Beranda Tiket Wisata

DANAU CIBEUREUM Garut Tiket & Daya Tarik Oktober 2021

Danau CibeureumHarga Tiket: Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Sarimukti, Pasirwangi, Garut, Jawa Barat, Indonesia,

Danau Cibeureum adalah danau alami di kaki Gunung Kamojang, Kabupaten Garut. Berbeda dari Situ Cibeureum di Bekasi, danau yang satu ini berada di tengah kawasan hutan. Keasrian alamnya masih sangat terjaga.

Harga Tiket Masuk Danau Cibeureum

Tiket masuk kawasan wisata Danau Cibeureum terbilang cukup terjangkau. Pengunjung cukup membayar 10 ribu rupiah per orang untuk bisa berekreasi di sini. Tarif ini memang belum termasuk biaya parkir kendaraan dan berkemah. Untuk berkemah, ada tambahan biaya sebesar 10 ribu rupiah.

Harga Tiket masuk
Harga Tiket MasukRp10.000/orang
CampingRp10.000/orang
ParkirRp2.000 – Rp5.000

Baca Juga: 25 Destinasi Wisata Terbaik di Garut

Jam Buka

Danau Cibeureum terbuka untuk umum setiap hari. Sedangkan untuk area camping ground, objek wisata ini memberlakukan jam operasional 24 jam. Kunjungan wisatawan biasanya meningkat di akhir pekan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Rekreasi di Danau Cibeureum

Objek wisata alam yang asri
Meski minim perawatan, namun Situ Cibeureum yang sempat ramai sebagai objek wisata di awal tahun 2000-an ini tetap menyajikan suasana alam yang damai dan menenangkan – Foto: Gmap/Jaka Satria Budiman

Belum banyak yang mengenal potensi wisata di kawasan Kamojang, Kabupaten Garut. Kawasan ini memiliki bentang alam yang beragam. Terdapat kawah, hutan pinus, danau, hingga sumber air panas di sini. Sebagai area konservasi, kelestarian alam di Kamojang masih sangat terjaga.

Salah satu objek wisata alam yang sudah lama hadir di sini yaitu Danau Cibeureum. Danau alami ini berada di kaki Gunung Kamojang. Serta masih termasuk dalam wilayah Kampung Legok Pulus, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang.

Lokasinya memang berada agak di dalam hutan. Tidak heran jika akses jalannya pun tidak mudah. Namun, Danau Cibeureum pernah menjadi objek wisata yang tak pernah sepi. Seiring berjalannya waktu, kurangnya perawatan membuat tempat ini kurang diminati.

Pesona Danau Cibeureum terletak pada keasrian lingkungannya. Danau di ketinggian 2.124 mdpl ini tertutupi area hutan pinus yang cukup rapat. Airnya tetap jernih meski danau ini mengalami pendangkalan akibat sedimentasi. Ketenangan dan kedamaian yang hadir di sini menjadi pesona dan daya tarik tersendiri.

Akses Jalan Masuk

Jalan menuju danau
Akses jalan yang terbatas jadi hambatan lain yang membuat objek wisata ini sepi pengunjung – Foto: Gmap/Cong On

Hal yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung ke Danau Cibeureum adalah akses jalannya. Sebagai objek wisata, danau ini hanya mengandalkan jalan sempit yang melintasi hutan. Jarak dari jalan raya ke lokasi danau sekitar 1,5 kilometer.

Medan jalan sebagian sudah beraspal dan cukup mulus. Sebagian lainnya masih berupa jalan makadam yang tidak sempurna. Ada bagian yang berupa tanah dan berlumpur setelah diguyur hujan. Tantangannya yang beragam membuat danau ini jadi destinasi yang seru bagi para pesepeda.

Selain medan yang kasar, sempitnya jalan juga jadi tantangan lainnya. Beberapa titik rapat oleh semak belukar yang bisa membuat badan mobil lecet. Karenanya, direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan roda dua untuk menuju kemari. Lebih baik lagi jika tipe kendaraan yang digunakan adalah off-road.

