Beranda Tiket Wisata

TN ALAS PURWO Tiket & Ragam Aktivitas Wisata - Oktober 2019

Tgl. Update:Rabu, September 18, 2019
Taman Nasional Alas Purwo Harga Tiket: Rp3.000 - Rp5.000 Jam Buka: 07.30 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Kalipait,Tegaldlimo,Banyuwangi,Jawa Timur,Indonesia,68484.

Taman Nasional Alas Purwo terletak di Kota Banyuwangi. Memiliki luas area tidak kurang dari 43.420 Ha. Di taman ini terdapat lebih dari 700 jenis tumbuhan. Tumbuhan khas di sini adalah sawo kecik.

Selain flora terdapat banyak fauna mulai dari kelas mamalia, unggas dan reptil serta amfibi. Dari kelas mamalia ada sebanyak 50 jenis mulai dari banteng hingga macan juga monyet dan lain-lain. Dari kelas unggas ada 302 jenis burung mulai dari elang, merak, ayam, dan lain-lain. Dari kelas reptil ada 48 jenis dan 15 jenis dari kelas amfibi.

Harga Tiket Masuk TN Alas Purwo

Harga tiket di taman nasional ini sangat terjangkau. Bagi wisatawan dengan rombongan minimal 10 orang, Taman Nasional menawarkan harga tiket masuk khusus yang lebih murah.

Harga Tiket Masuk TN Alas Purwo
Turis DomestikRp5.000
Turis MancanegaraRp150.000
Rombongan min. 10 orang WNIRp3.000
Rombongan min. 10 orang WNARp100.000

Baca: Berbagai Pilihan Tempat Wisata di Banyuwangi

Jam Buka Taman Nasional Alas Purwo

Untuk jam buka tempat wisata ini adalah setiap hari mulai dari Senin hingga Jumat. Dibuka mulai pukul 07.30-16.00. Setiap Sabtu dan Minggu taman nasional akan ditutup.

Jam Buka
Senin-Jumat07.30-16.00
Sabtu-MingguTUTUP

Ragam Aktivitas Wisata Di Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai kegiatan di alam. Berbagai aktivitas bisa dilakukan mulai dari berkunjung ke pantai sampai melihat berbagai spesies flora dan fauna. Berikut beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di Taman Nasional ini.

Berkunjung ke Pantai Plengkung

Selancayr di pantai G land Alas Purwo
Ombak pantai yang tinggi dan menantang menjadi sasaran para surfer – Instagram/tnalaspurwo

Mengunjungi Pantai Plengkung atau yang lebih dikenal dengan G-land merupakan hal wajib bagi para peselancar. Pantai Plengkung dikenal memiliki ombak terbaik kedua sedunia. Untuk menuju ke pantai ini, pengunjung harus menyewa kendaraan pada pihak pengelola. Hal ini dikarenakan jarak tempuh yang cukup jauh yaitu sekitar 11,1 km dan harus membelah hutan.

Baca: PANTAI PLENGKUNG Paduan Keindahan Alam Memukau

Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk lagi untuk masuk ke pantai ini. Jika pengunjung tidak bisa berselancar, disediakan kursus selancar. Pengunjung hanya perlu membayar untuk instruktur dan penyewaan papan selancar. Jika ingin menginap di pantai ini juga bisa.

Pantai ini memiliki fasilitas homestay. Dilengkapi dengan restoran, bar dan club 24 jam menjadikan pantai ini diburu oleh turis asing. Penggunaan mata uang di pantai ini yang paling sering adalah dollar USD. Karena itu jika berencana menginap, pengunjung harus menyediakan mata uang dollar.

Melihat Aneka Ragam Flora dan Fauna

Pemandangan savana sadengan
Pemandangan savana Sadengan di TN Alas Purwo yang menyegarkan mata, pada jam tertentu kan terlihat banyak satwa liar – Instagram/tnalaspurwo

Ke taman nasional tentu tak akan lengkap jika tidak mengamati aneka ragam flora dan fauna yang ada. Pengunjung bisa melihat satwa liar di savana Sadengan. Jam terbaik adalah jam 06.00-09.00 dan 15.30-17.00 dimana satwa sedang bermain dan mencari makanan.

Selain fauna yang beragam ada juga flora yang beragam. Taman nasional ini sekitar 40% lahannya ditumbuhi oleh hutan bambu. Hingga saat ini tercatat ada 584 jenis tumbuhan terdiri dari herba, semak, rumput, liana dan pohon.

