Beranda Tiket Wisata

TELAGA BIRU Cicerem: Tiket, Pesona & Wahana - Februari 2021

Telaga Biru Cicerem Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Kaduela, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia, 45559.

Jawa Barat memiliki wilayah dataran tinggi maupun dataran rendah. Hal ini membuat Jawa Barat memiliki berbagai keunikan wisata alam. Salah satu yang unik adalah adanya danau jernih yang begitu indah. Bahkan ada yang mengatakan bahwa danaunya sebening kaca, yaitu Telaga Biru Cicerem di Kuningan.

Nama Telaga Biru memang tidak asal, pemberian namanya didasarkan pada wujud asli danau tersebut. Dimana air danau nampak biru dan indah. Bahkan, wisatawan juga dapat melihat ikan serta batuan yang ada di dalamnya dengan jelas. Selain itu, ada juga wahana lain di sini yang membuat wisata semakin menarik.

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Cicerem Kuningan

Objek wisata ini menetapkan tarif yang sangat murah untuk tiket masuk. Ada juga tarif parkir berdasarkan kendaraan yang dikendarai wisatawan. Selain itu, beberapa spot foto juga dikenakan tarif, namun tentu masih terjangkau. Wisatawan dapat juga menggunakan jasa fotografer supaya hasil foto tertangkap dengan baik.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 5.000
Tarif Parkir
MotorRp 2.000
MobilRp 5.000
Jasa Foto dan Spot Foto
Jasa FotograferRp 10.000 / 3 foto pilihan
Spot Foto LoveRp 2.000
Spot Foto AyunanRp 10.000

Baca: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Kuningan

Jam Buka Telaga Biru Cicerem

Objek wisata ini buka dari pagi hingga sore hari. Di tengah masa pandemi covid-19 ini, jam buka dapat berubah. Dan yang pasti, wisatawan harus taat pada protokol kesehatan yang berlaku.

Jam Operasional
Setiap hari08.00-17.00 WIB

Menikmati Keindahan Telaga Biru Cicerem Kuningan

Spot Foto Love
Spot Foto Love. Foto: Gmap/Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru, sebuah danau yang luas dengan airnya yang nampak biru kehijauan. Bening sebening kaca, membuat siapapun akan terpana melihatnya. Wisatawan pun dapat melihat ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Begitu juga batuan yang ada di dasarnya, tampak begitu jelas dan nyata.

Di sekitar danau ini terdapat pepohonan yang begitu rimbun. Seolah menutupi kawasan danau dan melindunginya dari dunia luar. Tampak beberapa dahan pohon menyentuh permukaan air. Membuat pemandangan ini tampak semakin asri dan menyejukkan.

Baca: KEBUN RAYA KUNINGAN Tiket & Daya Tarik Wisata

Batu-batuan ditata rapi di tepian danau, supaya wisatawan dapat mengunjungi tepian danau. Namun, bentuk dan letak batuan tetap mempertahankan aspek alami sehingga tampak natural. Sehingga keasriannya tetap terjaga dan pemandangan yang tetap indah. Penempatan beberapa spot foto juga hanya di tepian, supaya tidak mengganggu indahnya pemandangan danau.

Berenang di Kesejukan Danau

kolam telaga biru cicerem yang sangat jernih
Kolam telaga biru yang sangat jernih Foto: Gmap/Hilman Hilman

Melihat danau yang biru dan bening ini tentu membuat siapapun tergoda menceburkan diri. Air danau pun begitu sejuk, sangat segar apalagi jika berenang di siang hari. Wisatawan diperbolehkan berenang di danau, asalkan hanya di tepian saja. Pengelola juga telah memasang jaring pembatas supaya wisatawan tidak terlalu ke tengah danau.

Karena, menuju ke tengah danau kedalamannya semakin bertambah. Bahkan dikatakan mencapai 18 meter dalamnya. Tentu akan sangat berbahaya bagi wisatawan jika berenang terlalu ke tengah. Meskipun air danau relatif tenang.

Baca: Curug Putri Palutungan Kuningan Tiket & Aktivitas Seru

Menjelajahi Danau dengan Perahu

Berkeliling Danau dengan Perahu
Berkeliling Danau dengan Perahu. Foto: Gmap/cecep supriyadi

Bagi wisatawan yang tidak ingin berenang tapi masih ingin menjelajahi danau, tenang saja. Wisatawan dapat mencoba menjelajahi danau dengan perahu. Ada perahu-perahu yang disewakan untuk wisatawan. Tentu dengan pengemudi yang sudah handal sehingga aman.

Wisatawan juga boleh membawa perahu karet sendiri atau floating mat. Dan tentunya ini akan lebih menarik lagi. Apalagi jika warna floating mat yang digunakan cerah. Akan tampak mencolok di tengah warna birunya danau dan hijaunya pepohonan.

Berfoto di Spot Instagramable

Ayunan di Telaga Biru
Ayunan di Telaga Biru. Foto: Gmap/Telaga Biru Cicerem Kuningan

Selain pemandangan indah di danau, wisatawan juga dapat berfoto di spot Instagramable. Pengelola telah menyediakan dua spot foto yang unik dan cantik. Yaitu spot foto berbentuk love atau hati. Dan yang paling diminati adalah spot foto ayunan.

Baca: WISATA CIBULAN Kuningan Tiket & Aktivitas

Di spot Love ini, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang hati. Dimana, bentuk hati ini terbuat dari kawat dengan hiasan bunga di tepiannya. Spot Love ini berada di anjungan yang terbuat dari kayu. Supaya wisatawan dapat berfoto di atas kayu ini dengan aman.

Satu lagi adalah spot ayunan yang menjadi favorit kebanyakan wisatawan. Di sini terdapat dua ayunan yang bisa menjadi spot foto. Pada bagian bawah ayunan, wisatawan dapat melihat ikan-ikan yang berkumpul di permukaan. Tersedia juga fotografer yang akan membantu mengambil gambar dengan tarif yang cukup murah.

Memberi Makan Ikan di Danau

Di dalam telaga, wisatawan dapat menyaksikan ikan-ikan yang berenang di permukaan. Pengelola sengaja memasukkan ikan-ikan ini untuk menambah daya tarik danau. Warna kuning keemasan, putih, dan merah, dari sisik ikan tampak dengan jelas. Begitu indah berpadu dengan air danau yang biru.

Selain itu, wisatawan juga dapat memberi makan ikan-ikan ini. Untuk pakan ikan sendiri bisa membeli di pengelola objek wisata. Begitu diberi makan, ikan-ikan ini akan berkumpul ke pusat makanan. Di saat berkumpul inilah, waktu yang tepat untuk mengambil gambar.

Baca: Mountain Recreation Park Kuningan Tiket & Wahana

Ada juga kolam tersendiri yang tidak menyatu dengan danau. Di kolam ini, wisatawan dapat merasakan serunya sensasi terapi ikan. Ikan-ikan kecil akan memakan sel-sel kulit mati di kaki yang berada di dalam kolam.

Lokasi Telaga Biru Cicerem Kuningan

Objek wisata ini berlokasi di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Berjarak kurang lebih 30 Kilometer dari pusat kota Kuningan. Membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam berkendara untuk sampai ke lokasi wisata telaga ini.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini