Air Terjun Tri Sakti Dilengkapi PLTMH Makin Nyaman

Wisata Air Terjun Tri Sakti yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu memiliki hal yang baru. Kini sudah memiliki penerangan listrik yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH). Pembangunan pembangkit listrik ini berguna untuk menunjang kenyamanan pengunjung berwisata ke air terjun.

M Soleh selaku Direktur BUMDes Belirang (Pengelola kawasasn wisata Air Terjun Tri Sakti) mengungkapkan, pemasangan listrik yang sumbernya dari PLMH ini menggunakan bantuan dana desa setempat. “Saat ini sudah dipasang dan juga sudah menyala, tinggal peresmian saja.

Kapasitas PLTMH ini adalah 5.000 watt dan diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan listrik sejumlah fasilitas yang ada di kawasan wisata Air Terjun Tri Sakit mulai dari untuk kebutuhan mushola, toilet, glamping, dan lainnya“ tutur Soleh.

Baca: 4 Daya Tarik PANTAI PASIR PUTIH Bengkulu

Soleh kembali menjelaskan bahwa pemasangan listrik dari PLTMH ini memakai biaya Dana Desa Belitar Seberang tahun anggaran 2021 sebesar 100 juta. Selin itu ditambah dengan swadaya dari masyarakat. Serta dana pembangunan juga didapatkan dari hadiah menang lomba desa tingkat Provinsi Bengkulu di tahun 2021 lalu yang menghasilkan 50 juta rupiah.

“PLTMH ini nantinya akan dioperasionalkan di bawah BUMDES Belirang, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan unit usaha salah satunya untuk kawasan wisata Air Terjun Tri Sakti. Pemasangan PLTMH ini untuk memanfaatkan listrik PLN yang jaraknya cukup jauh dari desa“

Sejauh ini pembangunan dari PLMTH cukup berjalan lancar. Sebagai salah satu sarana prasarana pendukung obyek wisata Air Terjun dengan ketinggian 100 meter itu. Untuk air yang dihasilkan selain air dingin, juga dapat menghasilkan air panas.

“Yang menjadi kendala adalah saat ini akses jalan menuju ke lokasi wisata masih buruk. Kami berharap dari Pemkab Tejang Lebong bisa membangun akses jalan yang baik sehingga akan memudahkan pengunjung untuk datang. Apalagi Air Terjun Tri Sakti sekarang mulai dikenal dan ramai dikunjungi wisatawan“ Imbuh Soleh.

Sebelumnya, M Budianto selaku Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong menyebutkan bahwa pada tahun ini akan ada kegiatan. Yaitu akan diselenggarakan dua ajang bidang kepariwisataan dalam skala besar di daerah itu. Diantaranya ada jelajah alam yang akan berlangsung di kawasan wisata Air Terjun Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi (Agustus 2022).

Untuk ajang yang satu lagi adalah Festival Bukit Kaba yang akan terselenggara di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang. Festival Bukit Kaba ini rencananya akan berlangsung di akhir 2022 mendatang.

Bagikan konten ke: