GANARA ART SPACE Tiket Masuk, Kelas Seni dan Fasilitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Ganara Art Space: Rp25.000 - Rp250.000
  • Jam Buka: 10.00 - 21.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: -, -, Jakarta dan Makassar, -, Indonesia, -

Ganara Art Space adalah lembaga pendidikan seni dan budaya yang terbuka untuk umum. Ganara Art menawarkan ruang dan aktivitas yang berkaitan dengan seni untuk dinikmati oleh orang awam sekalipun. Pengunjung bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti melukis, membuat keramik, hingga menari tradisional di sini. Lokasinya tersebar di lima lokasi di Jakarta dan satu lokasi di Makassar. 

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Ganara Art cukup terjangkau yaitu Rp25.000 – Rp50.000 untuk masuk ke galerinya. Sedangkan biaya aktivitas seni mulai dari Rp50.000 hingga Rp250.000. Ada juga berbagai kegiatan pelatihan untuk korporasi, guru, atau sekolah yang dibanderol mulai dari Rp75.000 hingga Rp350.000. Untuk detail biaya kelas kesenian bisa dicek di situs resmi Ganara Art.

Baca: Art1 Museum Tiket & Koleksi Seni

Jam Buka

Ganara Art Space di wilayah Jakarta buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 9 malam. Sedangkan Ganara Art Space Makassar dapat dikunjungi mulai pukul 9 pagi hingga pukul 8 malam. Sementara itu, kelas seni memiliki jam operasional berbeda-beda sesuai jenis kelasnya. Waktu pelaksanaannya selalu di-update secara rutin melalui website resmi atau media sosial Ganara Art Space. 

Wisata Populer Jakarta

Aktivitas Seru di Ganara Art Space

Bosan dengan aktivitas akhir pekan yang itu-itu saja? Sedang mencari ide kegiatan baru untuk mengisi liburan? Jalan-jalan ke mall atau rekreasi ke taman bermain mungkin sudah terasa menjemukan. Oleh karena itu, mengikuti kelas seni di lembaga seni seperti Ganara Art Space mungkin akan memberikan pengalaman berbeda.

Ganara Art Space adalah studio seni besutan Titi Djumaryo, seorang pelukis sekaligus guru seni. Studio ini berdiri sejak tahun 2013. Nama ‘Ganara’ sendiri merupakan akronim dari ketiga anak-anak sang pendiri.

Saat ini Ganara Art Space tersebar di enam lokasi, dengan satu lokasi di Makassar dan sisanya di Jakarta. Keenamnya merupakan tempat yang permanen dan bukan studio pop up. Setiap lokasi memiliki sejumlah kegiatan yang berbeda. 

Ganara Art dibangun dengan ide awal untuk mengembangkan bakat seni anak-anak. Studio ini kemudian berkembang menjadi workshop berbagai kegiatan kesenian untuk umum.

Pengunjung dewasa maupun anak-anak bisa menemukan aktivitas seni yang disukainya. Setiap pengunjung bisa mengeksplorasi beragam aktivitas seni di sini. Beberapa di antaranya yaitu ada kelas melukis, membuat gerabah, dan membuat prakarya dari bahan kulit.

Baca: IMAGISPACE Tiket Masuk dan Ragam Seni Imajinatif

Mengikuti Kelas Seni

melukis di kain
Beragam kelas seni dan workshop dapat diikuti di sini – Foto: Gmaps/Ganara Art

Ganara Art Space secara rutin menggelar kelas atau workshop di semua lokasinya. Ada dua jenis kelas yang tersedia, yaitu All Day Art Activity dan kelas pop-up. Ada juga kegiatan seni khusus anak-anak dan dewasa. Berikut ini beberapa aktivitas seni yang bisa dicoba di Ganara Art Space.

Pottery Handbuilt

Kelas ini mengajak peserta membuat gerabah dari clay secara manual menggunakan tangan. Peserta akan mendapatkan bimbingan dari instruktur yang berpengalaman. Peserta bisa membawa pulang gerabah hasil karyanya. Setiap sesi sudah termasuk mewarnai dan membakar gerabah tujuh hari setelah pembuatan karya. 

Acrylic Painting

Kelas melukis akrilik dapat diikuti oleh usia 9 tahun ke atas. Instruktur akan mengajak peserta membuat sketsa menggunakan pensil dan mewarnainya. Peserta akan menggunakan kanvas berukuran 20 x 30 cm. 

Alat mewarnai yang digunakan adalah cat akrilik. Peserta juga dapat membawa pulang hasil lukisannya. 

Pottery Wheel

peserta mencoba pottery wheel
Peserta mencoba membuat gerabah menggunakan pottery wheel – Foto: Gmaps/Meg D

Workshop ini menawarkan pengalaman membuat gerabah menggunakan alat putar khusus. Pengunjung usia 13 tahun ke atas bisa mengikuti kelas ini. Selama kelas berlangsung, peserta akan mendapatkan arahan dari instruktur. Seperti kelas Pottery Handbuilt, sesi Pottery Wheel juga termasuk mewarnai dan membakar gerabah yang sudah jadi. 

Painting on Fabric/Pottery

objek lukis di Ganara Art Space
Pengunjung bisa melukis di berbagai media, termasuk topi berbahan kanvas – Foto: Gmaps/Aprilia Nursanti

Selain membuat lukisan atau gerabah, ada juga kelas khusus melukis di gerabah dan kain. Peserta dapat membuat karya visual di tas tangan, tas laptop, hingga topi dan kaus. Hasil lukisan dapat dibawa pulang sebagai suvenir. 

Workshop Seni Lainnya

Selain kegiatan di atas, pengunjung juga punya banyak pilihan lain untuk berkarya. Beberapa di antaranya yaitu menjahit produk berbahan kulit, mengukir gerabah, hingga screen painting. Ada juga kelas khusus untuk balita yang bertujuan melatih kemampuan sensoriknya. 

Baca: PASAR SENI Ancol Tiket Masuk dan 5 Atraksi

Mengunjungi Galeri Seni

instalasi seni di galeri seni Ganara Art Space
Pengunjung menikmati pameran karya seni yang diadakan di galeri seni Ganara Art – Foto: Gmaps/Aulya Avionhela

Studio seni tentu tidak lengkap jika tidak memiliki area khusus untuk memamerkan berbagai karya seni. Gallery ini juga menghadirkan galeri seni yang terbuka untuk umum. Pengunjung dapat menikmati jajaran karya seni yang beragam. 

Tidak hanya lukisan, di galeri ini juga terdapat aneka instalasi unik. Seluruh karya seni ini selain indah dipandang juga menarik sebagai spot berfoto. Banyak juga sudut-sudut instragramable yang bisa menjadi latar untuk membuat konten. Dengan tiket masuk mulai dari 25 ribu hingga 50 ribu, pengunjung sudah mendapatkan akses ke galeri seni dan minuman gratis. 

Ngopi Cantik di Ganara Gourmet

Bagi pengunjung yang datang ke Ganara Art Space Plaza Indonesia, mereka bisa menikmati sesi kuliner kecil-kecilan. Tersedia sudut untuk ngopi bernama Ganara Gourmet di sini. Kafe kecil ini menyediakan beragam menu minuman dan kudapan untuk melepas lapar maupun dahaga.

Pengunjung bisa menikmati aneka pastry seperti croissant atau danish. Ada juga beragam menu roti yang cukup mengenyangkan. Tidak ketinggalan minuman seperti berbagai jenis kopi dan teh dengan bermacam-macam cita rasa.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Ganara Art Space antara lain toilet, aula dengan panggung, sejumlah ruang kelas dengan beragam kapasitas, toko suvenir, serta kafe Ganara Gourmet. Aula dan ruang kelas juga bisa disewa untuk berbagai kegiatan.  

Lokasi Ganara Art Space

Saat ini Ganara Art Space memiliki lima lokasi di Jakarta dan satu lokasi di Makassar. Lokasi studio di Jakarta yaitu di Rumah Wijaya – Jakarta Selatan, Plaza Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, FX Sudirman lantai F8, dan Orang Groves PIK 2 – Tangerang. Sedangkan cabang Makassar berlokasi di Nipah Park, Panakkukang, Kota Makassar. Untuk lokasi lengkap dan jadwal kelas bisa mengecek di website resmi atau akun media sosial Ganara Art Space.

Ulasan Pembaca

4.7 - 15 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *