Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Lumajang Taman Kota Beragam Aktivitas Desember 2021

Alun-alun LumajangHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Jl. Alun-Alun Utara, Rogotrunan, Jogoyudan, Lumajang, Lumajang, Jawa Timur, Indonesia, 67316

Alun-alun lumajang taman publik tengah kota yang menyajikan berbagai aktivitas dan atraksi menarik. Menawarkan kawasan ruang terbuka hijau dengan taman-taman yang tertata rapi. Serta tersedia juga area dan wahana permainan anak.

Di alun-alun, wisatawan dapat bersantai sambil menikmati pemandangan yang taman hijau. Ada juga berbagai fasilitas umum seperti jogging track hingga fitness center. Fasilitas berupa wahana permainan bagi anak juga tersedia dan dalam kondisi yang baik. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati kuliner di sekitar alun-alun.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Lumajang

Karena merupakan taman kota dan ruang publik maka tidak ada biaya tiket untuk berkunjung ke sini.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Terbaik di Lumajang

Jam Operasional Alun-alun Lumajang

Objek wisata ini dapat dinikmati kapan saja. Namun, ramainya hanya sekitar pukul 10 malam saja. Dan jika ada pembatasan karena covid-19, maka kemungkinan tidak sampai larut malam.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Pagi di Alun-alun Lumajang

Asrinya Kawasan Alun-alun
Asrinya Kawasan Alun-alun. Foto: Gmap/ahmad maulid

Pagi hari dapat menjadi pilihan waktu yang tepat berkunjung ke Alun-alun Lumajang. Tempatnya yang hijau dengan pepohonan dan rumput, membuatnya tampak menyegarkan. Apalagi, kondisi alun-alun sudah tertata dengan rapi dan bersih. Sehingga lebih nyaman untuk menghabiskan waktu di alun-alun.

Secara keseluruhan, alun-alun ini berbentuk persegi panjang, bukan melingkar seperti pada umumnya. Bagian yang melingkar hanya ada di tengah, tempat berdirinya pohon beringin berusia ratusan tahun. Kawasan yang mengelilingi alun-alun merupakan jalan setapak dari paving blok. Yang menjadi tempat nyaman untuk berjalan santai atau jogging sambil menikmati suasana.

Di sekitar alun-alun, banyak penjual makanan yang sudah menjajakan dagangannya sejak pagi. Ada pecel, nasi campur, serta soto yang sudah buka dari pagi. Kuliner ini biasanya menjadi buruan masyarakat dan wisatawan sebagai menu sarapan. Santap pagi di kawasan ini tentu asyik, sembari menikmati pemandangan indah di sekitar.

Baca Juga: HUTAN BAMBU Lumajang Tiket & Daya Tarik

Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun Ikon Alun-alun Lumajang

Pohon Beringin di tengah Alun-alun Lumajang
Pohon Beringin di tengah Alun-alun Lumajang. Foto: Gmap/Robbie August

Objek wisata ini lekat dengan keberadaan pohon beringin di pusat Alun-alun. Kabarnya pohon ini telah berusia sekitar 141 tahun. Menurut info dari Dinas Lingkungan Hidup, pohon ini sudah ada sejak kisaran tahun 1880-1920. Dalam bahasa Belanda ditulis “Waringinbomen op de Alun-alun in Lumajang”.

Tinggi pohon ini kurang lebih 25 meter, dengan daun yang lebat. Tak hanya menjadi peneduh, pohon beringin ini secara tak langsung juga menjadi ikon alun-alun.

Sayangnya, beberapa waktu yang lalu, pohon beringin ratusan tahun ini tumbang dan terbelah tiga. Hal ini terjadi akibat hujan deras dan angin kencang yang mengguyur kala itu. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini. Dan sekarang, sisa batang pohon mulai bersemi dengan daun-daunan.

Baca Juga: RANU KUMBOLO Tiket & Aktivitas

Air Mancur Unik yang dapat Menari

Air Mancur di Alun-alun
Air Mancur di Alun-alun. Foto: Gmap/Rachelania Pramesti

Di sisi tenggara alun-alun, terdapat air mancur dengan aliran sungai di bawahnya. Air mancur ini mengalir dari bawah ke atas, tak begitu besar namun banyak. Serta bertempat pada kolam yang melingkar dan berundak-undak.

Sementara di sisi timur laut, juga terdapat air mancur dengan tema yang berbeda. Tak banyak dengan air mancur di sisi selatan, melainkan hanya satu buah. Mengalir dari bagian atas ubin dengan pilar asimetris berwarna-warni mengelilinginya.

Air mancur ini dapat menari-nari mengikuti irama musik. Ketika malam tiba, pancaran air mancur memantulkan sederet grafis yang unik. Dan menjadi salah satu atraksi yang kesukaan pengunjung.

Bermain Seru di Playground

Area Playground
Area Playground. Foto: Gmap/Machmud Ali

Alun-alun ini juga menyediakan playground bagi anak-anak. Mainan yang sederhana, namun asyik bagi anak-anak. Ada jungkat-jungkit, ayunan, seluncuran, dan lainnya.

Mainan di sini dibuat berwarna-warni supaya menarik bagi anak-anak. Ukurannya yang tidak besar pun membuat anak lebih aman ketika bermain. Namun tentunya, harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Berolahraga di Alun-alun

Alun-alun juga menyediakan wahana untuk berolahraga secara gratis. Wisatawan dapat jogging di jalan setapak yang mengelilingi alun-alun. Sembari menikmati indahnya pemandangan hijau alun-alun. Jogging lebih asyik pada saat pagi atau sore hari, ketika matahari sudah tidak bersinar terik.

Selain jogging track, ada juga fitness center yang terletak di sebuah bangunan. Bangunan ini semi terbuka, supaya pengunjung tetap nyaman dan teduh ketika berolahraga. Setidaknya tersedia 10 alat fitness yang boleh dipakai secara gratis dan tanpa batas. Alat-alatnya pun terbuat dari besi yang kokoh serta awet, sehingga nyaman digunakan.

Taman Lansia untuk Warga Senior

Tak hanya memanjakan pengunjung dewasa dan anak-anak, tapi juga warga senior. Di sini terdapat taman lansia, tempat ini tersedia bagi warga lansia. Terdapat jalur berbatu untuk pijat refleksi, serta fasilitas pendukung lainnya. Taman lansia pun memiliki area yang teduh supaya lebih nyaman bagi penggunanya.

Ada juga beberapa tempat duduk yang dapat digunakan untuk beristirahat. Di sisi jalan setapak dan jalur berbatu, terdapat besi untuk membantu warga senior berjalan.

Pojok Religi yang Menenangkan

Di bagian barat alun-alun, terdapat Masjid Jami. Masjid besar yang berada di seberang alun-alun. Dekat dengan masjid membuat alun-alun mendapatkan sentuhan religi. Lokasi alun-alun ini tepat di depan masjid, terdapat pojok religi.

Sebuah area yang berdesain sentuhan religi, yang mendiami salah satu sudut trotoar. Di sini terdapat pintu berbentuk kubah, serta di pinggir jalan tampak kaligrafi yang indah. Wisatawan kerap kali mampir di sini setelah dari masjid. Atau mampir untuk berfoto mengabadikan momen.

Lokasi Alun-alun Lumajang

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Alun-alun Utara, Rogotrunan, Jogoyudan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang. Yang mana dapat ditempuh dengan mudah dengan kendaraan pribadi ataupun umum.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 18

Kasi Bintang