Sejuk dan Tenang

Lanskap Situ Cibeureum
Jernihnya air di Situ Cibeureum mampu menyejukkan mata – Foto: Gmap/Sidik Triadi

Sekitar 1 kilometer sebelum lokasi danau, pengunjung akan menjumpai area berkemah. Kawasannya berupa hutan pinus yang sejuk dan asri. Berada di dataran tinggi membuat suhu udara di sini lebih dingin. Tercatat suhu tertinggi di sekitar kawasan danau hanya 18 derajat celcius saja.

Di area parkir, wisatawan akan bertemu jalur irigasi. Jalur ini dibuat menyerupai air terjun buatan. Sebelum memasuki area danau, terdapat hutan pinus yang harus dilalui.

Danau Cibeureum merupakan salah satu hulu Sungai Cimanuk. Airnya pun jernih dan sejuk. Sayangnya danau ini mengalami pendangkalan dan penyempitan. Banyak tanaman air yang menutupi sebagian permukaan.

Fasilitas Masih Lengkap

Fasilitas yang tersedia
Kawasan wisata Danau Cibeureum menyediakan fasilitas seperti saung dan villa dengan gaya tradisional – Foto: Gmap/Zamil Abdul aziz

Objek wisata ini memiliki sarana pendukung yang lengkap meski kondisinya kurang terawat. Fasilitas seperti toilet, musala, dan warung sudah ada di sini. Sebuah villa sederhana pun berdiri tak jauh dari tepi danau.

Sejumlah saung peristirahatan tersebar di sekitar danau. Tidak ketinggalan adanya gardu pandang dan spot berfoto di tengah danau. Spot ini menyajikan pemandangan cantik dari danau yang dikelilingi hutan.

Rekreasi Alam

Menggelah camping di hutan sekitar danau
Area hutan sekitar danau yang sejuk bisa jadi lahan berkemah yang sempurna – Foto: Gmap/ZAHRAN FAIRUZ

Rekreasi yang bisa dinikmati di sekitar salah satunya yaitu piknik. Pengunjung bisa memilih spot saung di tepi danau atau area tanah yang datar. Menikmati kebersamaan sambil bersantap di tengah alam terbuka.

Bagi pecinta fotografi, Danau Cibeureum adalah spot hunting yang sempurna. Lanskap yang masih alami dan asri menghadirkan objek foto alam yang memikat. Untuk penyuka selfie, banyak spot menarik seperti area tengah danau. Pengunjung harus melewati sebuah jembatan bambu sederhana untuk mencapainya.

Opsi aktivitas lainnya yaitu berkemah. Tanah di sekitar danau berupa tanah landai yang nyaman untuk mendirikan tenda. Selain landai, area ini juga luas dan teduh karena dinaungi pepohonan. Wisatawan dapat merasakan suasana tidur ditemani suara alam yang menenangkan.

Fasilitas Danau Cibeureum

Fasilitas pendukung di Danau Cibeureum sudah lengkap meski dalam kondisi seadanya. Ada sarana umum seperti area parkir, toilet, musala, serta warung. Di beberapa titik tersedia pendopo atau gazebo untuk beristirahat. Ada juga villa yang bisa disewa untuk menginap dan camping ground yang luas.

Lokasi Danau Cibeureum

Danau alami ini berada di Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Garut. Rute dari kota yaitu melalui Jalan Samarang, kemudian belok ke pertigaan arah Kamojang. Sampai di objek wisata Puncak Parabon, belok kanan dan ikuti jalan hingga lokasi.

Batas transportasi umum hanya sampai pertigaan Samarang-Kamojang. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi sepeda atau motor. Akses jalan ke dalam lokasi danau hanya cukup untuk satu mobil dengan medan yang tidak rata. Tidak direkomendasikan untuk menggunakan mobil kecuali jenis off-road.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini