Atlantis Kenjeran Surabaya
Atlantis Kenjeran Surabaya. foto:instagram.com/atlantislandofficial

Sejak diresmikan pada bulan Desember 2017, Atlantis Land Kenjeran Surabaya sudah sukses mendatangkan banyak pengunjung. Taman wisata air ini menjadi taman air terbesar di Kota Surabaya. Lokasinya terletak satu wilayah dengan Kenjeran Park, atau familiar disebut Ken Park.

Tepatnya di Jalan Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya, Jawa Timur. Taman wisata air ini memiliki luas sekitar 15 hektar dengan desain asli milik arsitek Australia. Tema yang diambil untuk taman wisata air ini adalah istana bawah laut. Dengan tema tersebut, gerbang masuk Atlantis Land Kenjeran Surabaya memiliki dinding bangunan utama berwarna biru.

Dinding utama tersebut dihiasi dengan garis-garis menyerupai ombak berwarna putih. Atapnya berwarna kuning kecokelatan dan menjulang tinggi bagai istana. Di kedua sisi bangunan utama, terdapat bangunan berdinding cokelat dengan ornamen belahan kayu. Bangunan ini memberi kesan bagaikan kapal pesiar yang belum rampung dibuat.

Sebuah patung neptunus berwarna kuning juga terlihat menghiasi salah satu sudut tembok taman ini. Dekorasi yang ada di Atlantis Land Kenjeran akan memberi suasana bagaikan berada di sebuah kastil.

Jam Buka Atlantis Land Surabaya

Atlantis Land Kenjeran Surabaya ini dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Jam Buka Atlantis Kenjeran Surabaya
Jam Buka10.00 – 18.00 WIB
Air Mancur Menari17.30 – 18.00 WIB

Buka setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan

Harga Tiket Atlantis Land Kenjeran

Pengunjung yang ingin datang berwisata ke ke sini dikenakan biaya tiket. harga tiket Atlantis Kenjeran Surabaya masih satu harga Rp100.000.

Harga Tiket Atlatis Kenjeran Surabaya
Harga TiketRp100.000

Harga ini sudah termasuk tiket masuk Kenjeran Park sehingga pengunjung tidak perlu membayar dua kali. Dengan harga tersebut pula, pengunjung sudah bebas menikmati semua wahana yang ada di Atlantis Land Kenjeran.

Baca: SUROBOYO CARNIVAL Tiket, Wahana & Atraksi 2018

Wahana Atlantis Land Kenjeran Surabaya

Saat memasuki gerbang utama, pengunjung disambut oleh patung kodok yang membawa trisula. Di bawahnya terdapat wall of fame bertuliskan “Atlantis Land”. Di belakang patung kodok tersebut terdapat air mancur yang dikenal dengan Dancing Water Fountain.

Air mancur menari ini juga menjadi salah satu atraksi di taman wisata ini. Namun, pertunjukkan air mancur menari ini hanya diadakan pada sore hari. Meskipun belum rampung seluruhnya, taman wisata air ini sudah memiliki banyak wahana yang menarik.

Wahana Kolam Taman Air

Atlantis Land Surabaya.
Atlantis Land Kenjeran Surabaya. foto: instagram/atlantislandofficial

Kolam renang utamanya terdiri atas tiga jenis, yaitu kolam anak, kolam dewasa, dan kolam arus. Wahana air yang sudah aktif beberapa diantaranya adalah Atlantis Waterland, dan Boomerang Slide. Pengunjung yang senang berseluncur ria sambil memacu adrenalin dapat mencoba wahana Tornado Slide. Tornado Slide merupakan peluncuran setinggi 25 m yang harus dinaiki menggunakan ban air berisi 4 orang.

Wahana Non Air Atlantis Land Kenjeran

Bagi yang tidak ingin bermain air, tempat ini menyediakan wahana bermain darat. Mulai dari yang ramah untuk anak-anak hingga wahana ekstrim pun tersedia disini. Sekitar lebih dari 12 wahana sudah beroperasi. Beberapa diantarannya seperti Dino Land, Misteri Atlantis, Carousel, dan Music Express. Ada pula Istana Patung Lilin, Wave Swinger, Happy Car, hingga Bumper Car Senior.

Dino Land merupakan wahana yang menyajikan diorama-diorama kehidupan pada jaman dinosaurus. Pengunjung akan diajak berkeliling wahana menggunakan kereta dengan durasi selama kurang lebih 5 menit. Pengunjung dapat melihat berbagai macam jenis patung dinosaurus seperti Ankylosaurus, Velociraptor, hingga Tyrannosaurus rex. Jangan heran jika selama berkeliling, kepala dari patung dinosaurus itu menyembul dan menunjukkan gigi taringnya.

Wahana permainan atlantis land
Wahana permainan atlantis land kenjeran. foto: instagram: atlantislandofficial

Kemudian wahana Misteri Atlantis membawa konsep tentang misteri kota atlantis yang hilang. Seperti Dino Land, pengunjung juga diajak berkeliling Misteri Atlantis dengan menggunakan kereta berdurasi 3 menit. Bangunan misteri atlantis berwarna kekuningan dengan kesan kuno dan menyeramkan. Berbagai diorama tentang makhluk astral dari budaya-budaya yang ada di Indonesia disajikan di sini.

Star Dancer merupakan wahana bermain yang cukup memacu adrenalin. Pengunjung diajak duduk diatas tempat duduk berbentuk kapal angkasa. Kapal-kapal tersebut diputar dengan kecepatan tinggi dalam durasi permainan yang cukup lama, yaitu 6 menit. Sensasi putaran dengan kecepatan tinggi cukup membuat pengunjung mabuk.

Baca: Ciputra Waterpark Surabaya: Tiket, Atraksi & Wahana

Wahana Anak-Anak

Untuk wahana ramah anak lainnya, Atlantis Land Kenjeran Surabaya menyediakan permainan seperti Carousel dan Tea Cup. Wahana Carousel mengajak pengunjung menaiki patung kuda-kuda kecil yang berputar dengan kecepatan yang relatif lambat. Begitu pula dengan wahana Tea Cup. Perbedaannya, pada Tea Cup, pengunjung menaiki cangkir-cangkir bundar yang berputar.

Wahana Non Air Atlantis Land Kenjeran
Wahana Non Air Atlantis Land Kenjeran

Selain wahana yang disebutkan di atas, sejumlah wahana masih dalam tahap pembangunan dan uji coba. Wahana tersebut diantaranya adalah Happy Car, Discovery, Disco Pang-Pang, Viking Ship, dan masih banyak lagi. Pihak pengelola menjanjikan akan menyediakan sekitar 32 wahana di Atlantis Land Kenjeran Surabaya ini.

Objek Wisata Dekat Atlantis Kenjeran Surabaya

Di luar Atlantis Land, Kenjeran Park memiliki beberapa tempat wisata yang juga tidak boleh dilewatkan. Yang cukup terkenal adalah Pagoda Tian Ti, Klentheng Sanggar Agung, dan Patung Dewi Kwan In. Ada pula Patung Budha Empat Wajah setinggi 9 meter. Obyek wisata yang bernuansa religi ini cukup banyak menjadi tempat wisatawan untuk berfoto.

Diorama
Diorama di dalam sini terdapat kisah tentang Atlantis. foto: instagram/atlantislandofficial

Klentheng Sanggar Agung terletak di tepi pantai dengan semilir angin yang cukup kencang. Sangat cocok untuk pengunjung yang ingin duduk-duduk santai. Pada hari besar, biasanya Klentheng ini akan ramai oleh warga yang hendak beribadah. Area Kenjeran Park ini sebenarnya memang sentral umat pemeluk Tridharma beribadah.

Pantai di sekeliling Kenjeran Park juga menjadi tempat yang cocok untuk menyegarkan pikiran. Dahulu pantai ini terkenal kotor dan kumuh. Namun, seiring dengan pembangunan Kenjeran Park, pantai ini kini sudah berhasil mendatangkan banyak wisatawan. Sejumlah perahu nelayan yang hendak mencari ikan terlihat disini. Beberapa perahu disewakan untuk pengunjung yang berminat untuk berkeliling di Kawasan perairan Selat Madura.

