dijadikan sebagai objek fotografi.

Surfing atau berselancar di Pantai Pulau Merah

Berselancar di Pantai Pulau merah
Ombak yang tidak terlalu tinggi cocok bagi peselancar pemula – Instagram/colin_macdonald16

Di Pantai Pulau Merah pengunjung juga bisa berselancar. Apa yang membedakan antara Pantai Plengkung dengan Pantai Pulau Merah? Di Pantai Plengkung ombaknya lebih tinggi, sehingga cocok untuk peselancar profesional. Sedangkan di pantai ini, ombaknya berkisar 3-5 meter.

Bagi pengunjung yang ingin berseluncur, bisa membawa papan selancar sendiri. Jika tidak memiliki papan selancar sendiri, pihak pengelola menyediakan penyewaan. Harganya mulai dari Rp50.000 tergantung dari kualitas dan ukuran papan.

Bagaimana jika pengunjung tidak bisa berselancar dan ingin belajar? Pihak pengelola pantai juga menyediakan kelas selancar untuk pengunjung. Harga mulai dari sekitar Rp250.000. Harga tersebut sudah termasuk instruktur dan penyewaan papan selama 2 jam.

Bermain Air dan Pasir

bermain di tepi pantai
Ramai pengunjung yang bermain di tepi pantai. Foto: google Maps/Nick Handri

Karena jarangnya batu karang yang ada di tepian pantai memungkinkan pengunjung bermain air di sini. Air laut yang jernih juga menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya bermain air, pengunjung juga bisa berenang. Tapi ingat, berenang hanya boleh dilakukan jika air laut sedang tenang dan ombak tidak terlalu tinggi.

Selain air lautnya, pasir di pantai ini halus dan lembut. Pengunjung bisa sekedar berjalan-jalan, membangun istana pasir bahkan berpiknik. Pengunjung yang tidak membawa tikar bisa menyewa baik di pengelola maupun di warung-warung yang ada. Selain itu, pengunjung bisa menyewa kursi pantai yang ada untuk berjemur juga.

Harga penyewaan tikar dan kursi pantai di kawasan wisata ini terjangkau mulai dari Rp5.000. Pengunjung tidak perlu khawatir soal keamanan, karena ada menara pengawas pantai. Menara ini didirikan untuk mengawasi area pantai dan laut. Menara pantai ini memiliki tinggi sekitar 5 meter lho.

Naik Perahu

berperahu di sekitar pantai pulau merah
Berperahu di sekitar pantai pulau merah juga bisa dilakukan. Foto: Google Maps/

Di pantai ini pengunjung bisa berkeliling dengan menggunakan perahu. Pengunjung hanya perlu menyewa perahu tradisional milik nelayan sekitar. Untuk harga bisa dinegosiasikan dengan pemilik kapal. Biasanya satu kapal bisa muat sekitar 8-10 orang.

Selain berkeliling pantai, pengunjung juga bisa memancing di atas perahu. Jika ingin memancing, pengunjung diharapkan membawa alat pancing sendiri. Pihak pengelola tidak menyediakan persewaan alat pancing.

Pengunjung harap memperhatikan cuaca dan ombak saat memutuskan akan menggunakan perahu. Jika cuaca buruk dan ombaknya terlalu tinggi maka lebih baik bermain pasir saja di tepi pantai.

Berkunjung ke Bukit

Bukit yang ada di Pantai Pulau merah
Bukit inilah alasan pantai ini disebut Pantai Pulau Merah – Instagram/pulaumerah.indonesia

Bukit ini terletak hanya sekitar 100 meter dari bibir pantai. Jika air laut sedang surut, pengunjung bisa menyebrangi laut dan bermain di bukit dengan berjalan kaki. Seperti yang diberitakan, bukit ini memiliki tanah khas berwarna merah.

Hunting Foto

Berlibur kemanapun pasti tidak lengkap jika tidak berburu foto. Di pantai ini memiliki banyak spot foto yang menarik. Mulai dari orang yang berselancar, foto bukit merah, dan lain-lain.

Pemandangan matahari terbenam disini terlihat menarik juga. Hal tersebut menyebabkan banyak pengunjung yang berebut memotret pemandangan tersebut.

Selain foto pemandangan, banyak pengunjung yang melakukan foto prewedding di pantai ini. Jadi jangan kaget jika menemukan beberapapengunjung yang mengenakan long gown indah di pantai.

Berkunjung ke Pura Tawang Alun

Pura tawang alun
Selain bermain di pantai, wisatawan juga bisa berkunjung ke pura tawang alun. Foto: Google Maps/Yohan Dwimar

Pura Tawang Alun ini terletak di area parkir pantai. Pura ini merupakan salah satu pura yang banyak diziarahi oleh umat Hindu di Indonesia.

Terkadang diadakan juga upacara adat mekiyis di pura ini. Pengunjung yang berkunjung ke pura ini diharapkan menaati peraturan yang berlaku dari pihak pengelola. Sayangnya, pura ini tidak selalu dibuka untuk umum. Hanya pada saat-saat tertentu saja seperti saat ada upacara adat atau ada umat yang berziarah.

Berkemah

Berkemah di Pantai Pulau merah
Berkemah di Pantai Pulau Merah bisa dilakukan dengan seijin pengelola pantai – Instagram/pulaumerah.indonesia

Pengunjung bisa berkemah di pantai ini. Pengunjung bisa membawa perlengkapan tenda sendiri. Tetapi jika tidak memiliki perlengkapan sendiri, bisa menyewa di pengelola pantai. Untuk berkemah, harus mendapatkan ijin dari pihak pengelola.

Biasanya harus menunggu setelah pantai selesai dibersihkan baru boleh berkemah. Untuk menyalakan api unggun juga diperbolehkan. Jika sore menjelang malam pengunjung akan menjumpai beberapa turis asing yang masih berselancar.

Bermain Layang-layang

Bermain layangan di tepi pantai
Angin yang kencang merupakan kombinasi yang pas bagi pengunjung yang ingin bermain layangan – Instagram/pulaumerah.indonesia

Di pantai ini banyak juga pengunjung yang bermain layangan. Pengunjung bisa membawa layangan sendiri dari rumah. Tapi ada juga beberapa pedagang yang menawarkan layangan untuk dibeli. Harganya terjangkau dan bisa dinegosiasikan.

Fasilitas

Pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap :

  • Toilet
  • Musholla
  • Penginapan
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Penyewaan selancar
  • Kursus selancar
  • Penyewaan tikar
  • Penyewaan perahu

Lokasi Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah terletak di Kecamatan Pesanggaran Kota Banyuwangi. Akses jalan menuju kawasan pantai ini sudah beraspal dan bisa dilalui berbagai jenis kendaraan. Papan penunjuk arah pun sudah jelas sehingga tidak perlu takut tersesat.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.