7 Wisata Kuliner Bandung, Enak, Murah, Recommended!

Bandung merupakan salah satu tujuan wisata favorit di kalangan traveler dengan segala keunikannya. Selain wisata alam, Bandung juga dikenal sebagai destinasi wisata kuliner. Tidak berlebihan memang kalau Bandung jadi destinasi favorit.

Ditambah dengan kemudahan akses transportasi menuju Bandung. wisatawan bisa menggunakan kereta api, bus maupun kendaraan pribadi. Nah, berikut ini rekomendasi wisata kuliner Bandung yang terkenal enak dan patut dicicipi.

1. Paskal Food Market

Paskal Food Market pusat wisata kuliner di Bandung
Berburu aneka makanan dan jajanan khas Bandung dengan harga ramah kantong di Paskal Food Market. Foto: Gmaps/Darsono Tan

Tempat ini sebetulnya adalah foodcourt yang masih menjadi bagian dari Paskal Hyper Square. Mengusung tagline ‘ada 1100 menu’, berbagai jenis makanan dan minuman bisa tersedia di sini. Bukan saja soal menu, tempat ini juga terasa istimewa karena menawarkan suasana berbeda. Cukup sediakan uang minimal Rp10.000, pengunjung bisa membeli jajanan di sini.

Setidaknya ada 50 kios makanan berat dan camilan di Paskal Food Market. Variasinya juga beragam, mulai dari camilan murah-meriah hingga yang legendaris. Karena ragam menunya menjadikan tempat ini pilihan yang tepat untuk wisata kuliner Bandung.

Baca: Goldstar 360 Bandung wisata kuliner pemandangan spektakuler

2. Pasar Cisangkuy

Pasar Cisangkuy merupakan foodcourt di Bandung yang menawarkan menu dari berbagai daerah hingga negara
Menikmati aneka menu makanan dari berbagai daerah dan negara dengan suasana unik di Pasar Cisangkuy. Foto: Gmaps/Anjas Prawioko

Pasar Cisangkuy menawarkan aneka jenis makanan dan minuman dari berbagai daerah. Mulai dari kuliner tradisional hingga makanan khas Korea, Jepang dan ala barat. Di foodcourt satu ini, pengunjung bisa mencicipi aneka jenis minuman mulai dari yang segar sampai hangat.

Pusat kuliner satu ini memiliki bagian indoor dan outdoor. Di bagian dalam ruangan tersedia tempat duduk berupa sofa dan kursi kayu. Sementara di ruangan luar, pengunjung bisa bersantai lengkap dengan fasilitas big screen untuk nonton bareng. Pengunjung juga bisa menikmati makanan dengan suasana lebih nyaman bersama keluarga atau teman-teman sambil lesehan.

Baca: 7 Cafe di Bandung Tempat Nongkrong Asyik Sambil Ngopi

Wisata Populer Bandung

3. Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung merupakan menu wajib yang harus dicoba saat berada di Bandung
Lezatnya Iga Bakar Si Jangkung yang terasa manis gurih dan mengunggah selera. Foto: Gmaps/Johannes The Traveller

Meski tidak hanya menyajikan iga bakar, tapi sesuai namanya, menu paling populer adalah Iga Bakar Si Jangkung. Iga bakar yang tersaji di atas sebuah hot plate. Tulangnya juga sudah terlepas dari dagingnya sehingga lebih mudah saat menyantapnya. Rasanya sudah pasti nikmat dan sedap.

Perpaduan daging iga bakar berbumbu dengan topping irisan bawang merah dan cabai tentu menggoyang lidah. Sensasi pedas dan manisnya pasti bikin ketagihan. Jika ingin lebih pedas, pengunjung bisa meminta tambahan cabai rawit sesuai yang diinginkan. Menu lainnya di tempat ini adalah sate kambing/ayam, tongseng hingga krengsengan.

