Museum Musik Dunia
Museum musik Dunia bisa menjadi pilihan wisata bagi pecinta musik

Jika Jatim Park 2 akan memanjakan wisatawan dengan berbagai kekayaan alam yang unik dan memesona, berbeda dengan yang disajikan di Jatim Park 3. Jatim Park 3 dikembangkan dengan konsep belajar dan bermain yang berbasis teknologi. Selain wisata ini kaya akan pengetahuan yang mutakhir, di sini banyak hal unik yang bisa ditemukan. Salah Satunya di Museum Musik Dunia Jatim Park 3.

Seperti namanya, zona ini merupakan area khusus di mana wisatawan bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru tentang musik. Berbagai peralatan musik baik berupa replika maupun asli dapat ditemukan di sini. Selain itu, ada juga peralatan musik musisi terkenal dari seluruh penjuru dunia. Zona ini terdiri dari 3 lantai dengan masing-masing karakter pada setiap level atau lantainya.

Harga Tiket Museum Musik Dunia

Wisatawan yang berkunjung ke Museum Musik Dunia Jatim Park 3 akan dikenakan biaya tiket. Harga Tiket Museum Musik Dunia dijual terpisah maupun bundling sebagai tiket terusan. Harga tiket yang ditawarkan mulai dari Rp50.000.

Harga Tiket Museum Musik Dunia
Reguler Setiap HariRp50.000
Paket Tiket Terusan 3 TempatRp200.000

Untuk tiket terusan Museum Musik Dunia Paket 3 tempat sudah termasuk Dino Park, The Legend Star dan Museum Musik.

Baca: Dino Park Jatim Park 3 Tiket & 10 Wahana Seru

Jam Buka Museum Musik Dunia

Museum musik Dunia dibuka setiap hari mulai pukul 11.00 siang dan dibuka sampai malam hari.

Museum Musik Dunia
Setiap Hari11.00 – 22.00 WIB

Bangunan Unik Bertiang Gitar

Ketika memasuki area setelah pintu masuk, wisatawan akan langsung dibuat kagum oleh keberadaan sebuah tiang. Tiang tersebut merupakan ornamen bangunan yang terbuat dari puluhan gitar dan simbal.

Wisatawan biasanya ramai untuk berfoto di area ini karena memang bentuknya terlihat menarik dan sangat artistik. Tentu selain memiliki nilai kreatifitas yang tinggi, ornamen tersebut seakan menyambut wisatawan dalam suasana musik yang kental.

Baca: Batu Secret Zoo Tiket & 10 Zona Atraksi Satwa Lucu

Galeri Alat Musik Tradisional

Koleksi alat musik indonesia
Koleksi alat musik dari berbagai belahan dunia salah satunya dari Indonsia

Pada lantai pertama atau level 1, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai macam alat musik tradisional. Alat musik ini yang menjadi ciri khas atau memiliki sejarah bagi suatu bangsa atau negara tertentu. Berbagai peralatan musik didatangkan dari lima benua yang memiliki kebudayaan khas seperti Eropa, Australia, Amerika, sampai dengan Asia.

Alat musik yang dipamerkan di lantai pertama terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari alat musik petik, pukul, tiup dan gesek yang jumlah totalnya ada sekitar 700 alat. Contoh alat musik yang dipamerkan di sana antara lain berbagai macam terompet tradisional Suku Aborigin, alat musik khas Hawai, alat musik khas India, dan tak kalah adalah alat musik khas Indonesia yakni satu set gamelan lengkap.

Mendengarkan Berbagai Alat Musik

Selain melihat berbagai alat musik yang dipamerkan, wisatawan dapat mendengarkan alat musik tersebut dimainkan. Tempat ini dilengkapi dengan sensor yang canggih. Ini yang membuat suara dapat langsung terdengar ketika ada seseorang berdiri di bawahnya.

Meski suasana sedang ramai, suara musik tidak akan bercampur. Hal ini karena pada setiap corner dikonsep dengan audio yang didesain khusus sehingga bunyi dari setiap alat musik tidak akan bercampur. Konsep audio visual yang sangat sempurna untuk orang yang benar-benar ingin belajar musik.

koleksi alat musik cina
Koleksi alat musik tradisional Cina juga bisa dilihat di Museum Musik Dunia Jatim Park 3

Baca: Batu Night Spectaculer Tiket & 10 Wahana Populer

Memorabilia dan Audio Sample

Kemudian di lantai dua atau level 2, berbagai genre musik siap untuk dipelajari. Di sini wisatawan akan disuguhi oleh berbagai memorabilia yang dilengkapi dengan audio sample dari masing-masing musisi. Banyak band jaman dahulu yang dibuat area khusus.

Mulai dari band luar negeri seperti Elvis Presley, Beatles, Micheal Jackson sampai band Indonesia seperti Koes Plus, Dara Puspita, Gesang, Ermi Kulit,. Bahkan di area kedua ini terdapat pula koleksi alat musik dari musisi pesohor seperti The Beatles, Maria Pratiwi, sampai Eros Candra. Selain melihat alat musik yang digunakan, wisatawan dapat mendengarkan lagu-lagu dari setiap band atau musisi yang hits di masanya.

Replika Patung Musisi Indonesia & Dunia

Hal menarik lain di lantai kedua adalah replika musisi. Area yang dibagi dalam tiap genre musiknya ini banyak digunakan untuk foto. Berbagai musisi yang menjadi ikon genre tertentu dibuatkan patung atau replika dengan lilin. Wisatawan yang datang dapat berfoto bersama The Beatles, Michael Jackson, Lady Gaga hingga Taylor Swift.

memorabilia koes plus
Memorabilia dari musisi terkenal juga menjadi salah satu koleksi di museum ini.

Baca: Jatim Park 1 & 2 Harga Tiket Semua Zona Wahana

Koleksi Alat Musik Klasik

Lanjut ke lantai ketiga atau level 3 sebagai lantai teratas. Wisatawan akan dibuat takjub dengan konser dan berbagai koleksi alat musik klasik dan music box dari puluhan tahun yang lalu. Mini hall untuk live music yang bisa ditempati kurang lebih 500 orang.

Di sini para pecinta musik klasik juga akan dimanjakan dengan music box tahun 1800-an yang masih bisa berfungsi dengan baik. Ada pula phonograph yang masih bisa mengeluarkan suara dengan jernih. Semua yang ada di lantai 3 merupakan benda bersejarah dalam musik yang sudah selayaknya disimpan.

Alamat & Lokasi Museum Musik Dunia

Museum Musik Dunia masih terintergrasi dengan Jatim Park 3 terletaj di Jl. Raya Ir. Soekarno No.144 Beji Junrejo kota Batu, Jawa Timur. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi no telepon 0341-597777.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,35/34 Pembaca
Loading...