Fasilitas Atlatis Land Surabaya

Atlantis Kenjeran Surabaya
Atlantis Kenjeran Surabaya. foto:instagram.com/atlantislandofficial

Fasilitas yang ada di Atlantis Kenjeran Surabaya sendiri berupa ruang ganti dan ruang bilas yang nyaman. Bagi yang tidak membawa pakaian renang sendiri, taman ini dilengkapi dengan tempat penyewaan pakaian renang. Tentunya dengan biaya tertentu sesuai dengan jenis pakaian yang disewa. Jika ingin membeli makanan ringan atau obat-obatan, pengunjung bisa membelinya di minimarket.

Fasilitas tambahan yang ada di Kenjeran Park adalah berupa tempat futsal dalam ruangan dan pusat fitness. Lapangan futsal dibanderol dengan tarif Rp40.000 untuk satu jam sewa. Selain itu ada pula arena pacuan kuda dan arena balap motor. Lahan parkir di Kenjeran Park ini juga sangat luas.

Kenjeran Park dilengkapi dengan banyak pusat kuliner, di dalam Atlantis Land maupun di luar. Salah satunya adalah wisata kuliner ala China, Kia-Kia. Layaknya kawasan China, tempat ini dihiasi oleh lampion-lampion yang bergantungan. Ada pula pusat kuliner khas Surabaya yang menyediakan Lontong Balap dan Sate Kerang.

Angkutan Umum

Menyambangi Atlantis Land Kenjeran Surabaya dengan angkutan umum bukan perkara yang sulit. Dari Bandara Juanda, wisatawan dapat menggunakan bus Damri dengan tujuan Terminal Purabaya Bunguasih. Kemudian, dari terminal tersebut dilanjutkan dengan menggunakan bus kota menuju Terminal Joyoboyo. Dilanjut dengan menaiki angkutan kota dengan trayek Joyoboyo – Kenjeran.

Dari terminal Kenjeran, Atlantis Land ini dapat ditempuh oleh wisatawan dengan berjalan kaki sekitar 500 m. Jika wisatawan berpergian menggunakan kereta api, Atlantis Land dapat dijangkau lebih mudah. Dari Stasiun Gubeng, wisatawan hanya perlu menaiki angkutan kota dengan trayek Joyoboyo – Mulyosari – Kenjeran.

Setelah tiba di Terminal Kenjeran, wisatawan hanya tinggal berjalan kaki menuju Atlantis Land Kenjeran Surabaya. Berbeda jika wisatawan turun di Stasiun Pasar Turi, wisatawan perlu naik angkutan kota dengan trayek Demak – Karang Menjangan. Dari Karang Menjangan berganti angkutan dengan trayek Jembatan Merah – Keputih.

Dari Keputih perjalanan tersebut dilanjutkan dengan menaiki angkutan dengan trayek Joyoboyo – Batang – Kenjeran dan turun di terminal Kenjeran. Dari Terminal Kenjeran, Atlantis Land Kenjeran dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 500 m.

Tips Berkunjung Ke Atlantis Kenjeran Surabaya

Pengunjung yang ingin bermain air di Atlantis Land Kenjeran Surabaya ini dianjurkan untuk mengenakan pakaian renang. Mengingat taman air ini terletak di luar ruangan, alangkah baiknya untuk menggunakan krim tabir surya. Krim ini sangat penting digunakan sebelum berenang agar kulit tetap terlindungi meski terpapar sinar matahari.

Pengunjung yang membutuhkan uang tunai juga dianjurkan untuk menyiapkannya sebelum masuk Atlantis. Hal ini disebabkan karena belum tersedianya ATM Center di dalam Atlantis Land Kenjeran.

Alamat Lokasi Atlantis Land Kenjeran Surabaya

Waterpark yang satu ini berlokasi di alamat Atlantis Land Kenjeran, Jalan Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Kota Surabaya, East Java, Indonesia.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,31/29 Pembaca
Loading...