Baca: Pantai PULAU MERAH Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Selain itu terdapat juga hutan bakau, padang penggembalaan, dan lain-lain. Bagi pengunjung yang ingin melakukan penelitian mengenai flora dan fauna di taman ini juga bisa. Untuk itu harus mendapatkan ijin dari pihak pengelola. Setelah mendapat ijin, pengunjung diharuskan membayar sejumlah biaya yang dibedakan tarifnya antara WNI dan WNA.

Berkunjung ke Pantai Pancur

Pasir putih di tepi Pantai Pancur
Berkunjung dan bermain di Pantai Pancur bisa dilakukan ketika berkunjung ke taman nasional ini. Foto: Google Maps/Andi Febriant

Pantai Pancur ini terletak satu lokasi dengan taman nasional. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang wajib didatangi pengunjung karena memiliki keunikan. Yaitu pantai ini berasal dari aliran sungai kecil berair tawar yang langsung menuju ke laut.

Aliran sungainya yang unik karena menyerupai air terjun kecil menyebabkan pantai ini dinamakan Pancur yang berarti pancuran. Air laut yang biru dan jernih menggoda pengunjung untuk berenang menikmati segarnya air.

Selain itu pengunjung yang ingin berkemah, disediakan camping ground atau area khusus untuk berkemah di pantai ini. Jika berminat mendirikan tenda bisa menghubungi pihak pengelola.

Berkunjung ke Pantai Trianggulasi

sunset di pantai trianggulasi
Menyaksikan sunset di pantai Trianggulasi bisa menjadi pilihan aktivitas ketika berkunjung ke TN Alas Purwo. Foto: Google Maps/Diah Ayu Warista

Aktivitas selanjutnya adalah pengunjung bisa berkunjung ke Pantai Trianggulasi. Pantai ini memiliki banyak pepohonan rimbun seperti pohon nyampung, bogem dan pohon laut.

Di pantai ini pengunjung bisa melihat banyak satwa yang berkeliaran di sekitar pantai. Mulai dari kera abu-abu, rusa,  babi hutan, musang, dan lain-lain. Pasir yang putih dan air laut yang jernih membuat pengunjung betah bersantai di pantai ini.

Pengunjung yang ingin menginap juga tidak perlu bingung, karena pihak pengelola menyediakan tempat penginapan di pantai ini. Bagi yang ingin bermain air juga terdapat toilet untuk mengganti pakaian dan membersihkan diri.

Kegiatan Unik Bersemedi di TN Alas Purwo

Goa Istana TN Alas Purwo
Goa Istana salah satu gua yang bisa dikunjungi di dalam area taman nasional. Foto: Google Maps/ Surya Lesmana

Banyak pengunjung yang datang ke taman nasional ini tidak saja untuk berekreasi tetapi juga untuk bersemedi di gua. Di taman nasional ini terdapat kurang lebih 40 gua. Tapi ada dua gua yang terkenal sebagai tempat melakukan semedi maupun upacara religius. Yaitu Gua Padepokan dan Gua Istana.

Tak hanya bersemedi, pengunjung juga datang untuk meminta pesugihan. Biasanya akan dilakukan pada malam hari baik di Gua Istana maupun di makam Mbah Dowo. Makam Mbah Dowo ini memiliki panjang 7 meter dan berisi tombak pusaka yang sangat sakti miliki Mpu Barada. Karena itulah banyak orang yang berkunjung ke makam ini.

Baca: Pantai-pantai paling asik di Banyuwangi

Mengapa Alas Purwo sering dijadikan tempat bersemedi dan meminta pesugihan? Karena dipercaya tempat ini adalah tempat berkumpulnya mahluk halus di Pulau Jawa. Tidak salah jika taman ini mendapat predikat sebagai hutan paling angker se Jawa. Pengunjung harus menjaga kelakuan dan perkataan agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas

Taman nasional ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap yaitu :

  • Penginapan
  • Mushola
  • Toilet
  • Penyewaan mobil
  • Penyewaan guide

Lokasi Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo terletak di Jalan Brawijaya no. 20, Kebalenan Kecamatan Banyuwangi Jawa Timur. Untuk pintu masuk lokasi ini ada di Bedul, Rawa Bendo.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.