Beranda Tempat Wisata

4 Tempat Wisata Petik Apel di Kota Batu

Malang telah dikenal sebagai Kota Apel, yang memiliki tanaman apel dengan kualitas unggulan. Tapi sebenarnya, wisata petik apel bukanlah di Kota Malang, melainkan Kota Batu. Kota Batu berada kurang lebih 15 kilometer dari Kota Malang. Dimana Kota Batu memiliki suhu yang sejuk, sehingga cocok sebagai tempat tumbuh tanaman apel.

Ada lima jenis apel yang ditanam, yaitu Manalagi, Granny Smith, Anna, Wanglin, dan Rome Beauty. Tiap jenis memiliki rasa serta tekstur daging buah yang berbeda-beda. Di sini, pengunjung diperbolehkan memakan sepuasnya apel di kebun. Selain itu, di Kota Batu sendiri memiliki banyak tempat petik apel yang terkenal.

Harga Tiket Wisata Petik Apel Kota Batu

Umumnya setiap wisata petik apel memiliki harga tiket masuk yang berbeda. Namun, kisarannya tidak jauh berbeda satu sama lain. Yang membedakan adalah fasilitas yang didapatkan oleh pengunjung ketika berada di kebun apel.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp 20.000-Rp 85.000

Baca: 20+ Tempat Wisata Seru di Kota Batu

Jam Operasional

Untuk dapat berkunjung ke kebun apel, dapat dilakukan dari pagi hingga sore hari. Tentu waktu yang tepat adalah di pagi atau sore hari, supaya tidak tersengat terik matahari. Namun, jika sampai di lokasi siang hari pun tidak masalah. Kota Batu yang sejuk dan rimbunnya pohon apel, dapat menyejukkan suasana sambil menikmati segarnya apel.

Jam Operasional
Setiap hari 07.00-18.00 WIB

Wisata Petik Apel Kota Batu

Aktivitas memetik apel ini telah menjadi destinasi wisata unggulan. Bahkan, biro perjalanan telah menyediakan paket wisata termasuk wisata petik apel. Berikut beberapa tempat yang menyediakan kegiatan wisata memetik apel yang ada di Kota Batu. Yang mana biasa menjadi tujuan para wisatawan untuk memetik apel.

Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi

Agro Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi
Agro Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi. Foto: Gmaps/Akmal Muhamad

Baca: TAMAN LANGIT Malang Tiket & Spot Foto

Agro Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA) menyediakan berbagai jenis apel. Yang mana memungkinkan pengunjung untuk datang kapan saja tanpa harus menunggu musim. Di sini, pengunjung dapat menikmati apel langsung di kebun serta mendapatkan air minum saat masuk. Pengunjung pun dapat menikmati apel sambil duduk di gazebo yang tersedia.

Biaya masuk di KTMA adalah Rp 20.000 saat hari biasa, dan Rp 25.000 saat akhir pekan. Jika ingin membawa hasil petikan pulang, pengunjung dikenakan biaya Rp 20.000 per kilogram. KTMA ini berada di Jalan Pangeran Diponegoro No.24, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Pengunjung dapat menuju KTMA setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 6 petang.

Selain harga tiket masuk, pengunjung juga akan dikenakan tarif parkir. Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor, dikenakan tarif Rp 4.000. Sementara untuk mobil, dikenakan Rp 8.000.

Wisata Petik Apel Agro Rakyat

Area kebun Agro Rakyat
Wisata Petik Apel Agro Rakyat. Foto: Gmap/Doriani Lingga

Di sini, pengunjung dapat menikmati apel-apel yang berdahan rendah. Di sini hanya tersedia empat dari lima jenis apel, yang mana tidak terdapat Granny Smith.

Baca: Eco Green Park Malang Tiket & Wahana

Pengunjung hanya diperbolehkan memetik apel sesuai dengan area yang ditentukan oleh pengelola. Dimana pengunjung akan ditunjukkan apel-apel yang siap panen, bukan apel yang masih mentah.

Memetik apel di Agro Rakyat terbilang mudah. Karena memiliki dahan yang rendah, jadi pengunjung dapat memetik dengan nyaman. Tetap diingat bahwa harus memetik dengan baik, supaya tidak merusak bunga apel. Akan lebih baik jika memetik apel dengan gunting tanaman.

Untuk harga tiket masuk, pengunjung akan dikenakan Rp 25.000 per orang. Sementara jika ingin membawa pulang apel, akan dikenakan biaya Rp 12.000 per kilogram. Lokasinya berada di Jalan Raya Sidomulyo, Sidomulyo, Kecamatan Batu. Pengunjung dapat mengunjungi mulai pagi pukul 7 hingga pukul 6 petang.

Kusuma Agrowisata

wisata petik apel kusuma agro wisata
Salah satu tempat wisata yang juga menyediakan aktivitas petik apel di Malang. Foto: Google Maps/Ratno Partawi

Kusuma Agrowisata dapat dikatakan menjadi area yang termahal. Karena, tiket masuk untuk wisata ini sebesar Rp 85.000. Meski begitu, pengunjung akan disuguhkan tidak hanya wisata petik apel, tapi juga buah lainnya. Diantaranya buah strawberry dan jambu, yang juga dapat dipetik oleh pengunjung.

Baca: Kusuma Waterpark Kota Batu Tiket & Wahana

Kualitas buah di sini sangat baik, pengunjung pun akan ditemani pemandu untuk berkeliling kebun. Tiket masuk yang dibayarkan sudah termasuk pancake strawberry ice cream dan yogurt. Selain wisata petik buah, juga terdapat waterpark dan arena outbound. Selain itu, Kusuma Agrowisata juga menyediakan penginapan bagi wisatawan.

Di Kusuma Agrowisata, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Kota Batu, karena berada di ketinggian 1.000 mdpl. Untuk dapat menikmati wisata ini, wisatawan dapat berkunjung pada pukul 8 pagi hingga 6 petang. Lokasinya berada di Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu.

Wisata Petik Apel Mandiri

wisata petik apel kota batu
Wisatawan sedang memetik apel langsung dari pohonnya. Foto: Google Maps/ Pelangi Assifanie

Wisata Petik Apel Mandiri menjadi yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Di sini, pengunjung dapat memetik apel sepuasnya, dan makan sepuasnya di kebun. Jenis yang paling populer di sini adalah merah dan hijau. Rasanya manis asam dan sangat segar.

Baca: BATU NIGHT SPECTACULAR (BNS) Tiket & 10 Wahana Keren

Pengunjung dibebaskan untuk memetik sebanyak-banyaknya dan memakan sebanyak-banyaknya di kebun. Tiket masuknya cukup terjangkau hanya Rp 20.000. Pengunjung pun bebas memilih, mau apel hijau yang manis, atau merah yang asam.

Jika ingin membawa pulang apel untuk oleh-oleh, juga bisa dilakukan. Pengunjung akan dikenakan biaya Rp 20.000 hingga Rp 40.000, untuk hasil petikan yang dibawa pulang. Area wisata dibuka mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore. Berlokasi di Jalan Raya Junggo No.33, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here