Beranda Tiket Wisata

Curug Cipurut Purwakarta Tiket & Ragam Aktivitas - Mei 2020

Curug Cipurut Harga Tiket: Rp10.000 - Rp15.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Babakan,Wanayasa,Purwakarta,Jawa Barat ,Indonesia,41174.

Berencana liburan di Purwakarta? Atau masih bingung menentukan destinasi wisata? Selain wisata kotanya yang bersejarah dan kaya akan budaya, jangan lupa untuk memasukkan Curug Cipurut ke daftar wajib sebagai tujuan berlibur dan rekreasi alam.

Objek wisata berupa air terjun ini termasuk dalam kekayaan alam Kabupaten Purwakarta. Dalam satu kawasan, pengunjung dapat berkemah, menikmati keindahan air terjun, bermain air di sungai yang jernih, sambil diselimuti sejuknya udara pegunungan yang bersih.

Tiket Masuk Curug Cipurut

Harga tiket masuk Curug Cipurut masih sangat terjangkau oleh berbagai kalangan. Jika ingin berkemah, wisatawan dikenakan biaya tambahan.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000
CampingRp15.000 per tenda
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp8.000

Baca: 8 Tempat Wisata Menarik Di Purwakarta

Jam Buka

Kawasan wisata air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari, mulai dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Keindahan Curug Cipurut

Air terjun berundak curug cipurut
Secara keseluruhan, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 25 meter – Foto: Google Maps/Hidayatull Musbarr

Baca: CIKAO PARK Purwakarta Tiket & 6 Aktivitas Seru

Curug Cipurut merupakan air terjun yang berada di Kabupaten Purwakarta, tepatnya di Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa. Air terjun ini adalah bagian dari kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang.

Lokasi curugnya cukup tersembunyi dan membutuhkan sedikit tenaga ekstra untuk bisa dicapai. Namun, ternyata letaknya relatif dekat dari jalan raya. Dilengkapi area perkemahan yang nyaman, Cair terjun ini bisa jadi destinasi menarik untuk wisata keluarga maupun kerabat.

Trekking Kebun Teh

Perkebunan teh
Hamparan kebun teh yang menghiasi sisi-sisi jalan setapak menuju Curug Cipurut – Foto: Google Maps/Hidayatull Musbarr

Baca: Jatiluhur Water World Tiket & Wahana

Perjalanan ke Curug Cipurut diawali dari jalur trekking dari area parkir. Pengunjung harus menyusuri jalan setapak sempit untuk bisa sampai ke lokasi curug. Jalan ini berupa tanah merah yang akan licin ketika hujan tiba.

Jarak yang akan ditempuh kurang lebih sekitar 1 kilometer. Rute ini akan membawa pengunjung melintasi hutan Gunung Burangrang. Selain itu, pengunjung juga akan melewati kawasan perkebunan teh.

Jalur trekking selain masih berupa tanah, juga melewati daerah berkontur curam. Sangat disarankan menggunakan alas kaki yang nyaman seperti sandal gunung atau sepatu olahraga. Jalurnya yang menantang juga cocok bagi pecinta olahraga sepeda.

Pengunjung dapat berhenti sejenak dan beristirahat di tengah jalan. Nikmati keindahan panorama kebun teh di sekeliling yang menyegarkan sambil melepas lelah. Sambil menghirup udara segar dataran tinggi, kumpulkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan.

Curug di Tengah Hutan

Mengalir di tebing berbatu alami
Kontur bebatuannya memberikan aksen dan keindahan tersendiri bagi Curug Cipurut – Foto: Google Maps/Dadidudeo _

Baca: URBAN FARMING Purwakarta Tiket & Aktivitas

Semakin dekat dengan lokasi air terjun, suara aliran air akan semakin terdengar. Aliran sungai dengan bebatuan mulai terlihat di pinggiran jalan setapak.

Curug Cipurut berada di ujung jalan setapak. Air terjun ini mengalir di dinding tebing dengan ketinggian mencapai 25 meter. Di sisi kanan dan kiri, tanaman liar dan lumut tampak menyelimuti tebing. Di bawahnya, terdapat telaga kecil penuh bebatuan yang mengalir menjadi sungai/

Aliran air di sini bergantung pada musim. Di musim kemarau, aliran airnya akan menurun. Sebagai gantinya, pengunjung dapat melihat bebatuan di dinding tebing dengan jelas. Sementara di musim hujan, debit air bertambah dan menciptakan jatuhan air terjun yang deras.

Dinding Batu Alam

Bebatuan berundak
Dinding bebatuan tempat air terjun mengalir memiliki kontur unik yang terbentuk secara alami – Foto: Google Maps/Himawan Setiyo

Baca: Giri Tirta Kahuripan Purwakarta Tiket & Aktivitas

Salah satu keindahan air terjun ini adalah bebatuan alaminya yang tampak bertumpuk dan berlapis, sehingga menciptakan aliran air yang terkesan geometris. Bentuk ini membuat Curug Cipurut tampak seperti air terjun buatan di tengah hutan.

Aliran sungai curug cipurut
Bebatuan landai yang unik seringkali jadi tempat berseluncur bagi pengunjung – Foto: Google Maps/Abu Hamzah

Daya tarik Curug Cipurut lainnya adalah aliran air yang jernih serta telaganya yang dangkal. Lokasi jatuhan air terjun ini didominasi oleh bebatuan sungai berbagai ukuran. Anak-anak hingga orang dewasa bisa dengan santai bermain air di dekat curug maupun di sungai sekitarnya.

Uniknya lagi, terdapat bagian air terjun di tingkat terbawah yang meluncur di batuan landai. Bagian ini seringkali dianggap “perosotan” alami dan dipakai untuk seluncuran oleh pengunjung.

Area Berkemah yang Tenang

Area berkemah di curug cipurut
Area berkemah di lahan hutan pinus yang sejuk dan tenang – Foto: Google Maps/KangGuru Channel

Baca: Taman Batu Purwakarta Tiket & Ragam Aktivitas

Curug Cipurut adalah kawasan cagar alam yang terjaga kealamiannya. Tidak hanya pengelola, pengunjung pun diminta kontribusinya untuk menjaga kebersihan kawasan wisata ini. Tidak ada penginapan atau homestay yang bisa ditemukan di sekitar air terjun.

Namun, bagi pengunjung yang ingin bermalam bisa memilih berkemah. Terdapat lahan untuk berkemah dengan dikelilingi pohon pinus yang nyaman dan tenang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari aliran sungai Curug Cipurut. Bermalam di sini bisa jadi alternatif rekreasi alam yang menyenangkan.

Fasilitas Curug Cipurut

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug Cipurut sudah lengkap dan cukup memadai. Untuk area parkir dan penitipan kendaraan, disediakan lahan di rumah warga. Toilet, mushola, serta sejumlah warung bisa dengan mudah ditemui di sekitar curug. Lahan untuk piknik dan berkemah juga ada di sini.

Yang perlu diperhatikan adalah sarana akses jalan yang belum terlalu baik. Jalan menuju area parkir sudah cukup mulus, tetapi jalan setapak masih berupa lapisan tanah merah. Di beberapa titik juga jalannya curam dan berbatu sehingga tidak terlalu ramah bagi lansia atau kaum disabilitas.

Lokasi Curug Cipurut

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Lokasinya bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan dapat melalui rute dari Kota Purwakarta ke Kecamatan Wanayasa, kemudian ke Kecamatan Bojong. Saat bertemu pertigaan, belokkan kendaraan ke kiri menuju Desa Sumurugul.

Bagi yang memilih menggunakan angkutan umum, gunakan transportasi dari Kota Purwakarta ke Terminal Simpang. Dari sini, pilih angkutan jurusan Wanayasa hingga tiba di terminal. Dari Terminal Wanayasa, wisatawan tinggal menggunakan angkutan desa atau ojek yang membawa hingga ke gerbang kawasan Curug Cipurut di Desa Sumurugul.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini