Beranda Tiket Wisata

WADUK GEMBONG Tiket & Area Berkemah Seru - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Waduk Gembong : Rp3.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Gembong, Gembong, Pati, Jawa Tengah, Indonesia, 59162

Waduk Gembong berada di Kabupaten Pati Jawa Tengah serta suda ada sejak era penjajahan. Lokasinya di kaki Gunung Muria sebelah tenggara. Berjarak sekitar 10 Km dari pusat kota serta masih aktif untuk irigasi dan pengairan hingga sekarang.

Selain itu sekitar waduk juga menjadi salah satu obyek wisata andalan yang ada di Kota Pati. Pemandangan perairan yang luas dengan pegunungan Muria yang membentang menjadi sajian alam utama yang memesona.

Yang membedakan wisata waduk ini dengan waduk lain yaitu area rerumputan yang luas di tepiannya. Di padang rumput ini wisatawan bisa bersantai sembari menikmati pemandangan yang ada. Letaknya berada di kaki gunung menyebabkan udaranya terasa sangat sejuk. Suasana yang masih asri sehingga cocok sebagai tujuan pelepas penat dari rutinitas harian yang melelahkan.

Harga Tiket Masuk Waduk Gembong

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam jika ingin berkunjung ke sini. Untuk menikmati keindahan di Waduk Gembong wisatawan akan dikenai harga tiket yang sangat murah meriah. Cukup sekali bayar wisatawan sudah bisa sepuasnya menikmati pemandangan yang ada. Tidak ada perbedaan tiket antara hari biasa dengan akhir pekan/hari libur nasional.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp3.000
Tarif Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Bukit Kayangan Pati Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Waduk Gembong

Area wisata Waduk Gembong selalu buka selama 24 jam. Jadi wisatawan bisa datang kapan saja ke tempat ini. Waktu terbaik untuk menjelajahi keindahan di obyek wisata ini pada saat pagi atau sore hari. Ketika malam hari di akhir pekan waduk ini juga ramai karena kerap dipakai untuk area berkemah.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Wisata Waduk Dengan Pemandangan Mempesona

Keindahan waduk yang ada di kaki gunung
Waduk dengan pemandangan perbukitan dan Gunung Muria di kejauhan. Foto: Gmaps/Dewangga Putra

Berada di ketinggian 207 Mdpl waduk ini berada di lereng Gunung Muria. Tak heran pemandangan hamparan perbukitan dan hutan mendominasi bentang alamnya. Sebenarnya nama resmi dari tempat ini adalah Waduk Seloromo.

Namun karena letaknya di desa Gembong akhirnya juga populer dengan nama Waduk Gembong. Seloromo sendiri memiliki arti tersendiri. Selo artinya adalah tempat duduk dari batu dan Romo adalah orang tua laki-laki atau bapak.

Pembangunan waduk berlangsung saat pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1930. Dengan tujuan mengairi persawahan di Desa Gombong seluas 4.959.00 hektar. Karena keindahannya yang luar biasa akhirnya tempat ini juga dikelola sebagai tempat wisata.

Jaraknya yang hanya 10 Km dari pusat kota membuat obyek wisata ini sangat cocok menjadi alternatif bersantai di Pati. Pemandangan khas kaki gunung akan membuat betah berlama-lama. Apalagi di sini juga banyak penjual kuliner-kuliner yang menyajikan berbagai menu lezat.

Bersantai Menikmati Pemandangan

Waduk dengan hamparan padang rumput yang luas
Waduk ini didominasi oleh padang rumput di tepiannya sehingga cocok untuk bersantai. Foto: Gmaps/Yuni Susanti

Aktivitas utama jika berkunjung ke Waduk Gembong adalah bersantai. Tepian dari waduk ini dikelilingi area padang rumput yang sangat hijau. Saking luasnya jika terlihat dari beberapa sisi area padang rumput ini mirip dengan Ranu Kumbolo.

Wisatawan bisa menggelar tikar atau kain. Namun bisa juga tanpa alas karena rerumputan di tempat ini sangat halus. Sembari bersantai nikmati pemandangan alam hutan, bukit dan Gunung Muria yang berada di kejauhan. Sangat cantik berpadu dan memanjakan mata.

Kemudian air yang ada di waduk ini juga terlihat sangat jernih. Sehingga semakin menambah keindahannya. Bersantai dan bercengkerama bersama keluarga, teman atau orang tersayang tentunya bisa saling lebih mengakrabkan.

Waktu paling pas untuk bersantai di tempat ini adalah ketika sore hari dan cuaca cerah. Bagi yang mengajak anak-anak, si kecil pun pastinya sangat senang. Padang rumput yang hijau pastinya mengasyikkan untuk bermain dan lari-larian.

Romantisnya Sunset di Waduk Gembong

Sunset yang indah di Waduk Gembong
Ketika sore hari obyek wisata ini tawarkan panorama sunset yang sangat menawan. Foto: Gmaps/Khoirun Niam

Ketika senja datang jangan buru-buru beranjak untuk pulang. Pada saat cuaca cerah, Waduk Gembong menyajikan momen senja yang romantis. Perairan dan perbukitan yang tersorot langit jingga menciptakan pemandangan luar biasa.

Apalagi kawasan wisata ini sangat terbuka. Sehingga pemandangan ketika matahari perlahan turun menjadi sajian yang sangat mengagumkan. Bagi pecinta fotografi, momen-momen seperti itu sangat sayang jika dilewatkan.

Berkemah di Waduk Gembong

Waduk yang cocok untuk kegiatan berkemah
Suasananya yang begitu asri menjadikan waduk ini cocok untuk spot berkemah. Foto: Gmaps/Wagiyo Journey

Waduk Gembong menjadi lokasi favorit untuk berkemah. Di area tepiannya padang rumput mendominasi vegetasi. Sehingga memudahkan bagi yang ingin mendirikan tenda di mana saja. Wilayahnya yang terbuka juga menjadikan pemandangan waduk bisa dilihat secara maksimal dari sudut manapun.

Menikmati malam hari dengan api unggun bersama sahabat pastinya akan menciptakan momen yang tidak bisa terlupakan. Ketika pagi wisatawan juga berkesempatan menyaksikan pemandangan sunrise yang cantik dari Waduk Gembong.

Wisata Kuliner Lezat

Di sekitar area wisata berjejer warung-warung yang menjajakan beragam makanan dan minuman yang menarik. Aneka jajanan bisa ditemukan wisatawan dan harganya murah meriah. Di sini bisa ditemukan sosis bakar, jagung bakar, bakso pentol, aneka minuman dan masih banyak lagi. Menikmati pemandangan waduk ditemani aneka makanan pastinya membuat semakin nikmat.

Fasilitas di Waduk Gembong

Obyek wisata Waduk Gembong sudah memiliki fasilitas yang memadai. Di tempat ini tersedia area parkir luas, toilet, mushola, gazebo, hingga deretan warung makan dan kedai minuman.

Lokasi Waduk Gembong

Waduk Gombong beralamat di Desa Gombong, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat. Dari jantung kota Pati ke Waduk Gembong berjarak sekitar 10 Km dari bisa ditempuh dalam waktu 20-30 menit saja. Letaknya sangat strategis karena berada di tepi jalan utama penghubung antar kota.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 16

Berikan Rating