Baca: 8 Cafe Ngehits Di Bandung Asik Buat Nongkrong

4. Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu Gempol merupakan salah satu kedai legendaris yang wajib didatangi saat di Bandung
Gurihya bumbu kacang dan cita rasa khas Kupat Tahu Gempol selalu sukses bikin ketagihan. Foto: Gmaps/Dyra Raihan

Warung kupat tahu sederhana ini sudah ada sejak tahun 1965. Saat ini yang berjualan di Jalan Gempol Kulon itu adalah generasi ketiga dari pemilik Kupat Tahu Gempol pertama. Dari isiannya, kupat tahu di sini tidak berbeda dengan kupat tahu umumnya. Isiannya ada irisan kupat ditambah potongan tahu kuning dan dilengkapi taoge rebut.

Tidak ketinggalan ada bumbu kacang, kecap dan taburan bawang goreng, plus kerupuk di atasnya.  Kerupuk merah yang jadi pelengkap Kupat Tahu Gempol menjadi ciri khas yang membedakannya dengan kupat tahu lainnya. Kombinasi rasa gurih dan manis dari bumbu kacangnya membuat siapa pun pasti rela antre demi sepiring kupat tahu ini.

Baca: 7 Toko Oleh-oleh Bandung Terlengkap

5. Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

Kehidupan Tidak Pernah Berakhir tujuan wisata kuliner dengan menu vegetarian
Meski menawarkan menu vegetarian, Kehidupan Tidak Pernah Berakhir juga menyajikan daging yang terbuat dari sayur. Foto: Gmaps/Anto Prijosoesilo

Tempat makan satu ini menyajikan aneka menu vegetarian. Jadi, pengunjung tidak akan menemukan olahan daging hewan di sini. Nama restorannya pun unik, yaitu ‘Kehidupan Tidak Pernah Berakhir’. Meski hanya menawarkan menu sayur-sayuran, tapi soal rasa tidak perlu ditanyakan deh.

Menariknya, pengunjung bisa mencicipi menu daging yang terbuat dari sayuran. Daging buatan tersebut diolah menjadi rendang hingga sate. Selain vegetarian, aneka masakan di sini juga bebas MSG atau vetsin. Wah, bukan hanya jadi santapan yang lezat, tapi juga sehat.

Baca: Punclut Bandung: Tiket Masuk & Ragam Pilihan Kuliner

6. Bebek Ali Borme

Bebek Ali Borme adalah tempat makan dengan menu utama bebek goreng
Bebek goreng menjadi menu unggulan dan paling favorit dari Bebek Ali Borme. Foto: Gmaps/Fany Febriany

Rekomendasi tempat makan bebek di Bandung adalah Bebek Ali Borme. Sebelumnya tempat makan ini berada di dekat rumah sakit Borromeus, Kota Bandung. Namun, kini sudah pindah ke Jalan Teuku Umar No.6, Kota Bandung. Salah satu tujuan wisata kuliner Bandung ini buka mulai jam 10.00-23.00 WIB.

Yang terkenal dari Bebek Ali Borme adalah daging bebeknya yang sangat gurih dengan sambal tomat yang khas. Jika penasaran dengan rasa olahan bebek di sini, disarankan untuk tidak datang terlalu malam. Pasalnya bebek goreng adalah menu favorit di tempat ini sehingga cepat habis.

7. Sudirman Street Day and Night Market

Sudirman Street and Night Market wisata kuliner di Bandung saat malam hari
Mulai dari menu halal hingga non-halal bisa ditemui di Sudirman Street Day and Night Market, ini menjadikan tempat yang pas untuk berwisata kuliner di Bandung. Foto: Gmaps/Sudirman Street Day and Night Market

Tempat wisata kuliner Bandung berikutnya adalah Sudirman Street Day and Night Market. Tempat ini merupakan tempat kuliner di Bandung dengan konsep outdoor. Puluhan kios di tempat ini menyediakan aneka menu Indonesia hingga Chinese Street Food.

Selain itu, ada juga beberapa menu non-halal. Tapi, banyak juga kios yang menawarkan menu-menu nikmat halal. Sudirman Street Day and Night Market pun menjadi tujuan berwisata kuliner bagi semua kalangan. Tentu harga makanan di sini cukup ramah di kantong.

Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *