Beranda Tiket Wisata

ALUN-ALUN Surabaya Wisata Taman dan Seni Murah – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Alun-alun Surabaya : GratisJam Buka: 07:00 - 21:00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Jalan Gubernur Suryo No.15, Kelurahan Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 21256

Sebagai kota metropolitan kedua setelah Jakarta, Surabaya juga memiliki alun-alun. Namun, Alun-alun Surabaya terbilang berbeda dengan alun-alun di kota atau kabupaten lain. Tidak hanya memiliki area terbuka umum, namun juga area indoor. Area indoor ini berada di bawah tanah, atau basement alun-alun itu sendiri.

Di sini, wisatawan dapat menikmati alun-alun di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Di luar ruangan, bisa menikmati keindahan taman yang tertata rapi dengan tanaman hijaunya. Sementara di dalam ruangan, terdapat berbagai pameran di galeri seni. Serta pameran produk UMKM yang dapat langsung dibeli oleh wisatawan.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Surabaya

Untuk menikmati objek wisata ini tidak perlu membayar tiket masuk. Untuk masuk ke area basement yang tadinya harus memesan tiket. Kini pengunjung bisa tinggal masuk karena area basement juga gratis.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Gratis

Baca: SURABAYA NORTH QUAY Tiket Masuk dan Ragam Aktivitas

Jam Buka Alun-alun Surabaya

Meskipun ruang terbuka umum, objek wisata ini menetapkan jam kunjung yang berbeda. Untuk area basement buka 6 hari dalam seminggu. Sementara di area luar ruangan buka setiap hari.

Jam Operasional Alun-Alun Surabaya
Jam Buka 07.00 – 21.00 WIB
Senin TUTUP

Kawasan Alun-alun Surabaya yang Penuh Nilai Sejarah

Alun-alun Surabaya
Alun-alun Surabaya. Foto: Gmail/Raffly FC

Alun-alun Surabaya mulai terkenal setelah kemunculannya di sosial media. Lokasi ini kemudian menjadi populer dan ramai kunjungan, baik wisatawan dari Surabaya maupun luar Surabaya. Tak heran, karena objek wisata ini begitu menarik dengan berbagai wahana yang ditawarkan. Terlebih, menjadi satu-satunya alun-alun di Indonesia yang menawarkan galeri seni di ruang bawah tanahnya.

Di bagian luarnya, wisatawan akan melihat pemandangan taman kota yang indah. Tanaman tertata dengan rapi, dengan pepohonan dan rumput, diselingi tanaman hias. Sehingga kawasan ini tampak begitu hijau dan asri menyejukkan mata. Apalagi di sekitar kawasan ini juga terdapat bangunan bersejarah yang fotogenik.

Terdapat bangunan berbentuk kolonial Belanda, yang berdiri gagah di kawasan alun-alun. Yang merupakan gedung Balai Pemuda, dulunya tempat berkumpul warga Belanda di Surabaya. Untuk menghabiskan waktu dan bersosialisasi bersama kaum kelas sosial atas lainnya. Karena keberadaan gedung ini, kawasan alun-alun pun sering kali terkenal dengan kawasan Balai Pemuda.

Baca: ATLANTIS LAND KENJERAN: Tiket Masuk & 5 Wahana

Sejarah hingga Usulan Penggantian Nama

Gedung Balai Pemuda yang ada di bagian luar telah berdiri sejak tahun 1907. Dulu, nama gedung ini adalah Simpangsche Societetit atau Singpangsche Club. Dulunya sebagai tempat bagi warga Belanda atau kaum elit Eropa yang tinggal di Surabaya. Kini, tempat ini bernama Balai Pemuda, yang juga menjadi pusat kegiatan seni masyarakat.

Beberapa masyarakat pecinta budaya menganggap bahwa nama Alun-alun Surabaya harus berganti. Karena tidak sesuai dengan nilai sejarahnya. Dan berharap berganti dengan nama Alun-alun Simpang atau Balai Pemuda. Namun, sudah banyak wisatawan yang terlanjur mengenal tempat ini sebagai Alun-alun Surabaya.

Baca: WATERPARK KENJERAN Tiket Masuk & Wahana

Mengunjungi Galeri Seni di Ruang Bawah Tanah

Salah Satu Lukisan yang Dipamerikan di Galeri
Salah Satu Lukisan yang Dipamerikan di Galeri. Foto: Gmap/Robertus Yudhistira N.

Inilah daya tarik utama yang menjadikan Alun-alun Surabaya begitu unik, yaitu keberadaan rang bawah tanah. Berkunjung di sini, wisatawan tidak akan terasa jika sedang masuk ke dalam ruang bawah tanah. Karena tempatnya telah didesain sedemikian rupa seperti museum atau galeri seni. Dengan ruangan ber-AC yang nyaman, serta desain interior modern yang menawan.

Di sini, wisatawan dapat menyaksikan berbagai karya seni yang terpajang dengan rapi. Misalnya foto dokumentasi dinas terkait di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. Tak lupa berbagai karya seni milik seniman Indonesia. Dan tentunya lukisan Presiden Soekarno, yang tampak gagah terpajang di dalam bingkai.

Lukisan-lukisan bergaya kartun, atau lukisan bertemakan budaya pun menghiasi bingkai di galeri ini. Koleksi lukisan akan selalu diganti secara berkala, supaya wisatawan tidak bosan ketika berkunjung. Wisatawan pun boleh berfoto di dekat lukisan dan karya seni ini. Yang terpenting tidak mengotori dan merusak apa yang ada di galeri.

Baca: Taman Bungkul Keasrian Taman di Tengah Kota

Dari Pertunjukan Seni hingga Pameran UMKM

Area Basement tempat Galeri Seni, Pameran UMKM, dan Pertunjukan Seni
Area Basement tempat Galeri Seni, Pameran UMKM, dan Pertunjukan Seni. Foto: Gmap/Dito Kartiko

Selain galeri seni, wisatawan juga akan terhibur dengan gelaran pertunjukan seni. Terdapat seniman lokal yang unjuk gigi dalam acara pertunjukan seni ini. Mulai dari musisi lokal, grup band, atau seniman lain yang memeriahkan acara.

Selesai menyaksikan pertunjukan seni, wisatawan dapat berkeliling di pameran UMKM. Sedikitnya ada 12 UMKM yang bergabung di pameran ini. Yang mana jumlahnya dapat bertambah sesuai kebijakan pemerintah. Wisatawan pun dapat membeli produk-produk yang dijual dalam pameran UMKM ini.

Di bagian dalam ruangan ini, pengunjung yang datang akan dibatasi. Setiap kunjungan hanya terbatas 100 pengunjung dan mendapat waktu selama 30 menit. Setelah itu, tempat akan disterilkan selama 10 menit untuk penyemprotan desinfektan. Wisatawan yang datang pun harus memindai aplikasi Peduli Lindungi, guna antisipasi penyebaran covid-19.

Baca: Hutan Mangrove Surabaya Tiket & Aktivitas

Bermain Skateboard Seru di dalam Ruangan

Area Bermain Skateboard
Area Bermain Skateboard. Foto: Gmap/Dito Kartiko

Area bawah tanah di sini tak hanya bermanfaat sebagai ruangan pameran dan galeri seni saja. Ada juga area bagi siapa pun yang ingin bermain skateboard. Areanya berada di dalam ruangan, sehingga lebih nyaman tanpa khawatir panas atau hujan. Ditambah dengan ada bagian atap yang terbuat dari kaca, sehingga cahaya dari luar tetap masuk.

Pembangunan area skateboard ini sudah sesuai dengan standar keamanan. Sehingga para pemain pun dapat bermain dengan aman dan nyaman. Karena pemain skateboard di sini tidak hanya orang-orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Dan jangan salah, tak sedikit anak-anak yang telah pandai bergaya di atas papan skateboard.

Suasana di kawasan papan skateboard ini pun begitu seru. Apalagi dinding-dindingnya pun dihiasi dengan murah. Sehingga suasana di sini pun terasa seperti di ruangan terbuka.

Lokasi Alun-alun Surabaya

Alun-alun ini beralamat di Jalan Gubernur Suryo No.15, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini