Beranda Tiket Wisata

Wajah Baru ALUN-ALUN PATI Banyak Spot Cantik - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Alun-Alun Pati : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Tombronegoro, Pati Kidul, Pati, Pati, Jawa Tengah, Indonesia, 59114

Alun-Alun Pati salah satu alternatif destinasi wisata murah meriah di Pati. Areanya berdiri di atas lahan seluas 2,4 hektare berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Namun, tidak sepenuhnya sebagai RTH, di alun-alun ini juga terdapat pusat Pedagang Kaki Lima (PKL). Dengan daya tampung mencapai sekitar 360 PKL di sini.

Pembangunan alun-alun selesai pada tahun 2019 dan tahun 2021 pemerintah setempat melakukan revitalisasi. Peresmian alun-alun cekup unik. Dengan acara minum kopi oleh 15 ribu orang dan mendapatkan rekor MURI. Saat berekreasi pengunjung bisa berwisata kuliner, piknik, atau berolahraga. Selain itu, tersedia beberapa tempat yang instagramable sehingga cocok untuk berswafoto.

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Pati

Untuk menikmati wisata di Alun-Alun Pati, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. hanya perlu menyiapkan uang untuk berwisata kuliner. Jika membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya parkir.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masukgratis
Parkir motor/mobilRp3.000/Rp5.000

Baca: WADUK GEMBONG Tiket & Area Berkemah Seru

Jam Buka Alun-Alun Pati

Alun-Alun Pati buka setiap hari selama 24 jam. Pada akhir pekan atau hari libur nasional sekitar alun-alun akan ramai kunjungan wisatawan.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Liburan Murah Meriah

Suasana Alun-Alun Pati
Di Alun-Alun Pati, masyarakat bisa berwisata murah meriah sambil menikmati suasana taman yang teduh dan asri. Foto: Google Map/Alli Mhan

Jika sedang mencari area wisata yang murah meriah, pengunjung bisa menjadikan Alun-Alun Pati sebagai pilihan. Hal itu karena pengelola tidak mengenakan biaya masuk jika ingin berekreasi di sini. Di sekitar area alun-alun tumbuh pepohonan rindang dan beberapa tanaman hias. Selain cantik tentu areanya juga teduh.

Pengunjung bisa bersantai dan melepas penat sambil duduk di bangku taman. Selain itu, tersedia area lapang yang bersih dan bisa digunakan untuk piknik bersama teman atau keluarga. Tidak hanya duduk dan bersantai, banyak juga yang berjalan-jalan berkeliling alun-alun. Pengelola membangun jalan setapak dari keramik dan batu paving sehingga nyaman saat dilalui.

Aneka Wisata Kuliner

Nasi Gandul di Alun-Alun Pati
Salah satu kuliner khas yang bisa dinikmati di Alun-Alun Pati yaitu nasi gandul. Foto: Google Map/Pawonnya_Lia

Selama berada di alun-alun jangan lewatkan berwisata kuliner. Terdapat banyak PKL yang menawarkan aneka makanan serta minuman. Hal yang membedakan dengan RTH lainnya di Pati yaitu lokasi PKL-nya. Di sini, pengunjung bisa menemukan PKL di satu area terpusat yang berada di bagian timur.

Tersedia aneka macam kuliner khas Pati dan Nusantara. Kuliner khas tersebut seperti Nasi Gandul, Nasi Tewel, Soto Kemiri, Getuk Runting, dan Petes. Tidak hanya itu ada pula Soto, Ayam Goreng, Salad Buah, dan Aneka Minuman. Biasa pada saat sore hari area wisata kuliner akan ramai pengunjung.

Pada area depan pusat PKL, pengelola membangun lapangan yang juga berfungsi sebagai tempat berpiknik. Pengunjung bisa menyantap makanan sambil duduk di area lapangan ini. Di sini boleh menggelar tikar agar bisa duduk dengan lebih nyaman. Jangan lupa untuk membawa tikar dari rumah karena tidak terdapat tempat penyewaan tikar.

Baca: Bukit Kayangan Pati Tiket & Ragam Aktivitas

Olahraga Nyaman

Pengunjung yang sudah selesai bersepeda
Tidak hanya sebagai tempat wisata, Alun-Alun Pati juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berolahraga. Foto: Google Map/Isye Lianawaty

Tidak hanya sebagai tempat bersantai, banyak yang memanfaatkan alun-alun ini untuk berolahraga. Tersedia trek lari yang mengitari area alun-alun. Di sepanjang trek tertanam pohon-pohon yang rindang dan cukup tinggi. Dengan adanya trek tersebut, membuat pengunjung bisa melakukan jogging dengan nyaman.

Selain jogging, di sini pengunjung juga bisa bersepeda atau bermain sepatu roda. Tidak hanya trek lari, pengelola juga menyediakan lapangan rumput yang luas. Pengunjung bisa bermain futsal atau sepak bola di area lapangan ini. Perlu diingat untuk berhati-hati dalam menendang bola agar tidak mengenai pengunjung lainnya.

Beberapa Area Foto Instagramable

Pengunjung yang berfoto di depan gapura ukir
Alun-Alun Pati memiliki beberapa area foto yang instagramable, salah satunya yaitu gapura dengan ukiran khas Jawa. Foto: Google Map/Aymelya Dewi

Bagi yang memiliki hobi berswafoto, di Alun-Alun Pati tersedia beberapa area yang instagramable. Salah satunya yaitu di lorong gapura yang terletak di jalan setapak. Di sini berdiri beberapa gapura dengan ukiran khas Jawa. Area ini akan membuat foto terkesan estetik dan menawan.

Tempat lain yang bagus untuk berfoto yaitu di gapura melengkung yang cukup tinggi di depan pintu masuk. Pada bagian atas gapura terdapat patung keris dan salah satu aksen pakaian adat kerajaan. Lalu, di depan gapura terdapat monumen batu yang menggambarkan peta wilayah Pati.

Area selanjutnya berada di depan landmark Alun-Alun Pati yang berada di pinggir jalan. Landmark ini terlihat unik karena di bagian bawahnya terdapat ukiran batik bercat berwarna-warni. Jika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk berfoto di landmark sebagai tanda kenang-kenangan.

Fasilitas di Alun-Alun Pati

Di Alun-Alun Pati tersedia beberapa fasilitas seperti bangku taman yang bisa digunakan untuk bersantai. Selain itu, di sini juga dibangun area trek lari dan lapangan rumput yang luas untuk berolahraga. Pengelola juga membangun lokasi khusus PK untuk berwisata kuliner. Fasilitas lainnya yang ada di sini yaitu toilet, tempat sampah, masjid, area berfoto, dan lahan parkir yang nyaman.

Lokasi Alun-Alun Pati

Alun-Alun Pati berlokasi di Jalan Tombronegoro, Pati Kidul, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Area alun-alun ini dekat dengan Taman Kota Kalidoro. Terletak di pinggir jalan besar, dan bisa dijangkau menggunakan angkutan umum dan kendaraan pribadi.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 27

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini