Beranda Tiket Wisata

WADUK CIRATA Tiket & 4 Aktivitas Wisata Seru - November 2020

Waduk Cirata
Harga Tiket: Rp3.000 - Rp50.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Bobojong,Mande,Cianjur,Jawa Barat,Indonesia,43292.

Waduk Cirata selain berfungsi sebagai reservoir juga menjadi salah satu tujuan wisata. Keindahan alam sekitar waduk yang berbukit serta masih asri merupakan daya tarik utama. Selain tentu saja berbagai wahana yang seru untuk dimainkan.

Airnya yang jernih dan segar menambah keseruan suasana wisata di waduk ini. Tidak ketinggalan berbagai wahana dan kuliner yang hadir untuk memanjakan pengunjung.

Harga Tiket Masuk Waduk Cirata Bandung Barat

Harga tiket masuk disesuaikan dengan kendaraan yang dikendarai oleh wisatawan. Tentu tiket motor dan mobil berbeda berapapun jumlah penumpangnya. Namun beberapa waktu yang lalu, untuk mobil jenis Elf dikenakan tarif yang tinggi. Dan tiketnya pun resmi karena terdapat cap dari pengelola objek wisata.

Harga Tiket Masuk
MotorRp 3.000
MobilRp 5.000
MinibusRp 50.000

Baca: 60+ Destinasi Wisata Terbaik di Bandung

Jam Operasional

Objek wisata ini dapat dinikmati kapan saja. Umumnya, wisatawan datang dari pagi hingga sore hari. Dan pemandangan paling indah ketika berada di sini adalah saat pagi dan sore hari. Ketika matahari sedang terbit atau terbenam.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keindahan Bentangan Danau yang Memukau

Pengunjung akan dibawa Berkeliling dengan Perahu ini
Pengunjung akan dibawa Berkeliling dengan Perahu ini. Foto: Gmap/Endang Hermawan

Waduk Cirata menyimpan segudang keindahan alam. Sebagai penampung air terbesar di Asia Tenggara, tempat ini dikelola dengan begitu baik. Infrastruktur telah dibangun dengan baik dan terawat, yang tidak meninggalkan keaslian alamnya. Sehingga keindahan tetap terjaga dengan baik.

Air waduk menghampar begitu luas, dari jauh jernihnya begitu jelas. Bahkan tampak hijau berkilauan karena pantulan tanaman di sekitarnya. Rerumputan dan pepohonan masih memenuhi area di sekitar waduk. Dari jauh pun tampak perbukitan yang ditumbuhi dengan pepohonan hijau nan subur.

Baca: Stone Garden Bandung Tiket & Aktivitas

Perahu – perahu nelayan tampak mengapung di permukaan air, tanda sedang membawa penumpang berkeliling danau. Tampak juga perahu – perahu yang berada di tepi danau, siap untuk diajak berlayar. Tak hanya perahu, keramba ikan pun tampak mengapung di permukaan air danau yang tenang.

Pesona PLTA Terbesar di Asia Tenggara

Waduk Terbesar se Asia Tenggara
Waduk Terbesar se Asia Tenggara. Foto: Gmap/Asmar SIAGIAN

Waduk Cirata merupakan PLTA terbesar se-Asia Tenggara. Tak heran, tempatnya begitu dirawat dan dijaga keasriannya, serta infrastruktur yang memadai. Selain itu, danau ini juga berada di tiga kabupaten, yang waduknya berada di Bandung Barat. Tidak hanya waduknya, gedung kontrol kendali waduk juga ada di Bandung Barat.

Sedangkan Power House pembangkit tenaga listriknya berada di Kabupaten Purwakarta. Karena tempatnya yang luas ini, menjadikan waduk ini menyandang PLTA terbesar di Asia Tenggara. Kapasitas pembangkitnya mencapai 1008 MW, dengan energi listrik yang dihasilkan pertahun 1428 GWH. Yang mana pembangunan tahap pertamanya selesai pada 1988, dan tahap kedua selesai pada tahun 2007.

Baca: SITU PATENGGANG Tiket & Aktivitas

Uniknya lagi, PLTA ini memiliki 4 terowongan. Panjang terowongan ini mencapai 640 meter dengan diameter 10 meter. Yang juga memiliki 8 unit turbin, 8 generator, serta 4 unit travo. Bunker terowongan ini ada di bawah bukit, yang akan tampak pintunya dari daerah waduk.

Berkeliling Danau dengan Perahu Tradisional

Perahu yang Terparkir di Tepi Danau
Perahu yang Terparkir di Tepi Danau. Foto: Gmap/Ahmed Alhumaidy

Berada di atas danau memang paling asyik sambil berlayar. Beberapa perahu nelayan sudah terparkir di tepi danau, siap mengajak wisatawan berkeliling. Udara yang sejuk akan langsung menyambangi wisatawan tatkala berlayar. Angin sepoi menerpa dengan begitu lembut, membawa aroma khas perairan yang wangi.

Tidak hanya diajak berkeliling, wisatawan juga akan diajak mampir ke keramba nelayan setempat. Keramba atau kolam ikan apung di tengah danau ini sengaja dibuat. Dan menjadi tempat budidaya ikan air tawar dengan air danau alami. Wisatawan dapat membeli langsung ikan di keramba ini, yang tentunya akan sangat segar.

Baca: SITU BULEUD Ragam Aktivitas Wisata Menarik

Selepas membeli ikan, pengunjung dapat langsung mengolahnya di warung tepi waduk. Bisa juga dibawa pulang sebagai oleh – oleh atau untuk dimasak di rumah.

Menikmati Kuliner Khas Sunda di Tepi Waduk

Kedai yang ada di kawasan wisata ini terbilang masih sederhana. Karena sederhananya ini, membawa suasana khas Sunda yang semakin terasa. Bangunannya terbuat dari anyaman bilik bambu dan kayu penyangga. Lantainya pun berupa lantai kayu berlapis lampit bambu, dengan atap genteng tanah liat.

Menu yang disajikan tentunya tidak jauh dari menu ikan. Ikan bakar, ikan goreng, serta hidangan berbahan dasar ikan menghiasi daftar menu. Pengunjung tinggal memilih olahan ikan dan ikan jenis apa yang ingin dinikmati. Makin lengkap jika memesan nasi liwet yang khas sekali dengan tanah Sunda.

Berolahraga di Kawasan Waduk Cirata

Infrastruktur di objek wisata ini telah dibangun dengan baik. Jalanan pun sudah diaspal halus, sehingga nyaman dilewati. Ini menjadi keuntungan bagi wisatawan yang ingin berolahraga. Di pagi atau sore hari, menjadi waktu yang tepat berolahraga di sini.

Pengunjung bisa jogging dengan nyaman. Atau berkeliling dengan sepeda, sambil menikmati angin sepoi yang menerpa. Tentu olahraga bukan lagi kegiatan yang menyebalkan jika dilakukan di sini.

Lokasi Waduk Cirata

Objek wisata ini terletak di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, dan Purwakarta. Akses terdekat untuk sampai di lokasi waduk adalah dari Cianjur. Jaraknya hanya 23 Km saja, sedangkan dari Bandung atau Purwakarta bisa mencapai 60 Kilometer-an.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini