Taman Air Mancur Sri Baduga bisa dijadikan destinasi wisata ketika berlibur ke Perwakarta. Atraksi air menari yang dihiasi dengan warna-warni lampu siap menghibur pengunjung yang datang ke sini. Berlokasi tidak jauh dari alun-alun purwakarta tepat berada Situ Beleud yang merupakan waduk penampungan air.

Taman hijau yang dibangun dengan total luas tidak kurang dari 4 ha ini menawarkan beragam aktivitas selain air mancur. Tidak heran jika setiap akhir pekan taman rekreasi ini selalu ramai. Baik oleh pengunjung lokal maupun wisatawan dari dari daerah sekita seperti Bandung dan Jakarta.

Jam Buka & Jadwal Air Mancur

Untuk Taman Sri Baduga sendiri dibuka setiap hari karena merupakan fasilitas umum. Namun untuk pertunjukan air mancur hanya bisa disaksikan setiap malam minggu.

Jam Buka & Jadwal Air Mancur Taman Sri Baduga
Taman – Setiap Hari06.00 – 09.00 dan 17.30 – 21.00
Air Mancur – Sabtu19.30 dan 20.30

Baca: Cikao Park Purwakarta Tiket & 6 Aktivitas

Harga Tiket Masuk

Karena merupakan taman kota dan ruang publik, maka tidak ada tiket masuk yang ditetapkan untuk menikmati kawasan ini. Wisatawan cukup datang dan mencari spot terbaik untuk menyaksikan keindahan air mancur di situ belud ini.

Atraksi & Aktivitas Taman Air Mancur Sri Baduga

Seperti namanya tentu daya tarik utama taman rekreasi keluarga ini adalah pertunjukan air mancurnya. Namun jangan salah, masih banyak kegiatan wisata bisa dilakukan di sini. Mulai dari wisata kuliner sampai berpiknik dan bersantai bisa dilakukan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan

Atraksi Air Mancur

pertunjukan air mancur di Sri Baduga Purwakarta
pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga Purwakarta. foto: googlemap/Johanes Jenito

Pertunjukan air mancur adalah daya tarik utama dari tempat wisata ini. Mengombinasikan pencahayaan dan gerakan air mancur setinggi 6 meter, sangat menarik untuk ditonton. Pertunjukan air mancur dilaksanakan setiap hari Sabtu. Di hari tersebut, pengunjung bisa melihat 2 kali pertunjukan air mancur.

Pertunjukan air mancur dilakukan pada malam hari. Pertama bisa dilihat pukul 19.30 WIB. Sedangkan pertunjukan kedua bisa dinikmati pukul 20.30 WIB. Tidak jarang pengunjung sangat ramai ketika atraksi ini berlangsung.

Menikmati Sate Maranggi

Sate maranggi Taman Air Mancur Sri Baduga
Selain atraksi air mancur, wisatawan juga bisa menikmati sajian kuliner sate maranggi di sekitar kawasan taman.

Sate maranggi sendiri termasuk kuliner khas Purwakarta. Rasa sate ini khas karena bumbu rendaman yang digunakan sebelum dibakar. Setelah dibakar, siraman saus kacang menambah kenikmatan tersendiri.

Di sini pengunjung bisa menikmati sate maranggi sambil menonton air mancur. Hal tersebut dikarenakan di tepat di bagian depan Situ Buleud terdapat Kampung Sate Maranggi. Kampong Sate Maranggi buka setiap Jumat dan Sabtu sehingga bisa menjadi teman bersantai saat di Situ Beleud.

Baca: Jatiluhur Water World Purwakarta Tiket & Wahana

Spot Foto Menarik

patung sri baduga malam hari
Patung Sri Baduga Mahara salah satu spot foto yang jadi favorit pengunjung Taman Air Mancur ini. Foto: Google Maps/ Yoga Pratama

Taman rekreasi ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto terutama saat malam. Pemandangan pertunjukan air mancur seolah tidak bisa diabaikan untuk diabadikan. Selain saat malam hari, tidak sedikit pengunjung yang juga berfoto di pagi/siang hari.

Misalnya di bagian depan yang terdapat tulisan “Taman Air Mancur Sri Baduga”. Ataupun berfoto dengan latar patung Sri Baduga Mahara yang ada di tengah Situ Beleud.

Baca: Giri Tirta Kahuripan Purwakarta Tiket & Aktivitas Seru

Berpiknik di Taman Air Mancur Sri Baduga

Pengunjung bisa bersantai di sekitar kawasan Taman Sri Baduga. Bisa sambil menikmati aneka kuliner ataupun hanya sekedar duduk dan mengobrol. Apalagi di kawasan wisata ini memiliki pemandangan yang indah dengan banyak pohon dan patung.

Taman wisata ini juga cocok untuk berpiknik bersama dengan keluarga. Pengunjung bisa membawa makanan dan minunan sendiri dari rumah untuk menghemat pengeluaran. Sambil menikmati waktu bersama keluarga, bisa mengajak anak untuk bermain-main misalnya berlarian di taman.

Pemandangan Matahari Terbit

Melihat matahari terbit dari taman di pagi hari
M. foto: instagram/purwakarta.pisan

Selain untuk berjoging, pengunjung yang datang di pagi hari bisa menikmati matahari terbit. Semburat kuning akan menambah keindahan Taman Sri Baduga. Sambil menikmati matahari terbit, pengunjung juga bisa melakukan relaksasi. Misalnya melakukan pemanasan ataupun yoga untuk kesehatan tubuh.

Berolahraga

Taman ini juga berfungsi sebagai sarana olahraga. Pengunjung yang datang, terutama pada pagi hari, bisa berjalan-jalan atau jogging di lintasan jogging. Tidak jarang, di Sri Baduga, juga didapati kelompok yang sedang mengadakan senam bersama.

Pengunjung juga bisa bersepeda di area Taman. Akan tetapi, pesepeda harus berhati-hati karena banyak pengunjung yang melakukan aktivitas lain. Salah satunya adalah lari, agar tidak menciderai pengunjung yang lainnya.

Fasilitas Taman Air Mancur Sri Baduga

Di sekitar situ Beleud dilengkapi dengan tempat duduk untuk menonton pertujukan. Fasilitas lain yaitu toilet, mushola dan pintu masuk khusus untuk lansia, disabilitas dan ibu hamil.

Walaupun tidak ada tempat makan khusus yang dibangun pemerintah, namun sudah banyak warung di kawasan wisata. Sedangkan untuk parkir, pengunjung harus rela memarkir kendaraan di pinggir jalan karena kawasan parkir kurang luas.

Lokasi Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman rekreasi ini berlokasi di kawasan Situ Beleud. Tepatnya di Negeri Kidul, Purawakarta, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.