Beranda Tiket Wisata

SITU CIBEUREUM Bekasi Tiket & Ragam Aktivitas September 2021

Situ CibeureumHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Lambangjaya, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, -

Bekasi tak hanya menjadi kota industri terbesar Indonesia, tapi juga memiliki danau yang cukup cantik untuk rekreasi yaitu Situ Cibeureum. Danau ini begitu luas dan masih alami, berada di sini seolah lupa akan hiruk pikuknya Kota Bekasi. Bahkan lupa jika Bekasi memiliki banyak pabrik industri, karena tempat ini masih asri.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa Situ Cibeureum seolah Danau Toba milik Bekasi. Meskipun tak seluas Danau Toba namun ada kemiripan terdapat dataran di tengahnya yang menyerupai sebuah pulau. Tak hanya keindahannya, objek wisata ini juga telah diramaikan dengan warung kuliner dan aksesoris. Jadi sambil menikmati pemandangan, wisatawan dapat menikmati kuliner khas danau di tepiannya.

Harga Tiket Masuk Situ Cibeureum Bekasi

Objek wisata ini dapat dinikmati dengan gratis oleh masyarakat. Tak heran masyarakat sekitar maupun luar wilayah Bekasi yang datang. Tak hanya berwisata, tapi banyak juga masyarakat yang sekedar mampir untuk melepas penat.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca Juga: 20+ Tempat Wisata Menarik di Bekasi

Jam Buka Situ Cibeureum

Objek wisata ini tidak menerapkan jam operasional. Wisatawan bisa datang ke sini kapan saja. Waktu yang paling tepat adalah di pagi hari, karena udara masih sangat sejuk. Serta sore hari, karena pemandangan matahari terbenam di sini begitu indah.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Mengenal sambil Menikmati Keindahan Situ Cibeureum

Senja Indah di Tepi Danau
Senja Indah di Tepi Danau. Foto: Gmap/ikhtiarno widi

Situ Cibeureum merupakan salah satu objek wisata andalan masyarakat Bekasi. Keindahan dan alamnya yang masih asri, mampu membius siapapun untuk merasakan ketenangannya. Seolah pikiran langsung segar dan beban seketika hilang dengan menikmatinya. Bahkan, cuaca Bekasi yang cukup panas pun seolah sirna ketika berada di sini.

Awalnya, kawasan danau ini memiliki luas 38 hektar, dan menjadi penopang kehidupan masyarakat. Yaitu sebagai sumber mencari ikan dan kangkung di sekitar danau. Selain itu juga menjadi sumber irigasi pertanian warga sekitar. Hingga pada tahun 1990, luasnya menyusut hingga tersisa 2 hektar, karena adanya pembangunan perumahan.

Meski lokasi danau telah menyempit, namun keindahannya seolah tak pernah sirna. Kini pengelolaan objek wisata ini dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane. Bersama dengan Perum Jasa Tirta II Jatiluhur, yang juga sebagai pengelolanya. Sementara untuk wisata sendiri diserahkan pengelolaannya pada masyarakat sekitar.

Baca Juga: SOUTH LAKE PARK Bekasi Tiket & Wahana

Keindahan Situ Cibeureum bak Danau Toba

Pulau di Tengah Situ Cibeureum
Pulau di Tengah Situ Cibeureum. Foto: Gmap/I Made Suryadi

Situ Cibeureum selain menyimpan keindahan dan asrinya suasana, juga tampak seperti Danau Toba mini. Danau besar yang juga indah di Sumatera Utara. Miripnya Situ Cibeureum dengan Danau Toba adalah adanya sebuah pulau seperti Pulau Samosir. Di Situ Cibeureum, terdapat gundukan tanah membentuk bukit yang ditumbuhi dengan rumput hijau.

Di gundukan tersebut tumbuh pohon yang rimbun. Dari kejauhan, bukit ini tampak seperti pulau di tengah danau. Mirip dengan Pulau Samosir di tengah Danau Toba.

Wisatawan dapat berlayar menggunakan perahu ke pulau kecil tersebut. Bahkan dapat mampir sejenak untuk menikmati bukit kecil ini. Sambil berfoto menangkap keindahan dari sudut bukit ini. Wisatawan juga dapat memancing di sini dengan tenang.

Baca Juga: Pantai Muara Gembong Bekasi Tiket & Aktivitas

Memancing Tenang di Situ Cibeureum

Objek wisata ini juga menjadi favorit masyarakat dan wisatawan yang gemar memancing. Suasana danau yang tenang dan nyaman, membuat acara memancing menjadi lebih menyenangkan. Ikan-ikan pun sesekali terlihat berenang dengan tenang. Melenggang di dekat permukaan, seolah mengejek kail-kail yang tengah bergelantungan di permukaan.

Berbagai macam ikan air tawar ada di danau ini. Hasil tangkapan bisa dibawa pulang wisatawan yang memancingnya. Beberapa jenis ikan seperti ikan mujair, ikan tawes, ikan gabus, ikan keting, dan ikan lainnya.

Tidak hanya menangkap ikan, wisatawan juga dapat membawa ikan untuk dimasakkan di warung. Aneka olahan ikan dengan bumbu khas Indonesia dapat dipesan sesuai selera. Untuk alat pancing dan umpan, wisatawan dapat membawa sendiri dari rumah. Atau menyewa di lokasi wisata.

Baca Juga: Curug Parigi Niagara Kecil Di Bekasi

Menikmati Kuliner di Pinggir Danau

Jajaran Warung di Tepian Danau
Jajaran Warung di Tepian Danau. Foto: Gmap/Yoga Suganda

Ketika memasuki gerbang pintu masuk danau, warung-warung berbentuk saung akan menyambut pengunjung. Warung ini juga tepat menghadap ke arah danau. Jadi tambah nikmat ketika menyantap hidangan dengan pemandangan indah menghampar.

Berbagai olahan ikan tersedia di warung-warung ini. Umumnya, warung merupakan bangunan semi permanen terbuat dari bambu. Model bangunan seperti saung, sehingga wisatawan masih dapat melihat lingkungan sekitarnya. Dan biasanya, warna saung ini sesuai dengan warna warung, karena lokasinya tidak berdekatan dengan warung.

Kelapa muda menjadi minuman penyegar sekaligus teman santap kuliner di sini. Biasanya kelapa muda langsung dihidangkan lengkap dengan batoknya. Supaya lebih fresh dan tentunya lebih menyegarkan. Wisatawan juga dapat meminta tambahan gula atau sirup supaya lebih manis.

Baca Juga: THB Water Park Bekasi Tiket & Wahana

Berlayar Tenang di Danau

Perahu Wisata Situ Cibeureum
Perahu Wisata Situ Cibeureum. Foto: Gmap/Tauqoly Abadi Cikarang

Situ Cibeureum memiliki air yang tenang. Wisatawan dapat menjelajah area perairan dengan perahu. Ada perahu kayu sewaan untuk berkeliling danau. Wisatawan dapat menikmati semilir angin yang menghempas syahdu ketika berlayar.

Ada juga beberapa wisatawan yang membawa kano sendiri untuk berlayar di danau. Tentunya ini khusus bagi wisatawan yang sudah mahir dalam bermain kano. Karena danau ini cukup dalam dan berbahaya jika tenggelam.

Baca Juga: RAINBOW GARDEN Bekasi Tiket & Aktivitas

Keunikan Tempat Parkir

Objek wisata ini memiliki tempat parkir yang terbilang unik. Wisatawan dapat memarkirkan kendaraan di depan warung makan yang ada di kawasan wisata. Syaratnya adalah wisatawan harus membeli makanan di warung makan yang digunakan untuk parkir. Jika tidak, siap-siap saja pemilik warung akan marah pada wisatawan tersebut.

Lokasi Situ Cibeureum Bekasi

Objek wisata ini berlokasi di Lambangjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini