Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Juwana Wisata Murah Lengkap Di Tengah Kota – Januari 2023

0
Alun-alun Juwana Harga Tiket Masuk : Gratis. Jam Buka : 24 Jam. Nomor Telepon : -. Alamat : Doropayung, Kauman, Juwana, Pati, Jawa Tengah, Indonesia, 59185.

Alun-alun Juwana adalah zona terbuka hijau yang berada di Kabupaten Pati. Di sini pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas. Misalnya joging, wisata kuliner, jalan-jalan, bersantai, dan foto-foto. Khusus anak-anak bisa memainkan wahana permainan seperti mandi bola dan odong-odong.

Areanya berupa lapangan dengan rerumputan hijau yang segar. Ditambah dengan pepohonan hijau di sekeliling area semakin menambah asri kawasan. Terlebih lagi kawasan ini berhadapan dengan Masjid Besar Juwana yang merupakan landmark Kabupaten Pati.

Harga Tiket Mauk Alun-alun Juwana

Alun-alun Juwana merupakan ruang publik, sehingga tidak menetapkan Harga Tiket Masuk. Siapa saja bisa berkunjung dan menikmati fasilitas tanpa mengeluarkan biaya.

Harga Tiket Alun-alun Juwana
Tiket masuk Gratis

Baca: Bukit Kayangan Pati Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Alun-alun Juwana

Kawasan wisata ini hampir tidak pernah tutup. Entah di hari kerja, akhir pekan, dan tanggal merah. Alun-alun Juwana selalu buka setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu. Untuk jam bukanya tidak ada batasan waktu.

Jam Buka
Hari Jam
Setiap hari 24 Jam

Daya Tarik Alun-alun Juwana

Ukuran Alun-alun Juwana memang tidak terlalu luas. Namun, setiap harinya kawasan ini selalu ramai kunjungan warga sekitar. Khususnya di akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu. Banyak orang tertarik untuk datang karena beberapa daya tarik berikut ini.

Wisata Kuliner

Alun-alun Juwana terkenal akan wisata kulinernya yang enak. Di sepanjang jalan trotoar terdapat sekumpulan pedagang kaki lima tengah berjualan. Kebanyakan yang dijual adalah menu makanan dan minuman khas Indonesia. Salah satu yang terkenal di wilayah Pati yaitu Nasi Gandhul.

Nasi Gandhul merupakan nasi putih dengan siraman kuah semur berwarna kecokelatan. Bumbu kuahnya terasa gurih saat menyentuh lidah. Supaya makin nikmat tambahkan beberapa isian seperti lidah, otak, dan daging sapi. Sebagai pelengkap disediakan pula lauk pauk berupa gorengan hangat.

Satu porsi Nasi Gandhul biasanya dijual dengan harga sekitar Rp25.000. Selain itu ada juga tahu petis yang menjadi makanan favorit para pengunjung. Menu lainnya ada Bakso, Mie Ayam, Martabak Donat, Kebab Turki, dan Sate. Untuk menikmati aneka makanan ini bisa memilih lesehan dengan menggelar tikar di pinggir lapangan.

Baca: Wajah Baru ALUN-ALUN PATI Banyak Spot Cantik

Masjid Besar Juwana

Kemegahan Masjid Besar Juwana.
Masjid Besar Juwana merupakan salah satu landmark dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Foto : Googlemap/Aries PadaMu

Daya tarik Alun-alun lainnya yaitu Masjid Besar Juwana. Letaknya berhadapan langsung dengan Alun-alun Juwana. Tepatnya di Jalan Pantura depan gang yang ramai pedagang kaki lima. Sedangkan untuk mencapai lokasinya hanya perlu menyeberang jalan raya.

Dari kejauhan masjid ini tampak indah dengan hiasan atapnya berbentuk limas. Kemudian di bagian depannya ada kubah emas yang sangat cantik. Sekitar 12 tahun masjid ini mengalami renovasi untuk memperindah arsitekturnya. Akhirnya selesai dan diresmikan pada tanggal 31 Oktober 2020 oleh Bupati Pati.

Desain Masjid Besar Juwana sendiri merupakan perpaduan antara budaya modern dan tradisional. Hal ini bisa terlihat dari 4 tiang kayu jati yang masih dipertahankan sampai sekarang. Yang mana pada bagian tengahnya terdapat sebuah lampu gantung bergaya klasik.

Baca: WADUK GEMBONG Tiket & Area Berkemah Seru

Wahana Permainan

Wahana mandi bola di Alun-alun Junawa.
Alun-alun Jumawa mempunyai wahana permainan anak seperti odong-odong, mandi bola, kolam pemancingan, dan masih banyak lagi. Foto : Googlemap/Endrik Setiawan

Selain ramai dengan penjual makanan. Alun-alun Juwana juga dipadati berbagai macam penyewaan permainan menarik. Misalnya ada odong-odong, pemancingan ikan, mandi bola, dan masih banyak lagi. Lokasinya sendiri ada di sekitar tugu putih besar bertuliskan Juwana.

Sudah pasti semua wahananya tidak bisa dinikmati secara gratis. Sebab yang mengelola bukan pemerintah setempat dan berasal dari kalangan pribadi. Pengunjung harus membayar sejumlah uang berdasarkan tarif yang ditetapkan pemilik wahana. Namun tenang saja, harganya cukup terjangkau dan tidak sampai menguras isi dompet.

Di sini wahana permainan paling favorit adalah mandi bola. Di sini anak-anak bisa bermain di sebuah area berisi bola warna-warni. Ada yang berwarna kuning, hijau, merah muda, biru tua, dan ungu. Untuk ukuran bolanya rata-rata berukuran kecil dan sedang.

Baca: AMAZON WATERLAND Harga Tiket & Wahana Lengkap

Lintasan Batu Refleksi

Lintasan Batu Refleksi di Alun-alun Juwana.
Lintasan Batu Refleksi di Alun-alun Jumawa dapat membuat kaki jadi lebih rileks dan terhindar dari beragam jenis penyakit. Foto : Googlemap/Fitri Rajidpambudi

Alun-alun Juwana mempunyai fasilitas kesehatan untuk menghilangkan masalah di kaki. Namanya adalah lintasan batu refleksi. Lokasinya di sebelah kanan tugu Juwana dan ada di belakang pepohonan hijau. Lintasannya sendiri membentang sampai ke arah Masjid Besar Juwana.

Bentuk setiap batu di lintasan tersebut sedikit berbeda. Ada yang ujungnya bulat pipih dan sebagian lain berujung bulat runcing. Untuk warnanya ada putih, hitam, merah, dan abu-abu. Semua batu tersebut posisinya menempel di atas tanah.

Cara menggunakan lintasan ini tidak terlalu sulit. Pengunjung hanya perlu melepas alas kaki dan berjalan di atasnya. Bagi yang belum pernah mencobanya pasti awalnya terasa sakit. Tapi jika sudah terbiasa lama kelamaan rasanya akan biasa saja.

Fasilitas

Ruang terbuka hijau ini sudah tersedia sejumlah fasilitas yang memadai. Mulai dari tempat parkir luas, tempat makan lengkap, dan area masjid. Bagi yang suka olahraga sudah ada lintasan joging. Dan jika ingin bersantai bisa duduk-duduk di bangku taman sekitar alun-alun.

Lokasi Alun-alun Juwana

Taman kota ini beralamat di Doropayung, Kauman, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Mencapai lokasinya bisa naik bus Trans Semarang dari 3 koridor. Yaitu koridor 2 (Terminal Sisemut- Terboyo) dan koridor 3 (Pelabuhan Kagok- Pelabuhan). Serta yang terakhir koridor 4 (Cangkiran – Ngaliyan – Stasiun Tawang).

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 30

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini