Wisata edukasi yang dipadukan dengan teknologi modern memang masih jarang ditemui. Jika di Yogyakarta ada objek wisata Taman Pintar yang memberikan edukasi berbasis teknologi, demikian pula di Jatim Park 3. Wahana wisata berbasis edukasi ini ada pada salah satu zona di Jatim Park 3 yang bernama Fun Tech Plaza.

Seperti namanya, zona ini khusus disajikan sebagai sarana wisata yang memberikan konsep belajar sambil bermain pada anak-anak. Fun Tech Plaza dibangun dengan konsep sistem teknologi kekinian yang canggih. Beberapa memadukan konsep manual dan juga teknologi seperti virtual reality (VR) dan motion sense (sensor gerak).

Harga Tiket Fun Tech Plaza

Untuk bisa bermain dan menikmati berbagai wahana seru di Funtech Plaza pengunjung akan dibebankan biaya tiket. Harga tiket Fun Tech Plaza bisa dikatakan relatif murah hanya Rp40.000. Baik untuk hari biasa mapun akhir pekan.

Harga Tiket Funtech Plaza
Hari BiasaRp30.000
Akhir PekanRp40.000

Harga tiket musim liburan dan lebaran periode tanggal 3 Juni – 11 Juli 2019 dan 16 Desember – 2 Januari 2020 berlaku harga tiket akhir pekan.

Baca: Dino Park Jatim Park 3 Tiket, Atraksi & Wahana

Jam Buka Fun Tech Plaza

Fun Tech Jatim Park 3 dibuka setiap hari mulai pukul 11.00 siang sampai malam hari.

Jam Buka
Setiap Hari11.00 – 22.00 WIB

Wahana Fun Tech Plaza

Berbagai wahana berbasis teknologi mulai dari Cyclo Movie, Paper Plane, The Boxer, Let’s Smash, Giant Piano, Magic Ball, Magic Cube, Just Dance, Zumba Dance, VR Fruit Ninja, Laser Action, Aqua Sketch, Bomb Hunter, Geosand Map, Augmented Dino, hingga Virtual 6. Di sini, wisatawan yang berkunjung juga akan ditemani oleh astronot pintar bernama Hito.

Fun Tech Plaza
Fun Tech Plaza menawarkan wisata yang sarat dengan teknologi tinggi.

1. Aqua Sketch

Wahana yang cukup unik di sini adalah Aqua Sketch. Zona ini cukup menjadi favorit bagi wisatawan khususnya anak-anak. Pada zona ini, anak-anak dapat menciptakan gambar ikan dengan warna yang disukai. Setelah selesai, gambar hasil karya tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mesin pemindai dan viola.

Wisatawan dapat menyaksikan ikan hasil ciptaannya yang dipadukan dengan teknologi canggih pada layar berukuran 6 x 3 meter. Ikan hasil kreativitas tersebut dapat terlihat seperti berenang-renang di dalam air.

Baca: JATIM PARK 1 Tiket & 10 Wahana Seru

2. Geosand Map

Wahana belajar lainnya adalah Geosand Map. Wahana Fun Tech Plaza Jatim Park 3 ini berbasis edukasi untuk mengajarkan anak-anak dalam mengetahui hujan, daratan, dan geografi. Melalui media kota pasir yang interaktir, yang dikonsep dengan simpel namun menarik.

Selain itu, wahana ini dilengkapi sensor pembaca dataran. Wisatawan yang biasanya anak-anak dapat memainkan pasir untuk membentuk suatu kontur tertentu.

Baca: Top 8 Wahana Jatim Park 3

3. Giant Piano

Piano Raksasa
Wahana yang cukup unik bermain di Piano Raksasa Fun Tech Plaza

Permainan unik lainnya adalah Giant Piano atau piano raksasa. Sesuai dengan tema yang disebutkan, pada wahana terdapat piano dengan ukuran panjang kurang lebih 3 meter. Cara memainkanya pun bukan dengan petikan tangan seperti piano pada umumnya, namun harus dengan kaki.

Wisatawan tidak bisa memainkan piano raksasa ini sendirian, melainkan harus dengan beberapa orang atau berkelompok. Keseruan dan kekompakan dapat dilihat saat wisatawan memainkan alunan musik yang padu dan indah.

4. Bomb Hunter

Bagi para pecinta permainan, ada wahana yang sangat cocok untuk mengadu strategi yaitu dalam wahana Bomb Hunter. Wahana ini merupakan permainan dengan model kompetisi. Wisatawan dapat bermain bersama keluarga atau sahabatnya untuk menghindari ledakan bom.

Permainan ini membutuhkan ketangkasan dan juga kejelian untuk mendapatkan menghindari bom. Pemenang adalah pemain yang berhasil mendapatkan skor paling tinggi di akhir permainan.

Baca: Promo Jatim Park Diskon Hingga 20%

5. Laser Action

Selain itu, ada pula wahana bernama Laser Action. Tak kalah seru dengan Bom Hunter, di sini wisatawan dapat beradu kejelian dan ketangkasan untuk menghindari laser. Permainan ini seperti penyelundup atau mata-mata yang biasanya ada dalam film.

Wisatawan akan menghindari laser yang merupakan jebakan buatan musuh ini. Pemain akan mendapatkan skor yang tinggi ketika berhasil sampai tanpa terkena laser.

6. Virtual 6

Bagi para pecinta film pun ada tempat khusus di Fun Tech ini, yaitu Virtual 6. Di sini wisatawan dapat menyaksikan berbagai keseruan petualangan yang tak pernah ditemui di bioskop. Wahana ini merupakan virtual reality.

Wisatawan akan diberi kaca mata khusus untuk dapat melihat berbagai hal menarik di sini seperti balapan, menyelamatkan kucing terjebak, sampai naik mobil tank sendiri. Wahana ini berkapasitas 6 orang, sehingga wisatawan dapat mengajak teman atau keluarganya untuk merasakan keseruannya.

Laser Fun Tech Plaza
Rasakan bermain laser dengan Jatim Park 3 Fun Tech Plaza

Baca: Jatim Park 3 Tiket Bermain di 10 Wahana Seru

7. Zumba Dance

Pada bagian lain terdapat juga wahana Zumba Dance. Wisatawan dapat menari zumba di wahana ini. Tentu saja dengan panduan instruktur melalui layar virtual. Pada akhir tarian, dapat dilihat skor yang didapatkan.

Semakin tarian yang dilakukan mirip atau sesuai dengan instruktur, maka skor semakin tinggi. Selain Zumba Dance ada pula Just Dance yang dikonsep sama yaitu dengan pemandu langsung melalui instruktur pada layar.

Alamat & Lokasi Fun Tech Plaza

Berlokasi dan terintegrasi dengan Jatim Park 3, Fun Tech Plaza berada di Jalan Raya Ir. Soekarno No.144, Beji Junrejo. Kota Batu, Jawa Timur 65236 Indonesia. No Telp. 0341-597777.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,30 / 20 pembaca