Koleksi Unik di Art1 Museum
Koleksi Unik di Art1 Museum. Foto: Gmap/Ali Akbar

Indonesia memiliki banyak objek wisata museum dan galeri seni. Bahkan, ada yang usianya sudah puluhan tahun, yaitu Art1 Museum. Museum yang juga dikenal sebagai Galeri Mon Decor.

Galeri Mon Decor sudah berdiri sejak tahun 1983. Selama lebih dari 30 tahun tersebut, Mon Decor telah membuka cabang galeri seni. Berbagai koleksi indah dari seluruh dunia dipamerkan di galeri ini.

Harga Tiket Masuk Art1 Museum

Untuk masuk ke Museum dikenakan biaya yang bisa dikatakan tidak murah. Sepadan dengan apa yang akan disaksikan pengunjung, karya seni yang luar biasa. Jika ingin datang dengan pemandu wisata, dapat melakukan reservasi melalui email info@mondecor.com.

Harga Tiket Masuk Art1 Museum
Pengunjung Mancanegara Rp 125.000
Pengunjung Domestik Rp 100.000
Mahasiswa / Siswa Rp 75.000 / Rp 50.000
Anak – anak di bawah 12 tahun GRATIS
Pemandu Wisata untuk Maksimal 8 Orang Rp 150.000

Baca: Museum MACAN Jakarta Tiket & Koleksi Seni

Jam Buka Art1 Museum

Museum buka setiap hari Selasa sampai Minggu. Buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 6 petang. Untuk hari Senin tutup, jadi ingat untuk tidak datang di hari Senin.

Jam Buka
Selasa – Minggu 10.00 – 18.00 WIB

Menikmati Karya Seni di Art1 Museum Galeri Mon Decor

Benda Koleksi Unik museum
Koleksi Unik di Art1 Museum. Foto: Gmap/Ali Akbar

Art1 Museum menampilkan koleksi original dari para seniman Indonesia. Ditambah lagi karya seniman modern maupun kontemporer. Selain itu, melayani juga restorasi seni, serta konservasi dan penilaian karya seni.

Sejak berdirinya hingga saat ini, Museum ini berhasil mengumpulkan banyak karya seni. Bahkan, galeri ini diakui sebagai The Best Gallery of the Year Award 2010. Prestasi lain dari Museum yaitu menjadi galeri favorit di Amica Indonesia Award.

Pada 2011, Art1 Museum menciptakan konsep galeri seni dan diperluas menjadi museum pribadi. Selain itu, dilakukan juga relokasi ke ruang pameran yang lebih besar di Kemayoran. Bangunan seluas 4.000 meter persegi ini menjadi pusat kesenian dengan layanan yang baik.

Baca: Museum Nasional Tiket & Aktivitas

Ruang Pameran Museum

Di museum ini terdapat ruang pameran yang menampilkan karya seniman. Ada banyak pameran yang pernah diselenggarakan di sini. Diantaranya Art Stage Jakarta 2017, AGSI POP UP FAIR 2017, dan banyak lagi.

Di ruang pameran, terdapat koleksi permanen yang dipajang. Kebanyakan koleksi berupa seni rupa lukisan. Lukisan tersebut berasal dari berbagai seniman di Indonesia.

Salah satu koleksi maket candi Borobudur
Salah Satu Koleksi Museum. Foto: Gmap/Art1 New Museum

Misalnya saja Jogja Contemporary Artist, yang menampilkan objek lukisan manusia. Beberapa seniman yang berpartisipasi dalam karya seni ini diantaranya Julnaidi, Nasirun, dan Astari. Lukisan objek manusia digambarkan begitu detail, bahkan hingga detail bagian tubuhnya.

Tempat selanjutnya yaitu area pameran sementara, yang menampilkan karya seni dalam waktu tertentu. Salah satu karya seni unik adalah karya hasil Osamu Watanabe. Seorang seniman Jepang yang membuat karya seni dengan tema Museum Cake.

Menyelenggarakan Acara di Art1 Museum

Ruang pameran museum
Ruang Pameran Museum. Foto: Gmap/Art1 New Museum

Di sini, selain pameran seni, juga sering diselenggarakan acara yang dibuka untuk umum. Acara yang diselenggarakan berhubungan dengan seni. Namun, semua dikemas dalam kegiatan yang menyenangkan.

Seperti Painting Class, Movie Screening, Holiday Music, dan kegiatan lainnya. Selain itu, ada juga workshop seru seperti identifikasi lukisan, pembersihan dan konservasi lukisan. Ada juga workshop teknik pewarnaan, bahkan workshop rencana pengelolaan bencana untuk penyelamatan koleksi.

Penyewaan Ruang Pameran

Pengunjung selain dapat menyaksikan karya seni disini juga dapat menyewa ruangan. Ruangannya sangat cocok apalagi untuk seniman baru yang ingin memperkenalkan karya. Bentuk ruangan dan tatanan lampu pun sangat tepat untuk memajang karya seni.

Ruang pameran seni di Art:1 Museum
Ruang Pameran Seni di Art:1 Museum. Foto: Gmap/Muhamad Firman

Selain disewa untuk acara pameran seni, pengunjung juga dapat menyewa untuk acara pribadi. Seperti untuk pesta ulang tahun, peragaan busana, hingga makan malam pribadi. Namun, kuota yang disediakan tidak terlalu banyak, maksimal 100 orang.

Untuk lokasi fotografi pun sangat mungkin dilakukan di Museum. Seperti foto untuk kegiatan komersial, buku tahunan, reuni sekolah, hingga training perusahaan.

Fasilitas Art1 Museum

Fasilitas yang menjadi unggulan Museum adalah adanya laboratorium konservasi. Di sini, perawatan lukisan dilakukan supaya lukisan tetap awet dan tidak rusak. Bahkan, dapat membuat lukisan yang rusak menjadi baik seperti semula.

Lokasi dan Kontak Art1 Museum

Museum seni ini beralamat di Jalan Rajawali Selatan Raya No.3, Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor telepon 021-647-00168 atau 021-647-00158. Email di info@mondecor.com dan website Mondecor atau sosial media Instagram Art1NewMuseum.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,76 / 41 pembaca