Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN JANJI Tiket & Ragam Aktivitas - Desember 2020

Air Terjun Janji
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Tipang,Bakti Raja,Humbang Hasudutan,Sumatra Utara,Indonesia ,22457.

Air Terjun Janji merupakan destinasi wisata air terjun yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan. Curahan air dengan ketinggian sekitar 50 meter ini mengalir langsung ke Danau Toba.

Berada sangat dekat, wisatawan sekaligus mendapat panorama berhadapan langsung dengan danau vulkanis terbesar tersebut. Diikat sejarah masa lampau, nama air terjun ini berasal dari cerita yang mengikutinya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Janji

Harga Tiket
Harga Tiket MasukGratis

Baca: Tempat-tempat wisata terbaik di Humbang Hasudutan

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Setiap hariPagi hingga sore

Ragam Aktivitas di Air Terjun Janji

suasana di air terjun janji
Suasana asri dengan taman yang tertata di sekitar air terjun. Foto: Google Maps/ rio pratomo

Air Terjun Janji dikelola seadanya oleh Bohal Marbun, penerus keturunan Raja Marbun bersama keluarganya. Namun lokasinya tampak bersih dan terawat dengan jalan setapak dari semen yang dibangun sendiri. Mengunjungi destinasi ini, wisatawan dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan tata kesopanan.

Wisatawan juga tidak dikenakan tarif khusus untuk menikmati keindahan alamnya. Hal tersebut merupakan wasiat ‘dari oppung ke oppung’. Lokasi air terjun in juga ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menikmati Pemandangan Danau Toba

Melepas pandang ke panorama di hadapan Wisata Air Terjun Janji Humbang Hasandutan Sumatera Utara - ilhamaulia_koto
Melepas pandang ke panorama Danau Toba yang berada di hadapan Wisata Air Terjun Janji – Foto : Instagram/ilhamaulia_koto

Menempuh perjalanan menuju Air Terjun Janji, wisatawan dapat menikmati panorama yang benar-benar memukau. Suasana alam perdesaan dan panorama pengunungan berbatu menjulang tinggi di sepanjang tepi Danau Toba. Pesona pulau mungil di tengah danau pun dapat terlihat sebelum tiba di lokasi wisata.

Pemandangan kawasan telaga vulkanis terbesar di dunia tersaji tak jauh dari lokasi air terjun. Hamparan airnya tenang nan biru dibingkai gugusan barisan gunung serta perbukitan batu.

Baca: Wisata Sipinsur Tiket & Pesona Alam

Air terjun dan Danau Toba berjarak sangat dekat, hanya dibatasi jalan dan petak kebun. Berada di area pantainya, keindahan air terjun dan lanskap Danau Toba dapat dinikmati sekaligus.

Mengenal Cerita di Balik Nama Air Terjun

Air Terjun Sampuran Janji merupakan nama lengkap objek wisata di tepi Danau Toba ini. Sampuran dalam bahasa lokal Batak mempunyai arti kata ‘air’. Air terjun yang alirannya langsung mengalir ke Danau Toba ini diikat sejarah masa lampau.

Air terjun tersebut diberi nama sesuai cerita perjanjian damai antara tiga raja. Raja Marbun, Raja Sinambela dan Raja Manullang dipertemukan oleh Raja Sisingamangaraja. Tempat ini juga merupakan lokasi raja-raja Batak mengucap sumpah sebelum diberangkatkan menuju medan perang.

Perjanjian para raja akhirnya membentuk peradaban tatanan masyarakat Batak di sekitar Danau Toba. Terdapat mitos yang berlaku untuk mengucapkan janji di air terjun ini. Masyarakat sekitar mempercayai janji itu niscaya akan tertepati nanti.

Menyusuri Jalan Taman

Sebuah taman dengan patung ikan menyambut wisatawan yang datang
Sebuah taman dengan patung ikan menyambut wisatawan yang datang tempat wisata ini – Foto : GoogleMaps/Cepriadi Sumbayak

Untuk sampai di lokasi air terjun, wisatawan hanya perlu berjalan sedikit menanjak sejauh 30 meter. Berada tak jauh dari jalan, setelah memarkir kendaraan wisatawan dapat mendengar debur air bergemuruh.

Lokasinya dilengkapi jalan setapak yang telah dibangun rapi dengan aneka tumbuhan di tepinya. Wisatawan akan disambut sebuah patung ikan setinggi dua meter yang dilengkapi kolam kecil.

Selanjutnya, wisatawan dapat melintasi sebuah jembatan kecil untuk semakin dekat dengan air terjun. Tiba di kaki air terjun, terdapat bebatuan dan sebuah pohon jeruk Bali yang beraroma menyegarkan. Sekitar 20 meter di bahu kanan air terjun, terdapat tebing dengan petak batu cantik.

Panorama Alami Air Terjun

akses jalan setapak dari semen menuju air terjun
Akses jalan setapak dari semen memudahkan pengunjung yang datang ke air terjun- Foto : GoogleMaps/radhinsakha atmaja

Air Terjun Janji memiliki ketinggian curahan sekitar 50 meter dengan debit air cukup besar. Aliran airnya yang cukup deras dan terdengar bergemuruh tersebut langsung mengalir ke Danau Toba. Berlokasi di tepian, air terjun ini menawarkan panorama yang langsung berhadapan dengan Danau Toba.

Naik Tangga ke Puncak Tebing

Tebing yang berada di bahu kanan air terjun juga dialiri air dalam debit kecil. Di puncak tebing tersebut terdapat sebuah kolam kecil. Wisatawan dapat mengakses puncak tebing tanpa perlu menggunakan cara ekstrem dengan memanjat.

Di sisi kiri tebing terdapat sebuah tangga alamiyang memudahkan wisatawan. Tempat tersebut juga menjadi spot incaran bagi wisatawan yang ingin berswafoto.

Melihat Keunikan Pelangi Air Terjun

Percikan curahan air membentuk lingkarang pelangi di sekitarnya. Sinar matahari saat cuaca cerah terbias oleh limpahan percikan tersebut. Hal ini menjadi salah satu keunikan yang memanjakan pandangan wisatawan.

Wisatawan lokal memiliki perbedaan keyakinan saat menyaksikan momen pelangi di sini. Kemunculan pelangi dianggap sebagai pertanda roh penghuni tanah tersebut sedang mandi. Hal tersebut menjadi salah satu kontrol bagi wisatawan untuk selalu berlaku sopan dan mematuhi peraturan yang ada.

Spot Foto Menarik

Berfose dengan latar keindahan Air Terjun
Berfose dengan latar keindahan Air Terjun Janji – Foto : Instagram/syarlinamc26

Debit airnya yang deras dengan tebing di sekitarnya merupakan latar alami yang mempesona. Ditambah tumbuhan sekitar yang membuat nuansanya terlihat begitu asri.

Dengan semburan butir-butir air yang terpercik, menghasilkan gambar yang dramatis. Wisatawan dapat berfoto di atas bebatuan maupun jembatan berlatar tumpahan air terjun.

Bahkan, sebelum tiba di lokasi pun wisatawan telah mendapat banyak titik pilihan untuk berswafoto. Panorama Danau Toba yang terkenal keindahannya telah menanti untuk diabadikan dalam setiap jepretan kamera.

Mudahnya Komunikasi dan Mengunggah Foto

Kawasan Danau Toba, khususnya seluruh daerah Humbang Hasundutan telah dilengkapi akses internet gratis. Termasuk juga objek wisata Air Terjun Janji tak terlewat mendapat fasilitas ini. Diberikannya akses bebas tersebut untuk mempermudah komunikasi wisatawan sekaligus mendukung promosi pariwisata.

Wisatawan milenial sebagai motor promosi paling aktif akan mudah mengunggah hasil swafoto. Setiap foto yang diunggah akan mempromosikan daya tarik Air Terjun Janji di sosial media.

Wisatawan pun dapat dengan mudah mempublikasikan ekspos wisata tersebut. Meski berada di wilayah pegunungang, wisatawan tak perlu merasa kesulitan mencari sinyal komunikasi.

Menikmati Kesegaran Aliran Air Terjun

Tiga buah pancuran sebagai tempat menikmati sejuknya aliran air terjun
Tiga buah pancuran sebagai tempat menikmati sejuknya aliran Air Terjun Janji – Foto : GoogleMaps/ilham iam

Dengan debit air yang deras, wisatawan disarankan untuk tidak mandi di bawah air terjun. Karena cukup beresiko, wisatawan dapat bermain air untuk merasakan sensasi airnya yang sejuk. Wisatawan juga dapat sekedar membasuh wajah atau mencelupkan kaki di air yang sejuk tersebut.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan curahan aliran airnya, tersedianya lokasi mandi berbentuk pancuran. Aliran dari tiga buah shower (pancuran) yang dibangun terpisah untuk laki-laki dan perempuan.

Lokasinya juga dilengkapi kolam kecil yang berada tak jauh dari kaki air terjun. Di sini, wisatawan dapat berendam ke dalam air dengan suhu di bawah 20°C tersebut.

Santap Kuliner

Berada di kawasan Air Terjun Janji, suhu udara terasa sejuk cenderung dingin. Ditambah dengan adanya percikan titik-titik air dari aliran air yang mengenai kulit wisatawan. Di hawa dingin seperti itu, sangat cocok untuk menikmati makanan dan minuman hangat.

Wisatawan dapat menemukan tempat yang menjajakan aneka menu santapan kuliner di sekeliling air terjun. Di tempat tersebut, wisatawan dapat memesan secangkir kopi panas serta aneka kudapan. Dengan begitu, tubuh terasa hangat dan energy pun terisi kembali untuk melanjutkan waktu berlibur.

Sumber Air Bersih

Air Terjun Janji merupakan sumber alami dari aliran sungai dan mata air tebing sekitarnya. Airnya telah lama dimanfaatkan secara massal oleh masyarakat setempat sebagai sumber air bersih.

Pihak pengelola telah memasang papan-papan himbauan untuk selalu menjaga kebersihan area wisata. Wisatawan juga dihimbau menjaga etika kesopanan karena Air Terjun Janji juga merupakan warisan dari pendahulu.

Lokasi dan Akses Wisata Air Terjun Janji

Objek wisata air terjun ini berada di Tipang, Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara 22457. Lokasinya dapat diakses melalui dua jalur, yaitu Muara Taput-Bakara-Tipang dan jalur Dolok Sanggul-Bakara. Dari arah kota Dolok Sanggul, ibukota Kabupaten Humbahas jarak tempuhnya sekitar 30-45 menit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini